Helo Indonesia

Gedung Kemendagri Kembali Terbakar di Blok B, Lantai 6, Jakarta Pusat

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 29 April 2023 05:03
    Bagikan  
Mobil pemadam kebakaran saat memadamkan asal api (Foto Ist)
Mobil pemadam kebakaran saat memadamkan asal api (

Mobil pemadam kebakaran saat memadamkan asal api (Foto Ist) - (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Blok B, Lantai 6, Gedung Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) terbakar di Jalan Medan Merdeka Utara No 7, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2023), pukul 20.04 WIB.

SCC Damkar Jakarta Pusat mengerahkan 12 kendaraan pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Belum diketahui berapa luas area yang terbakar dan penyebab kebakaran.

Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Kusnanto mengatakan, laporan pertama diterima pihaknya sekitar pukul 20.04 WIB.

Mobil Damkar Jakarta Pusat tiba di lokasi kebakaran, pukul 20.12 WIB dan operasi mulai dilakukan pada pukul 20.15 WIB. "Ada 40 petugas pemadam kebakaran terlibat memadamkan api," kata Kusnanto.

Hingga berita ini ditayangkan, "Helo Indonesia Lampung" belum mendapatkan informasi resmi penyebab dari kebakaran ini.

Namun, Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benny Irwan menyebutkan asap yang muncul di lantai 6 Blok B berasal dari komputer korslet. "Ada komputer yang belum mati, komputer itu korslet. Tidak ada titik api. Jadi asap itu keluar dari komputer," katanya.

"Asap sudah tidak ada, petugas sedang merapikan supaya tidak ada potensi yang lain, mungkin sambil melakukan pembersihan," katanya. "Hanya komputer yang satu aja. Asap aja. Jadi tidak ada api," lanjut Benny.

Bukan hanya sekali, gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ternyata sempat terbakar pada tahun 2022.

Saat itu, kebakaran terjadi di salah satu gedung Kemendagri, Jakarta Pusat pada Kamis (15/12/2022). Berdasarkan petugas piket Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, saat itu kebakaran hanya berlangsung singkat sekitar 10 menit. 

Adapun kebakaran terjadi pada salah satu outdoor AC yang ada salah satu gedung Kemendagri. (HBM)