Helo Indonesia

Kecelakaan di Tol Ngawi-Solo, Gus Aab Patah Kaki dan Tangan, Begini Penyebab Kecelakaan Pengurus PBNU itu

Senin, 29 Januari 2024 16:53
    Bagikan  
MOBIL RINGSEK
dokumen polisi/ dok

MOBIL RINGSEK - Kondisi mobil Toyo Fortuner rusak berat akibat kecelakaan tunggal di ruas Jalan Tol Solo-Ngawi. Foto inset: Gus Aab, mengalami patah kaki dan tangan, Senin (29/1/2024)

HELOINDONESIA.COM - Kecalakaan pengurus PBNU di Tol Ngawi-Solo diketahui pengasuh Ponpes Darul Arifin Curah Kalong Bangsalsari Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin atau Gus Aab, Senin (29/1/2024).

Dalam kecelakaan diketahui 1 orang meninggal dunia atasnama Muhammad Baidowi (30) yang sehari-hari menjadi driver Gus Aab, namun pada saat kecelakaan digantikan Hisyam Abdullah (18), putra Gus Aab.

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono Senin (29/1/2024) pagi pukul 10:00 WIB membesuk korban yang sedang di rawat di RS Widodo Ngawi.

Baca juga: Berangkat Harlah NU ke Jogja, Mobil Fortuner Pengurus PBNU Kecelakaan di Tol Ngawi, Seorang Meninggal

Kecelakaan itu merupakan kecelakaan tunggal di ruas jalan Tol Ngawi-Solo KM 549B dengan mengendarai Fortuner warna putih P 1672 HO.

Kecelakaan terjadi diduga karena auaplaning merupakan kondisi di mana ban mobil kehilangan traksi atau penapakan pada permukaan jalan, biasanya terjadi ketika melintasi genangan air hujan.

Mobil kehilangan keseimbangan kemudian berbelok ke kiri menghantam pembatas jalan hingga berhenti setelah masuk parit di dekat ruas Jalan Tol.

Sementara menurut keterangan saksi Rosyid (24) yang saat itu berada di TKP, semula kendaraan Toyota Fortuner warna putih itu berjalan dari arah Surabaya (Timur) ke arah barat dalam situasi cuaca hujan.

Baca juga: Kecelakaan Rombongan Pelajar SMAN 1 Sidoarjo di Tol Ngawi-Solo Dikabarkan Meninggal Dua Orang

Tiba-tiba mobil yang melacu cepat itu kehilangan kendali, sepertinya pengemudi tidak mampu menguasai laju kendaraannya.

Kemudian mobil oleng ke arah kiri dan mengalami selip dan menabrak gadril pembatas jalan, hingga kemudian terpental masuk ke dalam parit di samping tol.

Sementara Kasi Humas Iptu Dian Ambarwati kepada wartawan di Ngawi mengatakan mungkin pengemudi tidak mampu menguasai laju kendaraan dan kurang berhati-hati hingga kendaraan mengalami kecelakaan di tol.

Baca juga: Inilah Daftar Korban Kecelakaan Bus Restu vs Truk Trailer Mengangkut Tiang Pancang di Tol Ngawi

"Dan seketika itu korban langsung di bawa ke rumah sakit terdekat untuk dimintakan VER oleh dokter," jelas Dian.

Sementara korban tewas atas nama Muhammad Baidowi (30) warga Dusun Krajan, Desa Curah Kaling, Kecamatan Bangsal Sari, kabupaten Jember, korban meninggal di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Baca juga: Akibat Hujan lebat dan Angin Kencang di Ngawi Pengendara Motor Tewas, Kerusakan Sebanyak ini Dialami

Dirujuk ke Dr Soetomo
Sementara Gubenur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memerintahkan jajarannya untuk merujuk Ketua Lembaga Dakwah PBNU ke RSU Dr Soetomo Surabaya.

"Doakan saja, Gus Aab saat ini sudah sadar. Saya sudah sampai RS Widodo bersama beliau, memang kaki dan tangan beliau patah," jelas Sekretaris Pengurus Cabang NU Jember, Abdul Hamid Pujiono seperti dilansir beritajatim.com, Senin (29/1/2024).

Baca juga: Inilah Daftar Korban Kecelakaan Bus Restu vs Truk Trailer Mengangkut Tiang Pancang di Tol Ngawi

Menurut Abdul Hamid yang bersangkutan sudah bisa diajak berkomunikasi, ada rencana dari Gubernur Jatim untuk dipindahkan ke RS Dr Soetomo Surabaya.

Menurut Pujiono, malam itu Gus Aab bersama putranya, Said Hisyam Abduillah (18), dan sopirnya Muhammad Baidowi (30) melakukan perjalanan ke Yogyakarta lewat Tol Surabaya-Solo.

Baca juga: BREAKING NEWS! Bus Eka Cepat Tabrakan Adu Banteng Dengan Bus Sugeng Rahayu, Tiga Orang Tewas di Jalur Ngawi-Madiun

Di Yogyakarta sedianya akan mengikuti Harlah ke-101 NU pada Senin (29/1/2024) siang harinya, dengan mengendarai mobil Toyota Fortuner bertiga.

Namun sesampai di tol Ngawi-Solo KM 549B masuk Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Senin (29/1/2024) pukul 00.30 WIB mobil mengalami kecelakaan. **