Helo Indonesia

Berangkat Harlah NU ke Jogja, Mobil Fortuner Pengurus PBNU Kecelakaan di Tol Ngawi, Seorang Meninggal

Senin, 29 Januari 2024 08:00
    Bagikan  
RINGSEK
dokumen polisi

RINGSEK - Kondisi mobil Fortuner ringsek setelah terguling di Jl Tol Ngawi - Solo, Senin (29/1/2024) dini hari

HELOINDONESIA.COM - Kecelakaan menimpa mobil Fortuner yang dikendaraan salah satu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Abdullah Syamsul Arifin, Jalan Tol Ngawi Solo KM 549B, Senin (29/01/2024) dini hari pukul 00.15 WIB.

Mobil terbalik di parit pinggi jalan tol Ngawi tepatnya di Desa Kedungharjo Kecamatan mantingan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, dan menewaskan salah satu penumpang Muhammad Baidowi (30).

Sementara jenazah korban kecelakaan setelah dilakukan evakuasi saat ini jenazah sudah dievakuasi ke RSUD dr Soeroto Ngawi.

Baca juga: Kecelakaan Rombongan Pelajar SMAN 1 Sidoarjo di Tol Ngawi-Solo Dikabarkan Meninggal Dua Orang

Menurut informasi Fortuner warna putih P 1672 HO itu terbalik setelah menghantam pembatas jalan dengan kecepatan tinggi.

Kecelakaan itu terjadi diduga mengalami aquaplaning dan kemudian menghantam pembatas jalan di sebelah kiri jalan.

Perlu dipahami, aquaplaning merupakan kondisi di mana ban mobil kehilangan traksi atau penapakan pada permukaan jalan, biasanya terjadi ketika melintasi genangan air hujan.

Baca juga: Inilah Daftar Korban Kecelakaan Bus Restu vs Truk Trailer Mengangkut Tiang Pancang di Tol Ngawi

Setelah menghantam pembatas jalan terbalik masuk ke dalam parit bali mobil berhenti di sana.

Akibat kecelakaan itu Muhammad Baidowi pun tewas di tempat kejadian, sementara Abdullah Syamsul Arifin dan Hisyam Abdullah mengalami luka-luka.

Diketahui mobil meluncur dari Jember dengan tujuan Yogyakarta untuk mengikuti Harlah ke-101 NU, namun mengalami kecelakaan di Tol Ngawi-Solo.

Baca juga: Akibat Hujan lebat dan Angin Kencang di Ngawi Pengendara Motor Tewas, Kerusakan Sebanyak ini Dialami

Mobil sebelumnya dikemudikan oleh Muhammad Baidowi kemudian dalam perjalanan digantikan oleh Hisyam Abdullah (18) putra Syamsul Arifin.

Mobil melaku dengan kencang saat situasi hujan di ruas jalan Tol Ngawi-Solo dari arah Surabaya menuju Yogyakarta siangnya akan mengikuti acara Harlah yang puncaknya dijadwalkan juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sekretaris PC NU Ngawi, Fahrudin mengatakan jika Abdullah Syamsul Arifin menjabat sebagai Ketua Bidang Lembaga Dakwah PBNU.

Baca juga: Mematikan Mesin Saat Jalan Turun Sangat Berbahaya, Faktanya Pelajar SMP Ngawi Tewas Tabrak Pohon di Sarangan

"Rencananya beliau akan hadiri langsung dalam acara Harlah ke-101 NU di Yogyakarta," kata Fahrudin kepada wartawan di Ngawi, Senin (29/1/2024).

Fahrudin mengatakan jika yang meninggal dunia dalam kecelakaan itu merupakan driver, namun saat kecelakaan driver sedang tidak menyetir, yang digantikan putra Abdullah Syamsul Arifin sejak dari Surabaya.

Baca juga: Lagi Kebakaran Hutan Gunung Lawu Bagian Utara, Masuk Wilayah Kabupaten Ngawi dan Karanganyar

Sementara para penumpang yang terdiri dari Syamsul Arifin dan Hisyam Abdullah hingga saat ini masih menjalani perawatan di RS Widodo Ngawi.

Keduanya sudah dalam kondisi sadar dan bisa diajak berkomunikasi, petugas kepolisian sudah melakukan olah TKP dan mobil Fortuner berwarna putih sudah dievakuasi ke Kantor Unit Gakkum Satlantas Polres Ngawi. **