Helo Indonesia

Hujan Angin Kencang di Ponorogo Robohkan Rumah Dan Warung di Prayungan Sawoo, Warga Harus Waspada Cuaca Ekstrem

Sabtu, 27 Januari 2024 21:18
    Bagikan  
HUJAN ANGIN
ponorogo-update

HUJAN ANGIN - Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah perbatasan Kecamatan Sawoo dan Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, menyebabkan sejumlah rumah atapnya semburat dan warung roboh, Jumat (16/1/2024).

HELOINDONESIA.COM - Hujan deras disertai angin kencang menurut warga seperti puting beliung melanda wilayah perbatasan Kecamatan Sawoo-Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jumat (27/1/2024) sore.

Hujan angin kencang itu salah satu menerjang Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo menyebabkan 3 rumah dan warung usaha milik warga berantakan.

Kerusakan rumah terjadi kebanyakan dibagian atap, bahkan ada yang rumahnya sampai roboh akibat kerasnya hempasan angin tersebut.

Baca juga: Pemkab Ponorogo Kekurangan 10 Ribu Pegawai, Tetapi Faktanya Warga Sulit Mencari Kerja

Tak hanya rumah dan tempat usaha penduduk yang rusak namun setidaknya terdapat 3 tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) roboh.

Bahkan di ruas jalan Raya Ponorogo-Trenggalek di wilayah itu sempat terjadi kemacetan cukup panjang lantaran sebuah pohon tumbang dan tiang PJU roboh mengarah ke jalan raya.

Seperti disiarkan oleh jurnalis radio GemaSurya FC, untuk mengurai lalu lintas petugas menerapkan sistem buka tutup selama proses evakuasi, baik pohon tumbang maupun tiang PJU yang roboh hingga malam hari.

Baca juga: Menunggu Hampir Setahun, Huntara Korban Tanah Retak Ponorogo Diresmikan Gubernur Menjelang Pemilu 2024

Menurut warga Prayungan, Suyadi mengatakan jika pada hari itu turun hujan Jumat sore (27/1/2024) hingga hampir malam.

Selain hujan sangat deras, juga disertai angin seperti puting beliung berlangsung cukup lama sekitar 10 menit.

Kencangnya angin mengakibatkan atap sejumlah rumah milik warga dan warung sekitar lokasi berterbangan hingga ada warung yang roboh.

Baca juga: Awas! Warga Perlu Waspada Tanah Longsor Mengancam Wilayah Banaran Pulung, Ponorogo

Sementara Hadi Susanto dari BPBD Ponorogo mengatakan membenarkan adanya peristiwa itu, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Bahkan pihak BPBD Ponorogo sudah melakukan pendataan diketahui terdapat 3 rumah dan 4 warung yang rusak.

Baca juga: Menko PMK, Muhadjir Effendy Serahkan Dokumen Reog Ponorogo untuk Disidangkan di UNESCO

Selain itu salah satu warung rusak berat karena roboh tertimpa pohon yang tumbang.

Hingga saat ini pihak BPBD Ponorogo masih terus melakukan pendataan jumlah kerusakan bangunan, petugas pun melakukan evakuasi tiang PJU agar jalan raya nasional Ponorogo Trenggalek tidak mengalami kemacetan. **