Helo Indonesia

Warga Madura Tewas Temukan Benda Mirip Mortir Ditengah Laut Hendak Diambil Kuningannya, Lalu Meledak

Jumat, 29 Desember 2023 17:11
    Bagikan  
LEDAKAN
dokumen polisi

LEDAKAN - Kondisi bengkel hancur setelah warga hendak membongkar benda mirip mortir hingga menimbulkan ledakan di Kamal, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023).

HELOINDONESIA.COM - Hati-hati jika Anda menemukan benda yang tidak dikenal, apalagi bentuk benda itu mirip alat persenjataan, bisa berbahaya seperti yang terjadi di Madura ini.

Warga di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jatim digemparkan adanya kebakaran bengkel yang disertai ledakan, Jumat (29/12/2023).

Terjadinya ledakan itu diduga berasal dari sebuah motir yang ada di bengkel itu hingga menyebabkan 6 orang menjadi korban.

Dari 6 korban itu dikabarkan seorang meninggal dunia dan 5 orang lainnya mengalami luka-luka parah.

Baca juga: Nekat Kendarai Motor dari Madura, Dua Bocil Diamankan Petugas Polsek Tengaran

Menurut informasi yang diperoleh sebanyak 6 korban ledakan sudah dilarikan ke Puskesmas dan rumah sakit terdekat.

"Dari 6 korban, terdapat 1 korban meninggal dunia yakni pria berinisial G (55), korban yang meninggal seorang pria dievakuasi ke Puskesmas Kamal," ujar Kadis Kominfo Bangkalan, Agus Sugianto Zein kepada wartan, Jumat (29/12/2023).

Sedangkan untuk korban luka-luka adalah pria berinisial S (46) dan seorang wanita R (17) warga sekitar lokasi ledakan, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu (RSUD) Syamrabu Bangkalan.

Baca juga: Boss Madura United Jadi Tersangka Kasus Suap BTS Kominfo 40 Miliar, Apa Kabar Madura United

Sedangkan dua korban lain yakni I (35) dan SH (46) merupakan warga sekitar menderita luka ringan, satu korban lain adalah istri anggota Polairud mengalami sesak dan luka-luka.

Terkait ledakan itu, Rizky Samudera Nusa mengatakan peristiwanya terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, ia mendengar suara ledakan keras di area Jlan Kamal, Bangkalan.

Ledakan itu menurut Rizky terjadi sebanyak tiga kali ledakan kedua dan pertama terdengar cukup keras selang dua sampai tiga menit.

Baca juga: Gowes Surabaya-Jakarta, Eks Wartawan Jawa Pos Curhat ke Ketua Dewan Pers dan PWI Soal Dana Pensiun

"Ledakannya itu yang pertama dan kedua cukup keras, itu hanya berselang sekitar dua sampai tiga menit. Kemudian setelah itu ada lagi ledakan ketiga," katanya kepada suarasurabaya.net

Rizky mengatakan bahwa ledakan itu berasal dari sebuah bengkel yang memiliki tempat penyimpanan besi tua.

Imbas dari kejadian tersebut, saat ini Jalan Kamal, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura sedang ditutup total.

Baca juga: Update Laka Maut Jombang : Lima Jenazah di Pulangkan ke Sidoarjo dan 1 Jenazah ke Nganjuk, Dua Korban Masih di Rumah Sakit

Tim kepolisian hingga saat ini juga masih menelusuri untuk mendapatkan penyebab kebakaran.

Menurut informasi yang dihimpun menyebutkan sebelum terjadi ledakan dahsyat ada seseorang menemukan benda mirip mortir di tengah laut selat Madura.

Saat benda hendak dibongkar dengan gergaji tiba-tiba benda itu meledak, benda ini yang diduga terjadinya ledakan yakni benda yang hendak diambil besi kuningannya.

Baca juga: KA Gajayana Tabrak Truk Gandeng, Bak Ambrol Ampas Tebu Berserakan di Jalanan Baron, Nganjuk

"Warga menemukan mortir di tengah laut, terus oleh warga diambil dan mau dibongkar dengan gergaji untuk diambil lapisan mortir yang warna kuning. Saat mortir digergaji terjadilah ledakan," kata warga dalam pesan yang dikirim melalui voice WhatsApp, Jumat, 29 Desember 2023.

Akibat ledakan itu membguat warga disekitar berhamburan keluar rumah karena panik, hingga ledakan itu memicu kebakaran dan merusak sejumlah rumah di sekitar.

Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya menjelaskan Polda Jatim menerjunkan Gegana ke lokasi di Desa Banyuayu, Kamal, Bangkalan. **