Helo Indonesia

Lomba Kenal Wayang, Upaya Disdikbud Kendal Kenalkan Wayang pada Anak Sejak Dini

Selasa, 7 November 2023 19:00
    Bagikan  
Lomba Kenal Wayang, Upaya Disdikbud Kendal Kenalkan Wayang pada Anak Sejak Dini

Pembukaan lomba mengenal wayang jenjang SD yang digelar di Pendapa Tumenggung Bahurekso Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sebagai upaya nguri-uri budaya dan meperkenalkan wayang sejak dini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal menggelar Lomba Kenal Wayang Jenjang SD Tingkat Kabupaten Kendal di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Selasa 7 November 2023.

Lomba Kenal Wayang dikemas dalam cerdas cermat, dan diikuti 20 kelompok dari 20 kecamatan, dimana masing-masing kelompok terdiri dari tiga anak. Sementara juri dan para penanya adalah para dalang di Kabupaten Kendal.

Baca juga: Drama Korea Twinkling Watermelon Episode 14 Sub Indo

Kepala Disdikbud Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, kegiatan Lomba Kenal Wayang jenjang SD dikemas dalam bentuk cerdas cermat. Dimana beberapa ertanyaan seputar wayang, biografi, tokoh-tokoh wayang, kisah cerita wayang, karakter wayang dan lainnya.

"Saat ini generasi muda sudah banyak yang tidak mengenal sejarah dan budaya kita, termasuk wayang. Jadi kita ingin mengenalkan wayang kepada mereka melalui kegiatan ini. Karena wayang sarat tontonan dan tuntunan," kata Ferinando Rad Bonay.

Staf Ahli Bupati, Suharjo saat membacakan sambutan Bupati Kendal menyambut baik dan positif kegiatan lomba kenal wayang untuk siswa SD ini. Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa mencintai wayang bagi anak-anak dengan harapan nantinya mereka ikut melestarikan kesenian wayang.

"Sebagai wujud pembelajaran karakter sekaligus untuk nguri-uri kebudayaan Jawa, terutama wayang yang telah ditetqpkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO," ujarnya.

Mengenal Wayang


Dia berharap, melalui kegiatan ini anak-anak lebih mengenal wayang. Sehingga lebih mencintai budaya negeri sendiri dan menjaganya agar tidak punah.

"Melalui lomba ini anak-anak bisa mengenal watak dan karakter tokoh wayang dan mengambil pelajaran yang baik dari cerita pewayangan. Serta dapat mengalihkan dari pengaruh budaya asing yang sedikit demi sedikit terus menggerus nilai-nilai luhar bangsa Indonesia," tandas Suharjo.

Baca juga: Piaggio Indonesia Rilis Vespa 946 10° Anniversario, Motor Edisi Terbatas Harganya Bikin Kantong Panas

Salah seorang peserta, siswa kelas VI SD Winong, Kecamatan Ngampel Kendal, Aqila Khoirina Asyifa mengaku, telah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba kenal wayang tersebut. Sebelumnya Aqila pernah mengikuti lomba lenal wayang tingkat Kecamatan Ngampel dan berhasil meraih juara satu.

"Sudah belajar dulu tentang pewayangan seperti siapa itu Gatotkaca, siapa itu Werkudara, Janaka, Yudistira dan siapa saja tokoh Pandawa lainnya," jawabnya. (Anik)