Helo Indonesia

Meminta Hujan, Ratusan Jemaah Laksanakan Salat Istisqa di MAJT

Sabtu, 21 Oktober 2023 05:32
    Bagikan  
Meminta Hujan, Ratusan Jemaah Laksanakan Salat Istisqa di MAJT

Ratusan jemaah saat menjalankan salat Istisqa di MAJT

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Ratusan jemaah memadati Plaza Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang, menjalankan ibadah salat Istisqa usai salat Jumat 20 Oktober 2023. Ikhtiar dan doa meminta hujan tersebut dilakukan, mengingat sebagian wilayah di Jateng dilanda kekeringan.

]Bertindak sebagai imam shalat, KH Ulil Albab Al Hafidz, Khatib KH Hanif Ismail Lc dan istigasah sebelum salat istisqa dipimpin oleh KH Hadlor Ikhsan.

Baca juga: Denny Indrayana Sebut Deklarasi Gibran Sebagai Cawapres Prabowo Akan Digelar Minggu Pagi

Sekretaris Pelaksana Pengelola MAJT, Drs KH Muhyiddin MAg berharap pelaksanaan shalat istisqa ini tetap dilaksanakan walau beberapa waktu lalu sebagian wilayah di Jateng sudah turun hujan, tetapi banyak daerah lain yang belum turun hujan.
Bahkan sampai dilanda kekeringan pada sumber air mereka. Pelaksanaan salat ini juga sebagai wujud kepedulian dari MAJT terkait masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dalam khutbahnya KH Hanief Ismail Lc yang merupakan Rais Syuriah NU Kota Semarang berwasiat agar selalu berintrospeksi dan mawas diri serta nelakukan renungan atas berbagai perubahan cuaca yang terjadi saat ini.

KH Hanif juga mengingatkan akan banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada umat manusia, tetapi sebagai umatnya sering kali melakukan kezaliman. Baik kepada diri sendiri maupun lingkungan sekitar yang menyebabkan nikmat tersebut terasa seperti bencana dan menimbulkan kesengsaraan bagi umat manusia.

Baca juga: Pendowo Tempatkan Empat Finalis di Bulutangkis Setyo Budi Open Piala Rektor USM-PWI Jateng 2023

Jemaah juga diingatkan agar memperbanyak istigfar untuk memohon kepada Allah SWT; memperbanyak sedekah dan menyayangi semua mahluk Allah agar kemarau segera diakhiri oleh Allah SWT.

Antusias

Rangkaian kegiatan shalat Istisqa ditutup dengan saling musafaqah (bersalaman dan bermaafan) dan bagi para jamaah salat dibagikan sedekah jumat atau makan siang yang dibagikan kepada seluruh jamaah, baik yang mengikuti kegiatan shalat Istisqa maupun yang kebetulan sedang berada di MAJT.

Ketua Panitia HSN MAJT, Drs H Istajib AS menyatakan berterima kasih kepada para jemaah yang telah berkenan melaksanakan ikhtiar dengan salat Istisqa meminta hujan segera turun di wilayah Semarang dan Jateng pada umumnya.

Baca juga: BRIN dan Efeo Lakukan Ekskavasi Kali Ketiga Situs Candi Bototumpang

''Respons jamaah sangat antusias untuk mengikuti shalat istisqa yang dilaksanakan setelah shalat Jumat,'' ujar Istajib.
Rangkaian kegiatan peringatan HSN ini akan diakhiri dengan upacara bendera yang akan dilaksanakan Ahad, 22 Oktober 2023 di lapangan upacara Prasasti Peresmian MAJT.

Upacara tersebut akan dihadiri kurang lebih 500 peserta yang berasal dari berbagai unsur di MAJT seperti Remaja Masjid Agung Jawa Tengah (RISMA JT), Santri Pesantren Tahfid MAJT – Baznas Jawa Tengah, Pengajian Ibu- ibu MAJT (PIMAJT), pegawai dan pedagang di lingkungan MAJT, serta ratusan santri dari Pesantren Miftahul Huda – Wonosobo. (Aji)