Helo Indonesia

Berikut 10 Merek Motor Listrik jadi Unggulan, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

M. Haikal - Teknologi -> Otomotif
Senin, 10 Juli 2023 20:06
    Bagikan  
motor listrik,

motor listrik, - Salah satu motor listrik yang sudah dipasarkan di tanah air.

HELOINDONESIA.COM - Motor listrik sedang menjadi incaran masyarakat. Selain tak perlu pusing dengan bahan bakar, motor listrik ini bisa didapatkan dengan harga lebih murah karena disubsidi pemerintah.

Selain itu, banyak produsen motor listrik yang sudah membanjiri tanah air dan membuka outlet-outletnya. Dengan berbagai tawaran menarik, tentu saja mereka berlomba untuk menarik konsumen agar membeli produk mereka.

Berbagai macam merek motor listrik kini semakin beragam dan bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan atau selera mereka masing - masing.

Berikut rekomendasi sepeda motor listrik yang sudah beredar di Indonesia di tahun 2023 dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Hape Nge-lag Saat Main Game

1. NIU

Motor listrik NIU bisa menjadi pilihan motor listrik buat Anda. Motor listrik asal China ini bisa dipertimbangkan karena memiliki model minimalis tetapi terkesan moderen.

Sepeda motor listrik keluaran dari brand ini sudah dijual di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Sepeda motor listrik Niu sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi yang modern dan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.

Selain itu, sepeda motor ini juga dapat menempuh jarak yang cukup jauh sesuai dengan kapasitas baterai yang digunakan. Motor listrik Niu memiliki dimensi sekitar 1890x1223x749 mm dan memiliki berat sekitar 270kg. Molis ini juga sudah dilengkapi dengan baterai Lithium, serta untuk beberapa model sudah dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dan dual shock absorber pada bagian belakang.

NIu menghadirkan motor listrik dengan beberapa variasi model dan tipe mulai dari yang skuter hingga yang sporty. NIU memiliki sistem keamanan dengan teknologi EBS (Electronic Breaking System). Motor listrik ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 32 KM/jam. Di Indonesia, sepeda motor listrik dengan tipe NIU UQim ini dijual dengan harga Rp 18.000.000.

Baca juga: Viral Istri Brimob Lapor Suami Tak Terima Ditegur Nyerobot Antrian SPBU, Netizen Salfok Sama Fortunernya: Makmur juga Tuh Brigadir

2. Gesits

Sepeda Motor listrik Gesits cukup menyita perhatian karena merupakan motor listrik yang diproduksi di dalam negeri. Perlu diketahui, Gesits merupakan motor listrik buatan anak bangsa, tepatnya hasil kerja sama antara ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) dan Garansindo Group.

Motor ini sudah melewati proses pengembangan sejak 2015 lalu dan diproduksi sejak 2018 di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Kemudian diluncurkan pada tahun 2019.

Nama Gesits sendiri adalah singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Dengan diluncurkannya Gesits, diharapkan Indonesia bisa secara mandiri dalam memproduksi kendaraan listrik hingga masa mendatang.

Soal mesin Gesits, dibekali dengan baterai Li-NCM 72 Volt 20 Ampere Hour (AH) yang dipasang di atas rangka motor listrik tersebut.Bekerja di tegangan 96 volt DC, motor ini dapat dibawa berkendara dengan daya hingga 5 kW (6,7 hp) pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi maksimum sebesar 30 Nm di putaran mesin 3.600 rpm.

Dengan memiliki kemampuan daya baterai ini, Gesits dapat dikendarai hingga mencapai jarak tempuh 50 km. Tak ketinggalan, motor tersebut turut dilengkapi sistem pengereman double disc brake pada bagian depan serta belakang.

Baca juga: Dituding Terlibat Kasus Korupsi BTS 4G Kominfo, Politisi Partai Demokrat Lapor ke Bareskrim Polri

Gesits ditawarkan dalam tiga varian warna, yaitu hitam, putih, dan merah. Ketiga varian motor ini kini sama-sama ditawarkan seharga Rp 27,97 juta dilansir dari official store Gesits di e-commerce On The Road (OTR) DKI Jakarta.

3. Honda U-Go

Honda U-Go sudah dilengkapi dengan berbagai fitur modern. Di antaranya adalah lampu LED, USB pengisian daya ponsel, panel instrumen digital, sistem navigasi, serta sistem keyless.

Untuk ban belakangnya berukuran 70/90-10, dibekali rem tromol, sedangkan ban depan berukuran 70/90-12 dan dibekali rem cakram. Motor listrik Honda ini menggunakan mesin yang cukup kuat dengan 2.000 Watt untuk kecepatan tertinggi 55 km/jam.

Honda membuat skuter ini dengan baterai lithium yang memiliki kualitas tinggi dengan jenis baterai pada Tesla model S. Untuk kapasitas baterai Honda U-Go ini, dapat membawa para penggunanya berjalan dalam jarak 60 km/jam di medan yang biasa. Honda V-Go ini dibanderol sebesar sekitar Rp 17,5 jutaan.

Baca juga: Perluas Jariangan Outlet Penukaran Baterai Motor Listrik Khusus Ojol Jabodetabek, Gojek Gandeng Planet Ban

4. Uwinfly

Motor listrik selanjutnya adalah Uwinfly, merek asal China ini menawarkan desainnya yaitu seperti motor Vespa. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai tiruan dari motor Vespa.

Banyak dari kalangan remaja yang menyukai motor listrik ini karena desainyya. Uwinfly ditenagai 800W dan baterai 60V/20AH yang dapat dipacu sampai kecepatan 60 km/jam. motor listrik ini menawarkan harga yang terjangkau dengan kualitas yang bagus. Di Indonesia motor listrik ini dijual dengan harga sekitar dari Rp 10 jutaan.

5. Yamaha E01

Secara dimensi, skuter listrik E01 ini panjangnya mirip-mirip dengan Nmax, di mana E01 punya panjang 1.930 mm sedangkan Nmax 1.935 mm. Dari gaya riding position (posisi berkendara) kedua skutik ini pun sangat mirip.amaha Motor menyebut skuter listrik E01 diklasifikasikan dan diregistrasikan sebagai kendaraan kelas yang setara motor kapasitas 125 cc.

Baca juga: Jadi Andalan Buat Diet, ini 9 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Skuter listrik E01 diklaim bisa mencapai kecepatan maksimal 100 km/jam dan rata-rata daya tempuh maksimal 100 km. Yamaha E01 dibekali kapasitas baterai lithium-ion 4,9 kWh atau setara dengan tenaga maksimal 8,1 kW pada 5.000 rpm dan torsi 30,2 Nm di 1.950 rpm.

Daya tempuh maksimal motor listrik ini diklaim bisa tembus 130 km. Menariknya, Yamaha E01 juga dibekali dengan tiga mode berkendara, yakni Power, Standard, dan Eco. Untuk mode Power, tenaganya 8,1 kW pada 5.000 rpm dan torsinya 30,2 Nm di 1.950 rpm, dengan maksimum speed 100 km/jam. Yamaha E01 dibanderol dengan harga sekitar Rp214,7 juta.

6. Oyika

Motor listrik Oyika hadir dalam dua model, yaitu Rakata S9 dan Niu Gova 3. Keduanya menggunakan baterai portabel Oyika yang dapat ditukar di stasiun pengisian daya yang tersebar di berbagai lokasi.Baterai Oyika memiliki kapasitas 1.000 Wh dan dapat menempuh jarak hingga 70 km dengan sekali pengisian.

Baterai ini juga dilengkapi dengan fitur smart lock yang mencegah pencurian dan fitur GPS tracking yang memudahkan pencarian lokasi baterai.

Untuk motor Rakata S9, motor listrik ini hadir dengan desain yang ramping dan unik, serta futuristik. Motor ini juga dilengkapi dengan motor penggerak dengan kekuatan 800 W, dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum sebesar 50 km/jam, serta mampu menanjak pada kemiringan bidang 30 derajat.

Baca juga: Milenial Bersih Sampah Sukaraja, Tamparan bagi Pemerintah dan Generasi Tuwir

Sementara untuk Niu Gova 3 dibekali dengan baterai yang memungkinkannya untuk melaju dengan kecepatan maksimum 60 km/jam dan dapat menempuh jarak sejauh 65-75 km. Motor ini juga dilengkapi dengan sistem cakram baik di roda depan maupun belakang untuk pengereman. untuk harganya motor listrik Oyika dijual dengan sekitar harga Rp 10 juta.

7. Alva One

Alva One dirancang dengan fungsi lebih dari sekedar kendaraan, dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport.

Setiap modenya dapat memberikan performa yang efektif sesuai dengan tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam.

Alva One memiliki torsi 46,5 Nm dan kecepatan yang tinggi, motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sesuai dengan kebutuhan pengendara, dan mampu menempuh jarak tempuh sejauh 70 km. Saat ini Alva One dijual dengan harga sekitar Rp 35 jutaan.

Baca juga: Penuhi Panggilan DPP PDIP Soal Beri Sinyal Dukung Prabowo, Ini Kata Effendi Simbolon

8. ECGO 2

Motor listrik ECGO 2 sudah menggunakan teknologi terbaru dan modern dari generasi sebelumnya, ECGO 1. Motor listrik ini menawarkan konsep sewa baterai kepada para pembeli, dengan harga Rp95 ribu per 30 hari.Soal kecepatan, motor ini diklaim mampu melaju maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh 70 km.

Sementara itu, daya baterai ECGO 2 ini mampu bertahan 3 sampai 4 jam pemakaian. Berdasarkan laman oto.com, harga motor listrik ECGO 2 dibanderol mulai dari Rp 8 - 11 jutaan. Motor ini tersedia dalam lima warna yakni Titanium Grey, Snow White, Orange, Ocean Blue Metallic, dan Green.

9. Viar Q1

Viar Q1 dibekali dinamo 800 Watt yang dapat melaju dengan kecepatan 60 Km per jam dengan daya angkut maksimal 120 Kg. Motor listrik ini dilengkapi baterai bebas perawatan lithium-ion 60 volt dengan kapasitas 23 Ah sehingga mampu menempuh jarak sampai 60 Km. Bisa juga baterai tersebut ditambah satu lagi, agar Viar New Q1 mampu menempuh jarak semakin jauh.

Baca juga: New York Diterjang Banjir Bandang, Satu Tewas dan Sejumlah Orang Hilang

Sementara itu, pengisiannya membutuhkan waktu 4-5 jam per baterai. Motor listrik ini dilengkapi dengan speedometer layar LCD negative dengan design modern. Selain itu juga untuk keamanan, dilengkapi dengan remot anti maling. Motor listrik ini dibanderol mulai Rp 18 jutaan.

10. Selis Go Plus

Selis Go Plus dibekali dengan baterai Lithium Ion 60 Volts dengan 27 Ah swapable battery. Pengisian penuh baterai membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Dalam kondisi baterai penuh, Selis Go Plus dapat menempuh jarak 70 km dengan kecepatan maksimal 89 km/jam.

Selis Go Plus menggunakan pelek ring 12 dengan ban tubeless berukuran 110/70-12 untuk depan dan belakang Motor yang anggup mengangut berat maksimal 200 kg ini memiliki rpm forward 917,7 rpm dengan energy consumption sebesar 23,3 Wh/km.

Baca juga: Modus Jual Tiket Konser NCT Dream Ternyata Bohong, 19 Korban Rugi Puluhan Juta, Cewek Pelaku Penipuan Ditangkap Polsek Pagedangan

Lampunya sudah LED. LED Display, ditambah fitur Parking Switch dan Keyless Operating. Selis Go Plus hadir dalam dua tipe. Selis tipe Go Plus Single Lithium dijual Rp 26.999.000 dan Dual Lithium dibanderol Rp 34.999.000.

Jumadi Sallam