Usai Lolos dari Lubang Jarum, Electric PLN Juarai Final Four Seri Kedua Proliga

Minggu, 14 Juli 2024 05:48
Para pemain putri Jakarta Electric PLN berpose usai menjuarai putaran kedua babak final four di Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim putri Jakarta Electric PLN menyapu bersih kemenangan tiga laga sekaligus menjadi juara di putaran final four seri kedua Kompetisi Bola Voli PLN Mobile Proliga 2024, usai menumbangkan finalis tahun lalu, Jakarta Pertama Enduro dengan skor 3-0 (25-14, 29-27, 25-21) di GOR Jatidiri Semarang, Sabtu malam 13 Juli 2024.

Selain itu, Yolla Yuliana dkk yang menjuarai seri kedua dengan meraih hadiah uang pembinaan sebesar Rp 60 juta. Sehari sebelumnya Electric PLN sudah memastikan lolos ke grand final usai mengalahkan juara final four seri pertama di Surabaya, Jakarta BIN.

Baca juga: Tak Lagi Urakan, Anak Scooter Bajaj Melestarikan Kebudayaan

Kedua tim juara final four tersebut akan bertemu di grand final Proliga di Jakarta, 20 Juli mendatang.

Selengkapnya, tim milik BUMN ini pada enam perjalanannya di babak empat besar ini hanya kalah sekali mengalami kekalahan yakni dari Jakarta BIN, pada final four seri pertama di Surabaya, pekan lalu.

Manajer Tim Electric PLN Roy Letlora mengakui, solidnya team work menjadi kunci pencapaian timnya di final four. Padahal, di babak reguler Electric PLN tampil kedodoran dan nyaris terdepak dari empat besar.

''Sesungguhnya sukses kami di final four seri kedua, karena anak-anak lolos dari lubang jarum di babak reguler untuk sampai ke final four. Ini yang terus membakar semangat mereka hinga berlipat-lipat. Ditambah lagi, sebelumnya mereka berhasil menumbangkan tim kuat Jakarta BIN,'' katanya.

Pelatih kepala Electric PLN, Chamnan Dokmai sangat puas atas kemenangan yang kembali diraih oleh anak asuhnya.

"Kami sudah dapat tiket grand final, jadi hari ini pemain bisa bermain tanpa beban dan ini justru membuat permainan semakin solid dan variatif," ucap Chamnan usai laga.

Chamnan menambahkan dirinya kini fokus untuk menyiapkan strategi dan mental untuk menghadapi laga grand final melawan Jakarta BIN di Indonesia Arena, Jakarta, pada Sabtu (20/7/2024) mendatang.


Dominasi


Memulai set pertama, block yang dilakukan pemain Electric PLN sangat rapat membuat pemain Pertamina Enduro kesulitan mengembangkan permainan. Memasuki technical time out pertama, Jakarta Electric PLN unggul dengan skor 8-3.

Baca juga: Banua Triathlon 2024 Promosikan Pariwisata Kalimantan Selatan

Dominasi terus ditunjukkan pemain Electric PLN, yang membuatnya terus memimpin dengan skor 16-9 dan mengakhiri set pertama dengan skor 25-14.

Pada set kedua, Jakarta Electric PLN masih terus tampil solid. Serangan trio Marina Markova, Katerina Zhidkova dan Nurlaili membuat Electric PLN unggul 10-7. Pada akhir set, Jakarta Electric PLN kehilangan fokus dan membuat Jakarta Pertamina Enduro mampu menyamakan kedudukan menjadi 24-24. Namun, Jakarta Electric PLN mampu kembali menyerang dan smash keras Marina Markova menutup set dengan skor 29-27.

Memulai set ketiga, Electric PLN mampu terus mendominasi pertandingan dan unggul dengan skor 8-5. Memasuki technical time out kedua, Jakarta Electric PLN terus mampu menjaga jarak dengan skor 16-14. Smash keras Marina Markova menutup set ketiga dengan skor 25-21.

Sementara itu, pelatih Pertamina Enduro, Eko Waluyo, mengatakan tidak bisanya dua pemainnya, Ivanna Vanjak dan Dita Azizah, diturunkan karena cedera, membuat kekuatan timnya menjadi lemah.

"Yah apa mau dikata. Itu materi kami yang ada. Kita persiapkan untuk perebutan peringkat 3-4 saja," tandas Eko. (Aji)

Berita Terkini