Helo Indonesia

Banua Triathlon 2024 Promosikan Pariwisata Kalimantan Selatan

Anang Fadhilah - Olahraga
Sabtu, 13 Juli 2024 19:37
    Bagikan  
Banua Triathlon
WIsata Olahraga

Banua Triathlon - Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Adi Santoso membuka acara Banua Triathlon 2024 bersama 151 atlet dengan meriah di Kebun Raya Banua, Sabtu (13/07/24). (ist/helokalsel)

BANJARBARU, HELOINDONESIA.COM - Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Adi Santoso, membuka secara meriah acara Banua Triathlon 2024 di Kebun Raya Banua pada Sabtu (13/07/24) pagi.

Acara pembukaan ditandai dengan kembang api dan pertunjukan seni tradisional sinoman hadrah, khas Banjar. Turut hadir dalam acara ini Tenaga Ahli Gubernur Noor Aidi, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan Syarifuddin, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sulkan, serta Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Kalsel Ahmad Bagiawan beserta sejumlah pejabat lingkup Pemprov Kalsel.

Banua Triathlon 2024 menampilkan tiga cabang olahraga utama: renang, sepeda, dan lari, dengan kategori Sprint (750 M, 50 Km, 5 Km), Standard (1500 M, 40 Km, 10 Km), dan Relay (750 M, 20 Km, 5 Km).

Dalam sambutannya, Gubernur Sahbirin Noor menyampaikan bahwa tujuan dari event ini adalah untuk meningkatkan pariwisata di Kalimantan Selatan dan menarik minat wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Beliau juga menekankan potensi ekonomi kreatif yang dapat berkembang di sektor pariwisata setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Syarifuddin, menambahkan bahwa event ini tidak hanya sebagai ajang olahraga tetapi juga sebagai promosi potensi alam Kalsel kepada wisatawan domestik dan internasional.

Salah satu peserta, Yos Sidarta dari Malang, mengikuti kategori Sprint Triathlon dan memberikan testimoni positif mengenai keindahan alam Kebun Raya Banua serta jalur yang menantang dalam perlombaan sepeda.

Banua Triathlon 2024 juga mempertandingkan berbagai nomor lain seperti Olympic Triathlon, Mixed Team Relay, dan Aquathlon Exhibisi dengan total hadiah mencapai Rp100 juta.