Helo Indonesia

Pasuruan Bromo Marathon 2023 Kembali Digeber, Menikmati Sensasi Berlari Ketinggian 2 ribu Mdpl

Edo - Olahraga
Senin, 28 Agustus 2023 21:11
    Bagikan  
BROMO MARATHON
instagram @bromomarathon

BROMO MARATHON - Ilustrasi Bromo Marathon 2023

HELOINDONESIA.COM - Ajang lari marathon bertaraf internasional kawasan wisata Gunung Bromo kembali digelar Pasuruan Bromo Marathon 2023.

Event olahraga lari ke-10 Pasuruan akan kembali digelar pada Minggu, 3 September 2023, dan siap diikuti ribuan pelari dari berbagai negara di dunia.

Dedy Kurniawan, Founder Bromo Marathon mengatakan registrasi peserta sudah dibuka sejak 3 Maret 2023 dan akan ditutup pada tanggal 3 September 2023 nanti.

Hingga saat ini, total pendaftar sudah mencapai 1300 pelari dari 23 negara yang akan memperebutkan hadiah dengan total Rp50 juta untuk para juara di semua kategori.

Baca juga: Fenomena Frozen Gunung Bromo, Seperti Musim Salju di Eropa Timur

Tagline yang diusung dalam Pasuruan Bromo Marathon 2023 adalah Run The Adventure, peserta akan menyusuri rute yang menyenangkan di antara alam yang sejuk dan indah.

Titik start Bromo Marathon akan dimulai dari Plataran Bromo, Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari.

Dalam event internasional ini, panitia akan menyiapkan lima kategori lomba, masing adalah: Lari 2,5KM - Kids Category dan 5KM, 10KM, 21KM dan Full Marathon 42KM.

"Khusus kategori anak-anak, pesertanya berasal dari para pelajar SD dan SMP di sekitar Wilayah Kecamatan Tosari. Rutenya juga pendek hanya 2,5 kilometer," kata Dedy, Senin (28/08/2023).

Baca juga: Sempat Dikabarkan Hilang Dicuri, Arca Ganesha di Gunung Bromo Ternyata Jatuh ke Kawah

Untuk kategori 5KM, pelari diajak untuk berlari dengan rentang ketinggian 1.839 - 1.931 Mdpl.

Sedangkan untuk kategori 10KM dari rentang ketinggian 1.839 - 2.129 Mdpl.

Untuk kategori 21KM, rentang ketinggian ialah 1.839 - 2.469 Mdpl.

Lalu untuk kategori Full Marathon, rentang ketiggian ialah 1.839 - 2.476 Mdpl.

Baca juga: Mangga Alpokat Pasuruan Naik Kelas, Masuk Lapangan Golf di Turnamen Bupati Charity Cup XXI

Bupati Pasuruan, Jawa Timur, Irsyad Yusuf mengajak para wisatawan untuk berbondong-bondong datang ke Tosari, Kabupaten Pasuruan, untuk menyebarakan event ini.

Bukan hanya mengikuti Pasuruan Bromo Marathon saja, melainkan dapat menikmati seluruh pesona alam dan budaya yang ada di Kecamatan Tosari.

"Datang dan nikmati keindahan Kabupaten Pasuruan yang semakin segar. Karena kita punya tagline, Pasuruan Always Fresh," jelas Gus Irsyad panggilan Bupati Pasuruan ini.

Baca juga: Kekeringan dan Kebakaran Mengancam Wilayah Kabupaten Pasuruan, Sebentar Lagi Terapkan Status Siaga Bencana

Bupati mengajak semua wisatawan untuk datang ke Desa Tosari menikmati pesona alam sembari menaklukkan tanjakan event maraton ini.

"Jadi saya ajak semua wisatawan untuk ke Tosari Kabupaten Pasuruan. Nikmati segala pesona yang ada di Tosari sembari menaklukkan setiap tanjakan pada event Bromo Marathon ini," ujarnya.

Bupati Irsyad meyakini bahwa Pasuruan Bromo Marathon 2023 akan spektakuler, dengan kehadiran para pelari marathon dari belahan dunia.

Baca juga: Jangan Heran! Usia 19 Tahun Dianggap Perawan Tua, Pernikahan Dini di Pasuruan Masih Tinggi

Selain diikuti para pelari dari Asia, Eropa hingga Amerika, ada banyak hiburan yang disuguhkan, plus sajian makanan khas Tengger.

"Kami tunggu tanggal 3 September pagi. Pasuruan Bromo Marathon 2023," tutupnya. **