Helo Indonesia

Indonesia Juara Voli SEA V League 2023 Seri 1, Fahri Septian Terpilih Sebagai Pemain Terbaik

Winoto Anung - Olahraga
Minggu, 23 Juli 2023 22:52
    Bagikan  
Tim Voli Indonesia
Facebook / Agus Yudhoyono

Tim Voli Indonesia - Tim Voli Indonesia saat melawan Vietnam, ditonton capres Anies Baswedan, AHY, dan pendiri Klub Lavini, SBY. (Foto: Facebook / Agus Yudhoyono)

HELOINDONESIA.COM - Gelaran SEA V League 2023 seri 1 di Padepokan Voli, Sentul telah usai Minggu Malam. Tim Indonesia yang diwakili klub Lavani tampil sebagai juara SEA V League 2023 seri 1, setelah pada laga ketiga mengalahkan Thailand 3-1.

Selain itu, Tim Indonesia juga mengantarkan tiga pemainnya mendapatkan penghargaan sebagai yang terbaik, masing-masing Fahri Septian sebagai MVP (pemain terbaik), Hendra Kurniawan (bestg midle blocker) dan Farhan Halim sebagai Spiker terbaik.

Tiga pemain Thailand  juga mendapatkan penghargaan terbaik untuk posisi blocker, setter/tosser, dan libero. Sedangkan dari Filipina mendapat satu pernghargaan yaitu untuk posisi back attack, dan Vietnam juga mendapat penghargaan.

Pada laga Indonesia vs Thailand berlangsung seru, ini sekaligus membalas kekalahan Tim Indonesia dalam even AVC belum lama ini.

Baca juga: Ridwan Kamil Disebut di Balik Kasus Pedagang Warung Kecil Dibui Usai Dilaporkan Majelis Taklim Bogor ke Polisi, Ternyata Ini Kaitannya!

Bertanding di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia langsung merasakan permainan berkelas dari Thailand yang merupakan juara bertahan Asian Volleyball Challenge (AVC) Cup 2023.

Blok-blok Thailand menjadi permasalahan tersendiri bagi Dio Zulfikri dan kawan-kawan. Beruntung receive para pemain Indonesia, tampak membaik. Namun kondisi ini menghadirkan serangan spike Indonesia, hanya saja, bocker Thailand memang andal

Si jangkung Kissada Nilsawai jadi penghalang serius. Performa Indonesia sempat terlihat membaik ketika skor menjadi 7-7, namun Thailand kemudian bisa meraih tiga poin beruntun.

Baca juga: Puan Sebut Kandidat Cawapres Ganjar Mengerucut Sisa Lima Nama, Siapa Saja?

Inilah keseruannya, Indonesia bisa meraih poin, tetapi Thailand masih bisa mempertahankan keunggulan. Tim tuan rumah sempat merapat menjadi satu poin. Lagi-lagi saat skor mendekat, Indonesia gagal menambah poin.

Kejadian di laga AVC silam sepertinya menghantui pemain Indonesia. Jarak dua hingga tiga poin berlangsung. Napadet Bhinijdee dan Anut Promchan menjadi peraih poin Thailand di saat Anurak bisa diredam. Indonesia kalah 21-25 pada set pertama.

Pemain Indonesia yang diperkuat setter Dio, Hendra sebagai quicker sekaligus midle blocker, Farhan Halim, Fahri Septian, Doni Haryono, Dimas Saputra, Irpan (libero), mencoba tampil lebih solid dan apik pada set kedua.

Baca juga: Dahlan Iskan Ungkap Wali Murid Al Zaytun Tak Bisa Transfer Uang Sekolah karena Diblokir, Mahfud MD: Hoaks

Indonesia bisa memimpin dengan, tapi Thailand tetap bermain ketat hingga angka hanya terpaut satu hingga dua poin. Namun, para pemain Indonesia mulai konsisten. Dan jarak poin pun melebar.

Kemudian, Thailand mulai muncul beberapa kesalahan, juga dibarengi dengan serangan Indonesia yang baik,  membuat jarak menjauh menjadi empat poin pada kedudukan 10-6. Service ace Farhan Halim menambah poin, dan melebarkan jarak menjadi 11-6.

Farhan Halim mulai muncul keandalanntya. Pada set pertama dia masih belum menemukan permainan, lantas tampil lebih baik dengan back attack merusak pertahanan Thailand.

Baca juga: Barcelona Tunjuk Sergi Roberto Sebagai Kapten Baru, Ter Stegen Jadi Wakilnya

Hingga akhirnya di set kedua Indonesia memastikan kemenangan 25-17 setelah Farhan melepas spike yang menghujam tajam di area permainan lawan.

Set ketiga kedua tim bermain ketat. Indonesia sempat tertinggal dua hingga tiga poin. Usaha keras anak asuh Jiang Jie berbuah hasil lantaran poin Indonesia menyalip Thailand. Hanya saja Thailand terus menempel dengan ketat dan skor kembali setara pada kedudukan 19-19.

Set ini benar-bensar ketat. Indonesia bisa kembali memimpin dengan jarak dua poin, tetapi Thailand kemudian menyamakan kedudukan 23-23. Setelah skor tersebut, Indonesia mengemas dua poin beruntun, hingga memenangkan pada set ketiga. Kedudukan menjadi 2-1.

Baca juga: Bos Twitter Umumkan Pergantian Logo Burung Biru Menjadi Gambar X

Pada set berikutnya, Indonesia melaju dalam keunggulan dalam perolehan poin. Thailand tetap bermain a lot. Bahkan, dari tertinggal tiga poin, selisih antara Indonesia dan Thailand pun nanya satu sampai dua poin.

Namun para pemain Indonesia sebagai tuan rumah tak ingin malu. Dengan percaya diri menjauhkan jarak kembali menjauh. Skor sempat menunjukkan angka 18-14 dan kemudian menjadi 20-16. Tim Thailand sempat mendekat setelah meraih tiga poin beruntun.

Bahkan Thailand menyamakan kedudukan pada kedudukan 23-23. Indonesia menyudahi perlawanan dengan skor 27-25, skor akhir menjadi 3-1 di set keempat. Indonesia mengalahkan Thailand, sekaligus juara SEA V League 2023 seri 1.

Untuk SEA V League 2023 dilgelar secara kompetisi empat negara dan bergilir. SEA V League Seri 2 akan digelar di Manila, Filipina, pada 28-30 Juli 2023. (*)

(Winoto Anung)