Helo Indonesia

Cek Lokasi, Menteri PUPR Basuki akan Tambah Akses JIS dan Ganti Rumput Stadion

Winoto Anung - Olahraga
Selasa, 4 Juli 2023 18:13
    Bagikan  
Erick Thohir
@erickthohir

Erick Thohir - Ketua Umum PSSI Erick Thohir meninjau Stadion JIS, bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. (Foto: @erickthohir)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono meninjau Jakarta International Stadium (JIS) yang direncanakan untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023.

Dari pengecekan lokasi Selasa 4 Juli, Menteri PUPR Basuki mengatakan, ada akses ke stadion JIS yang kurang memadai, dan rumput stadion yang dinilai belum standar FIFA. Pihaknya akan mengganti rumput stadion.

Akses JIS yang masih minim, menurutnya baru dibuka satu, yakni ramp timur. Namun, Menteri PUPR Basuki mengakui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola JIS sudah pernah melakukan simulasi 82 ribu penonton keluar stadion. Hasilnya, dalam waktu 15 menit stadion sudah bisa dikosongkan.

"Jadi 15 menit, sesuai dengan kalau GBK (Gelora Bung Karno) standar FIFA dulu, itu harus kosong dengan selamat. Simulasinya menurut beliau sudah oke, nanti kita akan lihat simulasinya lagi," ujar Basuki di lokasi.

Baca juga: Cara Kredit Hape Tanpa DP, Tanpa Kartu Kredit, Cukup Duduk Manis di Rumah Dapatkannya Mudah

Hanya saja, menurut Menteri PUPR Basuki, akses yang hanya satu pintu ini belum memadai dan cenderung membahayakan. Karena itu, ia berencana menambah lagi lima jalur keluar-masuk.

"Menurut saya, ini bahaya ya. Securitynya, apalagi di lingkungan penduduk. Jadi akan ditambah lima akses lagi," katanya.

Yang lainnya, menurut Basuki, pihaknya berencana penambahan akses jalan di sekitaran JIS berupa Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), agar nantinya mempermudah pengunjung keluar dan masuk area JIS.

"Karena kemarin pengalaman Jakmania, banyak yang parkir di Ancol dan kalau mau ke sini harus mutar. Jadi akan kita bangunkan jembatan supaya lebih cepat," kata Menteri PUPR itu.

Baca juga: Jangan Coba-coba Parkir Sembarangan di Tanah Abang, Nasibnya Bakal Seperti Mobil ini

Menurutnya, akan ada percepatan pembuatan stasiun sementara agar Kereta Rel Listrik (KRL) bisa langsung berhenti dekat JIS.

Soal rumput Stadion JIS, ia menilai harus diganti total, karena menurut ahlinya belum memenuhi standar FIFA. Ini agar nanti kalau pihak FIFA datang meninjau kondisi stadion JIS layak digunaka untuk Piala Dunia U-17. “Hari ini kami melihat JIS, stadion yang bagus, namun kami evaluasi,” katanha.

Lanjut dia, kalau nanti dievaluasi FIFA mudah mudahan sudah bisa dapat memenuhi standar. Di antaranya salah satu yang utama adalah rumput.

“Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang," ujar Menteri PUPR Basuki di Stadion JIS.

Baca juga: Betapa Uletnya David Beckham Memburu Lionel Messi, Dia Mendekati Sejak  2019

Dia mengatakan itu berdasarkan pengecekan Chairman Karya Rama Prima (KaerPe), Qamal Mustaqim, perusahaan yang mengurus rumput Stadion GBK, rumput di JIS harus diganti semuanya.

"Namun ada solusinya. Kita akan ganti semua rumput tersebut, sesuai dengan ahlinya beliau Pak Qamal. Belaiausebagai ahli agronomi untuk rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti, kalau mau tiga bulan bisa dipakai. Itu jangka pendek saja," tandas Menteri PUPR basuki. (*)

(Winoto Anung)