Helo Indonesia

Tujuh Tahun Bersama Manchester City, Kini Ilkay Gundogan Pilih Berlabuh ke Barcelona

Winoto Anung - Olahraga
Senin, 26 Juni 2023 19:27
    Bagikan  
Ilkay Gundogan
@IlkayGundogan

Ilkay Gundogan - Ilkay Gundogan, tujuh tahun merumput di Manchester City, kini teken kontrak dengan Barcelona. (Foto:: @IlkayGundogan_

HELOINDONESIA.COMGelandang Jerman bergabung dengan tim Catalan setelah menjadi kapten Manchester City untuk meraih gelar Liga Champions pertama mereka.

Setelah simpang siur beritanya, akhirnya Ilkay Gundogan berlabuh juga ke Spanyol. Adalah klub raksasa Barcelona yang meneken kontrak dengan kapten Manchester City Ilkay Gundogan, yang berstatus bebas transfer.

Ilkay Gundogan pergi dari Manchester City setelah tujuh tahun merumput di Etihad dan berhasil memboyong Piala Champions 2023 untuk pertama kali buat klub itu, dengan mengalahkan Inter Milan, bulan ini.

Itu sekaligus, Ilkay Gundogan ikut membawa Manchester City meraih treble, tiga gelar, yakni juara Liga Premier, juara Piala FA, dan Piala Champions.

Baca juga: Bermasalah Dengan Berat Badan? Lakukan 10 Cara Ini Agar Kembali Langsing

Barcelona telah menandatangani kontrak Ilkay Gundogan, sang gelandang Jerman itu, dengan durasi dua tahun, menurut keterangan klub La Liga itu.

Ilkay Gundogan, yang kini berusia 32 tahun itu memiliki kontrak hingga Juni 2025 dengan opsi untuk satu tahun lagi, sementara juara Spanyol itu juga mengatakan pada Senin bahwa mereka telah memasukkan klausul pembelian sebesar 400 juta euro ($436 juta).

Gundogan meninggalkan City setelah menjadi kapten klub Inggris itu untuk meraih treble Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions musim lalu, mengakhiri tugas tujuh tahun yang sukses di Inggris di mana ia memenangkan 14 trofi, termasuk lima gelar liga.

“Bagi saya, merupakan hak istimewa dan kesenangan total untuk menjadi bagian dari Manchester City selama tujuh tahun terakhir,” kata Gundogan dalam sebuah pernyataan. “Manchester telah menjadi rumah saya dan saya merasa menjadi bagian dari keluarga yang sangat spesial di City.

Baca juga: Cak Imin Tolak Potong Gaji Dampak Tambahan Cuti Bersama Iduladha 1444 H

“Saya beruntung telah mengalami begitu banyak momen yang tak terlupakan selama waktu saya di sini dan menjadi kapten untuk musim ekstra spesial ini telah menjadi pengalaman terbesar dalam karir saya.”

Gundogan adalah rekrutan pertama Pep Guardiola ketika ia mengambil alih kendali di City pada 2016 meskipun pemain Jerman itu absen karena cedera lutut ketika ia didatangkan dari Borussia Dortmund, di mana ia memenangkan Bundesliga dan Piala Jerman pada 2012.

Dia terbukti menjadi pemain penting di City, terutama selama dua musim terakhir ketika dia mencetak gol krusial yang membantu mereka menyegel beberapa trofi.

Gundogan meninggalkan City setelah membuat lebih dari 300 penampilan, mencetak 60 gol dan meraih 40 assist di semua kompetisi.

Baca juga: SBY Meluncurkan Buku Pilpres 2024 dan Cawe-cawe Presiden Jokowi, Sosiolog : Sarat Makna

Direktur sepak bola City Txiki Begiristain mengatakan Gundogan telah menjadi "inspirasi bagi semua orang".

“Ilkay benar-benar mengokohkan tempatnya dalam sejarah Manchester City dan kami semua mendoakan yang terbaik untuknya di babak berikutnya dalam kariernya,” tambahnya.

Pengalamannya akan sangat berharga bagi pelatih Barca Xavi setelah gelandang lama Sergio Busquets pergi pada akhir musim setelah 18 tahun bersama tim Katalan tersebut.

Barcelona memenangkan gelar La Liga musim lalu tetapi gagal keluar dari babak penyisihan grup di Liga Champions dan tersingkir di semifinal Copa del Rey. (*)

(Wiinoto Anung)