Helo Indonesia

Bermasalah Dengan Berat Badan? Lakukan 10 Cara Ini Agar Kembali Langsing

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Senin, 26 Juni 2023 19:21
    Bagikan  
Ilustrasi Menimbang Berat Bay
Foto : Ist

Ilustrasi Menimbang Berat Bay - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Berat badan ideal merupakan impian semua orang. Berat badan yang seimbang tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri namun berdampak pada kesehatan tubuh.

Karena itu, jika Anda memiliki berat badan berlebihan, ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan cara diet makanan.

Mengatur pola merupakan salah satu kunci penting untuk membuang lemak di tubuh. Selain juga melakukan olahraga secara rutin dinilai sebagai salah satu Cara efektif menurunkan berat badan.

Anda mungkin ingin mengetahui lebih banyak cara-cara untuk menurunkan berat badan. Simak penjelasan berikut ini;

1. Perhatikan makanan yang Anda makan,

Kalori yang masuk ke dalam tubuh berpengaruh terhadap berat badan Anda. Karena itu, jika bermasalah dengan berat badan, Anda harus memperhatikan batul makanan yang Anda makan. 

Baca juga: 105 Desa di Mesuji Ikuti Sosialisasi Manfaat Program BPJS

Asupan nutrisi dan vitamin yang seimbang akan membuat tubuh Anda lebih sehat. Karena itu disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, seperti gorengan, jeroan, yang bisa memicu peningkatan berat badan.

2. Memperbanyak asupan buah dan sayuran

Sayur-sayuran khususnya yang berwarna hijau dapat menurunkan berat badan Anda. Karena itu, ketimbang mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, lebih baik Anda memilih buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin, mineral, dan serat, serta mengandung lebih sedikit kalori.

3. Memperbanyak minum air putih

Banyak minum air putih tidak hanya dapat menyehatkan kesehatan ginjal Anda. Namun juga bisa mencegah dari kelebihan berat badan.

Baca juga: Summer Sale Steam 2023: Diskon Menarik untuk Pecinta Game!

Caranya, minumlan air putih dulu dsebelum makan. Menurut Ahli, minum air sebelum makan bisa menahan nafsu makan berlebih dan membuat Anda cepat kenyang

4. Berolahraga secara rutin

Pilihlah olahraga yang sesuai hobi Anda sehingga bisa dilakukan sebagai aktivitas untuk menjaga kesehatan. Beberapa jenis olahraga seperti sepakbola, panjat tebing, bola basket, bulutangkis dan senam mampu membakar kalori di dalam tubuh lebih banyak. 

Sehingga, olahraga dengan intensitas tinggi tersebut bisa menurunkan berat badan Anda jika olahraga tersebut dilakukan secara rutin.

Baca juga: Eva Dwiana Tutup Tempat Wisata dan Hiburan Selama Idul Adha 1444 H

Namun jika memiliki masalah medis sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar olahraga yang Anda lakukan cocok dan aman bagi kesehatan tubuh Anda.

5. Mengelola stres

Kelola stress Anda dengan baik dengan berbagai macam cara yang Anda sukai. Bisa dengan mendengarkan musik, Jalan-jalan, olahraga jalan santai, atau membaca buku. 

Sebab, stres yang melanda seseorang, akan membuatnya cenderung makan lebih banyak. Hal itu disebabkan, saat stres, adanya peningkatan produksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan.

6. Tidur yang cukup

Tidur yang kurang cukup akan membuat tubuh menjadi cepat lelah dan kurang bersemangat menjalani berbagai aktivitas. Akibat kurang tidur, badan pun malas untuk berolahraga yang merupakan salah satu aktivitas paling efektif menurunkan berat badan 

Baca juga: Hilangkan Jerawat Hingga Cegah Kanker, Berikut 10 Manfaat Kesehatan Jus Seledri untuk Tubuh Anda

Oleh karena itu, disarankan agar melakukan aktivitas tidur setiap hari dan menghindari begadang. Dengan waktu tdur yang cukup yaitu 7-9 jam setiap hari maka berat badan Anda tidak naik lagi.

8. Menghindari minuman manis

Minuman dan makanan yang mengandung kalori yang tinggi dapat memudahkan kenaikan berat badan. Karena itu kurang minuman yang tinggi kalori seperti minuman manis agar berat badan tetap ideal. 

Anda bisa mengganti asupan gula dengan gula yang rendah kalori atau mengkonsumsi jus buah tanpa gula..

9. Mengonsumsi makanan tinggi protein

Beberapa jenis makanan yang kaya protein adalah telur, ikan, kacang, daging tanpa lemak, dan produk olahan susu rendah lemak

Perlu Anda ketahui, jenis makana diatas baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Sebab makanan dengan protein yang tinggi dapat berdampak kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak makan secara berlebihan. 

Baca juga: Cak Imin Tolak Potong Gaji Dampak Tambahan Cuti Bersama Iduladha 1444 H

10. Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleksm

Cara terakhir untuk menurunkan berat badan yaitu dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleks. 

Dengan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat akan membuat Anda kenyang lebih lama, seperti nasi merah, roti gandum, dan pisang.

Disarankan agar membatasi konsumsi karbohidrat sederhana dari makann yang banyak mengandung gula dan tepung, seperti kue kering, roti, dan mi.

Tags
Kesehatan