Helo Indonesia

LavAni Dekati Grand Final Proliga 2024 Usai Bungkam Bank Sumsel

Ajie - Olahraga
Senin, 8 Juli 2024 06:59
    Bagikan  
LavAni Dekati Grand Final Proliga 2024 Usai Bungkam Bank Sumsel

Para pemain putra LavAni merayakan kemenangan usai menaklukkan Bank SumselBabel

SURABAYA, HELOINDONESIA.COM - Juara bertahan tim putra Jakarta LavAni Allobank Electric mendekati partai puncak atau grand final Kompetisi Bola Voli PLN Mobil Proliga 2024 usai menutup laga putaran final four seri pertama, dengan membungkam Palembang Bank SumselBabel di GOR Bung Tomo Surabaya, Minggu malam 7 Juli 2024.

Pada laga penutup seri pertama semalam LavAni, tim milik Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut menang atas Bank SumselBabel dengan skor 3-0 (25-11, 34-32, 25-17).

Sebelumnya tim putra Jakarta Bhayangka Presisi juga menjaga kans ke grand final usai mengalahkan Jakarta STIN BIN dengan skor 3-1 (18-25, 25-18, 25-22, 25-16).

Kemenangan atas Bank SumselBabel, merupakan kemenangan ketiga tim asuhan Nicolas Vives dari tiga laga di seri pertama ini. Sebelumnya, LavAni sudah memenangi pertandingan melawan Jakarta Bhayangkara Presisi dan Jakarta BIN masing-masing dengan skor 3-0 da 3-1.

Baca juga: Mahasiswa Ilkom USM Sosialisasi Strategi Digital Marketing di Desa Wisata Lerep Ungaran

Dengan tiga kemenangan yang sudah diraih, Dio Zulkifli dkk. tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk mengamankan lolos ke grand final Proliga musim ini.

Sebagai juara putaran pertama final four, LavAni berhak menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 60 juta. Sebelumnya, LavAni juga menjuarai putaran kedua babak reguler.

Pertemuan LavAni dengan Bank SumselBabel merupakan laga penentuan tim terbaik putaran pertama final four karena kedua tim sama-sama mengantongi dua kemenangan.

Pelatih LavAni Nicholas Vives memainkan Oreol Camejo Durruthy yang pada dua laga sebelumnya duduk di bangku cadangan. Dia bergabung dengan Renan Buiatti, Boy Arnez, Hendra Kurniawan, Malizi, dan Dio Zulkifli sebagai setter.

Baca juga: Merti Desa, Pemdes Pamriyan Kirab Tombak Kiai Tunggul Uri-uri Budaya Leluhur

LavAni sudah menyulitkan Bank SumselBabel sejak awal set pertama melalui servis yang membuat lawan tidak bisa mengembangkan permainan. Ditambah blok yang rapat, LavAni melaju cepat dan unggul jauh 25-11.

Permainan Bank SumselBabel mulai membaik pada set kedua. Penerimaan bola servis bagus sehingga strategi serangan melalui Mohamed Al Hachdadi, Armin Ashfin Far, dan Sigit Ardian bisa dijalankan.

Perebutan angka dari kedua tim berjalan ketat hingga skor imbang 24-24. Pertandingan makin seru karena LavAni dan Bank SumselBabel saling bergantian menciptakan set poin. Namun, deuce panjang itu akhirnya dimenangkan LavAni 34-32 melalui poin blok.

Awal set ketiga sempat terhenti sekitar 10 menit saat skor 3-3 karena ada protes dari kubu Bank SumselBabel atas keputusan wasit yang merugikan mereka.

Ketika laga dilanjutkan, LavAni mengulang penampilannya pada set pertama dengan menekan lawan yang banyak melakukan error. LavAni akhirnya menang 25-17 dan memastikan gelar juara putaran pertama final four.

Baca juga: Kostum Tema Embun Upas dan Balon Udara Tampil Megah di Wonosobo Night Fashion Carnival 2024

“Meskipun malam ini bisa menang 3-0, tetapi kami tidak berpuas diri. Masih ada kelemahan yang harus kami benahi untuk menghadapi putaran kedua di Semarang,” kata pemain Jakarta LavAni, Boy Arnez usai laga.

Boy Arnez dan Renan Buiatti menjadi motor serangan LavAni dengan sama-sama membukukan 16 angka, ditambah Oreol Camejo dengan 12 angka.

Asisten pelatih LavAni, Samsul Jais mengatakan timnya melakukan rotasi sejumlah pemain saat menghadapi Bank SumselBabel sebagai bagian dari strategi.
“Babak empat besar tidak hanya membutuhkan taktik dan fisik yang bagus, tetapi mental juga harus siap. Malam ini kami bermain bagus seperti yang dilakukan saat latihan,” imbuhnya. (Aji)