Helo Indonesia

4 Cara Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing, Ampuh Banget

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 27 Juni 2023 11:10
    Bagikan  
Daging kambing
Foto : Ist

Daging kambing - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Perayaan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah tinggal menghitung hari. Umat Islam menyambut gembira hari raya Idul Adha yang dibarengi dengan pemotongan hewan kurban.

Namun jika Anda mendapatkan daging kurban khususnya daging kambing, pastikan Anda sudah mengetahui cara mengolahnya dengan benar.

Dengan mengolah yang benar, bau prengus pada daging kambing yang akan Anda santap akan hilang. Ya, karena bau prengus daging kambing yang cukup kuat kerap menjadi masalah.

Sebab, jika Anda tidak mengerti cara mengolah daging kambing dengan benar, bau prengus akan tetap bertahan meskipun sudah diolah dengan cara di sup atau di sate sekalipun.

Jika tidak ingin hidangan di Hari Raya Idul Adha terganggu oleh baru prengus daging kambing yang terlalu kuat, disarankan agar Anda mengolahnya dengan benar.

Baca juga: Polusi Tinggi Ganggu Pernapasan, Ini 10 Cara Sederhana Mengatasi Sesak Napas

Dilansir dari kanal YouTube sajian sedap hari ini, Selasa (27/6/2023), Anda bisa mengikuti tips berikut ini untuk hilangkan bau prengus daging kambing. 

1. Jangan dicuci dagingnya

Alih-alih mencuci daging kambing supaya lebih bersih justru malah membuat bau prengus makin kuat.

Pasti Anda ingin tahu alasan mengapa usai dicuci dengan air bau prengus daging kambing malah semakin kuat?

Cucian akan mengeluarkan jucy dan bau prengus yang ada di dalam daging kambing. Jika daging kambing kotor setelah dipotong, disarankan untuk didiamkan saja. Sebab saat daging kambing dimasak, suhu panas akan mematikan kuman yang ada pada daging kambing.

Baca juga: Keuangan Sulit, Kepala Bappeda Lampura Mau Jual “Teling”

2. Buang lemaknya

Pada daging kambing terdapat lemak, biasanya bagian tersebut berwarna putih. Untuk menghilangkan bau prengus, sebaiknya Anda membuang bagian lemak pada daging kambing. Sebab, bagian tersebut adalah salah satu sumber dari bau prengus.

Namun bila Anda ingin membuang lemak pada daging kambing, untuk memudahkannya sebaiknya daging kambing ditaruh terlebih dahulu di dalam freezer. Saat akan membuang lemak tersebut, tunggu beberapa saat sampai daging kambing tidak terlalu menbeku. Setelah itu, dengan menggunakan pisau, anda bisa membuang sumber nau prengus tersebut.

3. Direbus dua kali 

Jika Anda ingin mengolah daging kambing dengan cara di sup, pastikan Anda merebusnya dua kali. Cara ini ampuh untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Baca juga: Pemasangan Sheet Pile Tambak Lorok Semarang Dikebut untuk Atasi Rob dan Banjir

Caranya, setelah air rebusan mendidih, masukan daging kambing. Anda bisa menambahkan aneka rempah yang tidak hanya beraroma kuat namun juga membuat daging lebih gurih. Rempah tersebut diantaranya, lengkoas, daun jaruk atau serai. 

Jika air sudah muncul buih keabu-abuan, matikan api dan tiriskan daging kambing. Untuk proses rebusa. Kedua berbeda dengan proses rebusan pertama. Daging kambing hanya dimasukan ke dalam air tidak dalam keadaan mendidih. 

Cara ini dipercaya dapat membuat daging kambing mengeluarkn kaldu yang lezat selain menghilangkan bau prengus 

4 Gunakan jeruk nipis 

Cara terakhir ini ampuh menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya dengan melmuri daging kambing dengan perasan air jeruk nipis.

Baca juga: Ragam Manfaat Kesehatan Sambiloto: Si Raja Pahit yang Mampu Usir Berbagai Penyakit

Setelah daging kambing terendam seluruhnya dengan air perasan jeruk nipis, tunggu beberapa saat sampai meresap. Baru setelah itu daging kambing kurban Anda dapat diolah dengan berbagai cara sesuai keinginan Anda.

Demikian sejumlaj trik dan tips menghilangkan bau prengus dari daging kambing kurban. Tips tersebut bisa Anda terapkan sebelum mengolah daging kambing agar saat menyantap hidangan dfaging kambing tidak terganggu dengan bau prengus.