Helo Indonesia

8 Makanan Berserat Tinggi dan Mengapa Mereka Penting untuk Kesehatan Usus Anda

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 20 Juni 2023 08:00
    Bagikan  
Buah alpukat
Tips

Buah alpukat - Buah alpukat merupakan salah satu sumber serat yang baik untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Mungkin kedengarannya tidak seksi, tetapi penelitian menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi bisa menjadi kunci untuk membakar lemak dan menjaga kesehatan usus. Serat membantu tubuh Anda membakar lemak dengan mengontrol kadar gula darah, mengurangi pelepasan hormon lapar ghrelin, dan membantu mengekang keinginan mengidam gula. 

Berapa banyak serat yang harus Anda makan sehari?

Hanya 30g bahan bagus yang membantu mengecilkan lingkar pinggang Anda, menurut British Heart Foundation. Berita terbaiknya adalah: untuk mendapatkan sweet spot, Anda dapat mengemil lebih dari sekadar plum.

Sebagai gantinya, tumpukan piring Anda dengan delapan makanan yang kami temukan memiliki lebih banyak serat daripada plum kering (kurang dari glam, soz plum).

Baca juga: Jaga Kesehatan Janin, Berikut Ini Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Apa manfaat dari makanan berserat tinggi?

Jawabannya adalah Anda akan mendapatkan serat yang cukup sangat penting untuk:

  • Mempertahankan mikrobioma yang beragam dan kesehatan usus secara keseluruhan.
  • Menyeimbangkan gula darah dan mencegah lonjakan.
  • Buang air besar secara teratur.
  • Tetap kenyang lebih lama.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Menyeimbangkan kadar kolesterol.
  • Menurunkan risiko beberapa penyakit.

Penuhi makanan berserat tinggi ini untuk mendapatkan manfaatnya untuk usus Anda.

1. Alpukat

Secara teknis fave superfoodie ini memiliki jumlah serat yang sama dengan plum — 7g per 100g . Namun mereka mendapat persetujuan dari Ahli Diet karena Anda lebih cenderung mengonsumsi 100g porsi alpukat daripada menghabiskan sekantong penuh plum. Dan kami tidak akan menyarankan untuk mengunyah plum sebanyak itu karena cukup bisa bikin sakit perut.

2. Kelapa

Dengan 7,2g serat per 100g, daging kelapa menawarkan kandungan serat tertinggi. Tambahkan kelapa ke granola atau sereal pagi Anda untuk menambah serat dalam sarapan Anda. Bahkan air kelapa mengemas minuman berisi serat yang menyegarkan, dengan 2,6g dalam satu cangkir.

Baca juga: Beragam Ide Sarapan Sehat untuk Mengisi Hari-Hari Sibuk Anda

3. Oat

Mengandung lebih dari 9g serat per 100g, semangkuk bubur harian Anda akan memberi Anda bahan bakar untuk makan siang dan seterusnya. Berkat karbohidrat lepas lambat dan hanya gula yang Anda tambahkan, oat adalah pilihan sarapan sehat yang sempurna. Susu oat juga merupakan sumber serat yang baik, dengan studi tahun 2020 menemukan bahwa ia memiliki lebih banyak serat makanan daripada susu alternatif lainnya.

4. Sereal bekatul

Tidak mengherankan jika sereal bekatul hadir dengan kandungan serat tertinggi yaitu 27g per 100g. Satu porsi 30g menyediakan kira-kira sepertiga dari kebutuhan diet harian Anda. Hiasi dengan stroberi dan blueberry untuk meningkatkan antioksidan ekstra.

5. Almond

Memilih varietas almond yang tidak direbus akan menambah 12,2g serat per 100g ke dalam makanan Anda, meskipun yang terbaik adalah tetap berpegang pada ukuran porsi 25g dari makanan ringan yang lebih enak ini.

Baca juga: Sembelit Menyiksa Hari-hari Anda? Berikut Ini Penyebab Serta Makanan Terbaik untuk Meredakannya

6. Tomat Matahari Kering

Keindahan Mediterania yang tersiram sinar matahari menambah rasa dan serat dalam jumlah besar pada hidangan apa pun. Mengandung 7,9g serat per 100g, tambahkan satu porsi ke makanan Anda berikutnya — dari pasta dan salad hingga sandwich dan pesto.

7. Lentil

Menawarkan 12,5g per 100g lentil kering, staples lemari penyimpanan ini menambah tekstur dan curah pada hidangan daging tradisional seperti bakso dan bolognese. Atau biarkan mereka menjadi pusat perhatian dalam resep lentil sehat ini, seperti falafel dan dhal.

8. Tepung Kelapa

Dikemas dalam serat 42g per 100g (belum lagi protein 18g), tepung yang sedikit manis ini sangat cocok untuk kue, roti, dan panekuk. Jelas tidak sulit memasukkan makanan berserat tinggi ke dalam diet Anda. Naik level itu, pronto.