Helo Indonesia

Bukan yang Biasa untuk Lalapan, Kemangi Jenis Ini yang Dipakai untuk Obati Berbagai Penyakit

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 8 Juni 2023 22:04
    Bagikan  
Holy Basil.
ist

Holy Basil. - Tanaman Holy Basil atau kemangi suci banyak memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Holy Basil bukan kemangi biasa. Holy Basil atau Kemangi suci (Ocimum tenuiflorum) tidak seperti daun kemangi yang biasa di lalap atau menjadi bumbu masak di berbagai sajian kuliner tanah air. Holy Basil dikenal sebagai Ocimum sanctum L. dan tulsi, berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki sejarah dalam pengobatan India sebagai pengobatan untuk banyak kondisi, mulai dari penyakit mata hingga kurap.

Dari daun hingga bijinya, Holy basil dianggap sebagai tonik bagi tubuh, pikiran, dan jiwa. Bagian tanaman yang berbeda direkomendasikan untuk merawat kondisi yang berbeda:

  • Gunakan bunga segar untuk bronkitis.
  • Gunakan daun dan bijinya, dengan lada hitam, untuk malaria.
  • Gunakan seluruh tanaman untuk diare, mual, dan muntah.
  • Gunakan bentuk pil dan salep untuk eksim.
  • Gunakan ekstrak alkohol untuk sakit maag dan penyakit mata.
  • Gunakan minyak esensial yang terbuat dari daun untuk gigitan serangga.

Baca juga: Tekokak, Tanaman Liar Ajaib yang Bisa Turunkan Asam Urat Hingga Cegah Penyakit Jantung

Banyak penelitian mendukung penggunaan seluruh tanaman Holy basil untuk digunakan manusia dan nilai terapeutiknya. Nilai gizinya juga tinggi, karena mengandung:

  • vitamin A dan C
  • kalsium
  • seng
  • besi
  • klorofil

Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen. Seperti banyak suplemen, kemangi suci tidak disetujui sebagai pengobatan lini pertama. Itu juga dapat berinteraksi dengan obat yang sudah Anda minum.

Mengurangi stres dan kecemasan

Semua bagian tanaman kemangi jenis ini bertindak sebagai adaptogen. Adaptogen adalah zat alami yang membantu tubuh Anda beradaptasi dengan stres dan meningkatkan keseimbangan mental. Konsep adaptogen adalah pendekatan holistik. Tetapi penelitian ilmiah menunjukkan bahwa holy basil memiliki khasiat farmakologis untuk membantu pikiran Anda mengatasi berbagai jenis stres.

Menurut Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, kemangi suci memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan yang sebanding dengan obat diazepam dan antidepresan. Satu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 500 miligram (mg) ekstrak kemangi setiap hari merasa kurang cemas, stres, dan depresi.

Praktisi Ayurveda merekomendasikan minum kemangi suci sebagai teh dengan menggunakan daunnya. Dan karena bebas kafein, tidak apa-apa dan bahkan disarankan untuk diminum setiap hari. Tindakan minum teh bisa menjadi ritual dan menenangkan seperti yoga. Ini memupuk pikiran yang jernih, relaksasi, dan rasa kesejahteraan.

Baca juga: Atasi Lemah Syahwat Hingga Membuat Lebih Perkasa, Berikut 4 Manfaat Ajaib Kelor untuk Kaum Pria

Merangsang dan menghidupkan tubuh Anda

Kemangi suci juga tinggi antioksidan dan membantu detoksifikasi tubuh Anda. Studi menunjukkan bahwa kemangi suci dapat melindungi tubuh Anda dari bahan kimia beracun. Ini juga dapat mencegah kanker dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Melindungi dari infeksi dan mengobati luka

Ekstrak yang dibuat dari daunnya dianggap dapat meningkatkan kecepatan dan kekuatan penyembuhan luka. Beberapa orang bahkan menggunakan kemangi suci setelah operasi untuk menyembuhkan dan melindungi luka mereka. Kemangi suci meningkatkan kekuatan luka, waktu penyembuhan, dan kontraksi luka Anda. Kekuatan putus mengacu pada seberapa banyak tekanan atau berat yang dapat diambil luka sebelum pecah. Penelitian menunjukkan bahwa basil suci dapat bekerja melawan infeksi dan luka, seperti sariawan, keloid, hingga jerawat.

Turunkan gula darah Anda

Jika Anda menderita pradiabetes atau diabetes tipe 2, semua bagian tanaman kemangi dapat membantu menurunkan gula darah Anda. Hewan dan penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa kemangi dapat membantu mencegah gejala diabetes seperti penambahan berat badan, hiperinsulinemia, atau kelebihan insulin dalam darah, Kolesterol Tinggi, resistensi insulin, dan hipertensi.

Turunkan kolesterol Anda

Karena kemangi suci menargetkan stres metabolik, itu juga dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol. Penelitian pada hewan melihat perubahan signifikan pada molekul lemak kelinci ketika mereka makan daun kemangi segar. Mereka memiliki kolesterol "jahat" (kolesterol LDL) yang lebih rendah dan kolesterol "baik" (kolesterol HDL) yang lebih tinggi.

Baca juga: Kontrol Diabetes Anda dengan Konsumsi 5 Jus Hijau Berikut Ini

Meringankan peradangan dan nyeri sendi

Bayangkan bisa mengatasi stres, kecemasan, dan peradangan dengan secangkir teh yang menenangkan yang dibuat dari daun kemangi suci. Sebagai adaptogen dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan, kemangi memberikan semua manfaat ini. Bahkan dapat membantu penderita radang sendi atau fibromyalgia.

Lindungi perut Anda

Basil suci dapat menangkal efek dari bisul yang disebabkan oleh stres. Ini secara alami meningkatkan pertahanan perut Anda dengan penurunan asam lambung, meningkatkan sekresi mucus, meningkatkan sel mucus, memperpanjang umur sel lender. Banyak obat tukak lambung memiliki efek samping dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada sebagian orang. Basil suci mungkin merupakan alternatif yang lebih disukai. Satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa 200 mg ekstrak kemangi suci mengurangi jumlah dan indeks bisul secara signifikan pada dua pertiga hewan.