Helo Indonesia

Buat Kaum Hawa, Penyuka Sepatu Teplek Beresiko Alami Gangguan Kesehatan

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 2 Juni 2023 01:44
    Bagikan  
Ilustrasi
Foto : Ist

Ilustrasi - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Berbagai macam jenis sepatu dan sandal bagi kaum wanita untuk mempercantik penampilan. 

Pemilihan jenis sepatu tentu dapat mempengaruhi kepercayaan diri Anda. Tapi tahukah Anda, pemilihan jenis sepatu juga, tidak hanya melihat dari segi mewah atau sedang trend, namun juga harus dilihat dari segi kesehatan.

Sebab, ada jenis yaitu sepatu teplek Ylyang memiliki sol datar ternyata justru termasuk salah satu alas kaki yang tidak baik untuk kesehatan kaki.

Baca juga: Upaya Penjegalan Anies, Politisi Garuda : Hanya Bisa Dilakukan Parpol Pengusung

Dilansir berbagai sumber, flat shoes tidak bisa memberikan arch support. Sol tipis dan datar tidak mengikuti bentuk telapak kaki yang normalnya memiliki cekungan di bagian tengah. Karena itulah, sepatu seperti ini justru membuat kaki lebih cepat lelah jika dipakai seharian.

Bukan hanya telapak kaki, penggunaan sepatu tanpa arch support yang baik terus-menerus juga bisa mempengaruhi kondisi lutut, pinggul, dan punggung. Jadi, sepatu dengan sol tipis sebenarnya tidak senyaman yang orang kira.

Pada bagian bawah kaki manusia terdapat jaringan yang disebut plantar fascia. Dilansir dari berbagai sumber, jaringan ini membentang dari tumit hingga jari kaki. ‘Tugasnya’ adalah menyangga telapak kaki dan meredam getaran saat berjalan. Plantar fascia akan bekerja lebih optimal dengan dukungan alas kaki yang memiliki arch support.

Baca juga: Kalahkan Obat-obatan Modern, Ramuan Cina Ini Paling Ampuh untuk Obati Pasien Serangan Jantung

Terlalu lama dan sering menggunakan sepatu teplek bisa menyebabkan kondisi yang disebut plantar fasciitis. Kemudian sepatu bertumit datar dan tipis tidak memiliki peredam getaran dan dukungan pada tumit. Jika digunakan terus-menerus, ini akan meningkatkan risiko plantar fasciitis.

Sepatu yang solnya sangat tipis dan datar berisiko menjadikan jaringan otot di telapak kaki tersebut meradang, melar, hingga sobek. Inilah biang keladi sensasi nyreri di tumit. Mengistirahatkan kaki juga tidak terlalu membantu, karena hanya meredakan rasa sakitnya sesaat

Sementara itu, menurit penelitian lainnya , berjalan dengan sepatu teplek dalam waktu yang lama juga berisiko menyebabkan metatarsalgia neuroma (peradangan pada area di antara telapak dan jari kaki). Kondisi ini bisa menyebabkan kapalan dan mata ikan.

Selain itu disebutkan kalau flat shoes dapat menyebabkan cedera tendon achilles yang menyebar dari tumit sampai ke betis. Biasanya, sakit mulai terasa dalamw Baktu dua minggu.

Tags
Kesehatan