Helo Indonesia

Makanan Ini Efektif Memperlambat Proses Penuaan, Bagus Buat yang Takut Keriput

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 20 Mei 2023 00:21
    Bagikan  
Ilustrasi
Foto : Ist

Ilustrasi - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Seiring bertambah usia, penuaan pasti akan terjadi dan dialami setiap orang. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dan tidak dapat dihindari.

Ada faktor lain selain usia yang bisa menyebabkan penuaan lebih cepat seperti gaya hidup dan faktor genetik. Proses penuaan terlihat pada kulit yang semula kencang menjadi keriput dan kendur.

Meski penuaan pasti akan terjadi, namun sejumlah cara bisa memperlambat efeknya. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami. Sayur-sayuran dan buah-buahan jika dikonsumsi secara rutin bisa berefek memperlambat proses penuaan.

Baca juga: Tiga Menu Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Berikut ini makanan alami yang berkhasiat memperlambat penuaan.

Buah beri

Kandungan antioksidan dalam buah ini cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga keremajaan tubuh. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang menyerang lewat polusi, sinar matahari, dan berbagai bahan-bahan kimia berbahaya. Radikal bebas adalah salah satu faktor yang mendorong penuaan dan menyebabkan bintik, kerutan, kulit kering dan kusam. Selain itu, berbagai vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Alpukat

Alpukat sangat bermanfaat untulk mencegah penuaan dini. Alpukat kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah, jauh dari keriput. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh dan serat dalam alpukat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker. Rutin mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol.

Baca juga: Reaksi Heru Budi Setelah Tahu Anak Buahnya Pamer Gaji di Medsos

Almond

Almond bermanfaat membantu memperbaiki kerusakan kulit lantaran mengandung vitamin E yang tinggi. Kandungan vitamin E tersebut Almond juga mengandung lemak yang baik untuk membantu menjaga kulit tetap lembab dan tahan terhadap sinar UV. Selain itu, makanan yang termasuk jenis kacang-kacangan ini tinggi serat yang dapat mencegah penyakit jantung dan diabetes tipe dua serta meninkatkan fungsi kognitif.

Semangka

Kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi dalam semangka menjadikan buah ini efektif untuk mencegah kulit keriput.

Bayam

Kandungan dalam sayuran ini banyak memiliki manfaat bagi kesehatan dan menjaga keremajaan tubuh. Fitonutrien pada sayur ini akan membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari. Bayam juga kaya akan beta-karoten dan lutein yang efektif untuk menjaga kekenyalan serta kelembapan alami kulit.

Tags
Kesehatan