Helo Indonesia

Manfaat Jalan Kaki Rutin, Menurunkan Tekanan Darah, Berat Badan Hingga Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Sabtu, 1 Juni 2024 18:05
    Bagikan  
JALAN KAKI
pixabay.com

JALAN KAKI - Ilustrasi jalan kaki pagi hari

HELOINDONESIA.COM - Pembahasan tentang manfaat jalan kaki memang tidak ada habisnya, karena olahraga yang murah meriah ini mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Bahkan dalam kesehariannya semua orang melakukan aktivitas berjalan kaki, namun tidak semua orang mengetahui manfaat berjalan kaki ini.

Para dokter jantung selalu menyarankan kepada pasiennya agar menyisihkan waktu untuk melakukan secara rutin olahraga dengan melakukan jalan kaki 30 hingga 60 menit saja setiap hari.

Baca juga: Memulai Adalah Sesuatu Hal Paling Berat Saat Anda Berolahraga Jalan kaki

"Sempatkan berolahraga pagi cukup jalan kaki selama 45 menit saja, sambil menggerak-nggerakan tangan biar sehat," ujar dokter spesialis Jatung RS Islam Surabaya, dr Abraham kepada heloindonesia.com dalam sebuah kesempatan.

Karena rata-rata pasien dr Abraham adalah para pengidap masalah tensi dengan tekanan tinggi dan selalu mewanti-wanti kepada semua pasiennya untuk menghindari makan gerengan.

Goreng sangat tidak bagus untuk kesehatan karena bisa meningkatkan kolestro tinggi pada tubuh Anda dan sangat tidak bagus untuk kesehatan, khususnya bagi lansia.

Untuk itu Abraham menyarankan agar semua pasien yang berobat kepadanya selalu disarankan agar berolahraga secara rutin setiap hari, cukup dengan jalan kaki setiap pagi atau sore.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Jalan Kaki, Begini Fakta Manfaat Berjalan Menurut Kesehatan

Di sisi lain dilansir laman halodoc.com menjelaskan untuk menjaga kesehatan sebenarnya cukup diperlukan berolahraga dengan jalan kaki bisa banyak membantu kesehatan tubuh manusia.

Beberapa manfaat lain, dari jalan kaki di antaranya meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan energi tubuh, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jatung, dan mengurangi stres.

Berikut ini manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh Anda dengan uraian singkat berikut:

Mengurangi stres
Anda melakukan olahraga jalan kaki secara rutin juga dapat memberikan manfaat seperti mengurangi rasa cemas hingga stres.

Menurut penelitian berjalan kaki selama 10 menit sama efektifnya dengan olahraga 45 menit dalam hal mengatasi cepas dan stres yang Anda alami.

Dengan gerakan aktif kadar hormon stres dalam tubuh secara otomatis akan menurun, hal ini berujung meredanya rasa khawatir dan cemas yang menyelimuti pikiran Anda.

Baca juga: Kematian Terjadi Lagi di Mojokerto Kini Korbannya Pejalan Kaki Lansia Ditabrak Pengendara Vixion dari Kediri

Kesehatan sendi
Selain menjaga stres jalan kaki secara rutin juga mampu melancarkan aliran darah bagi seluruh tubuh Anda di samping menguatkan otot dan sendir.

Untuk itu lakukan aktivitas ini secara rutin agar cairan sendiri akan terus berproduksi, dimana cairan sendi ini mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan sendi.

Kesehatan jatung
Jika Anda melakukan aktivitas jalan kaki setiap hari secara rutin makan kesehatan jantung secara keseluruhan akan terjaga.

Bahkan aktivitas satu ini (jalan kaki) mampu mengatasi risiko penyakit jatung hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian terhadap pengidap jantung hingga 32 persen, lakukan aktivitas jalan kaki dengan kecepatan 3,2 per jam.

Baca juga: Tips Awet Muda untuk Menjaga Kesehatan Kulit setelah Usia 25

Tekanan darah
Dengan berjalan kaki bagi Anda yang mengidap tekanan darah tinggi juga dianjurkan untuk melakukan aktivitas jalan kaki yang bisa mengurangi tekanan darah sistolik hingga mencapai 3,8 mmHg dan tekanan darah diastolik hingga mencapai 0,3 mmHg.

Tentu saja ini juga harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat dan memanfaatkan obat-obatan yang disarankan dokter sehingga tekanan dengan mudah dapat diatasi.

Bagi lansia jalan kaki sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan jalan kaki dapat memperkuat otot tubuh lansia yang kendur seiring dengan bertambahnya usia.

Otot yang kuat akan membantu menjaga keseimbangan tubuh lansia sehingga mengurangi risiko jatuh.

Baca juga: Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata, 3 Manfaat Wortel untuk Kulit Sehat dan Glowing

Energi tubuh
Manfaat jalan kaki bagi lansia sangat dirasakan untuk meningkatkan energi dalam tubuh lansia, dengan melakukan jalan kaki rutin setiap hari setidaknya 20 menit akan dirasakan manfaatnya secara langsung.

Menurutkan BB
Dengan berjalan kaki ternyata memiliki banyak manfaat selain kesehatan juga dapat menurunkan berat badan tubuh, yang berarti menurunkan risiko terjadinya obesitas.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dianjurkan melakukan jalan kaki minimal 10 ribu langkah setiap hari, dengan sambil menjaga pola makan, Anda akan mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Sering Dianggap Sepele, 7 Manfaat Kuaci untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kualitas tidur
Meurut penelitian dengan melakukan aktivitas jalan kaki secara konsisten setiap hari setidaknya 10 ribu langkah akan mamu membuat jam tidur Anda akan menjadi lebih baik.

Seterusnya dengan durasi tidur Anda yang berkualitas selanjutnya memiliki istirahat berkualitas dan dampaknya bagi tubuh akan lebih aktif secara fisik.

Jika fisik Anda aktif karena mudah digerakan, maka dalam kualitas tidur Anda pun akan lebih nyanyak dan secara oitomatis akan lebih berkualitas. **