Helo Indonesia

Memulai Adalah Sesuatu Hal Paling Berat Saat Anda Berolahraga Jalan kaki

Sabtu, 1 Juni 2024 16:47
    Bagikan  
JALAN BERSAMA
dodohawe/ heloindonesia.com

JALAN BERSAMA - Jalan kaki bersama teman memang lebih menyenangkan jika dibanding berjalan sendirian, untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jalan kaki

HELOINDONESIA.COM - Usir rasa malas Anda jika ingin melakukan aktivitas olahraga jalan kaki di pagi atau sore hari dengan melakukan secara rutin, setiap hari.

Sebelum Anda melakukan aktivitas berjalan pagi secara rutin, carilah lokasi yang cukup memadai, sebisanya bebas dari aktivitas kendaraan bermotor.

Di jalanan perumahan besar biasanya memiliki ruas jalan yang sepi dengan pepohononan yang rindang sangat ideal untuk melakukan aktivitas jalan kaki Anda.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Jalan Kaki, Begini Fakta Manfaat Berjalan Menurut Kesehatan

Agar Anda tidak jenuh sebaiknya bisa mencari teman atau patner untuk diajak berjalan kaki bersama secara rutin di sebuah tempat, yang sepi.

Lakukanlah secara rutin mungkin setiap pagi atau sore dengan mematok waktu yang cukup, misalkan berjalan selama 30 menit, 45 menit hingga 1 jam.

Jika baru memulai untuk mencoba hidup sehat dengan berjalan kaki yang lebih aktif, maka tidak perlu terlalu terfokus dengan target seberapa jauh Anda berjalan.

Baca juga: Kematian Terjadi Lagi di Mojokerto Kini Korbannya Pejalan Kaki Lansia Ditabrak Pengendara Vixion dari Kediri

Hal yang paling penting adalah melakukannya secara konsisten dan perbanyak jumah langkah per hari sesuai kemampuan, hingga mencapai target yang diinginkan.

Berjalan hingga mencapai 10 ribu langkah per hari bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang, khususnya mereka yang menghadapi berbagai hambatan untuk berjalan lebih sering.

Meskipun demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak langkah dari berbagai aktivitas sehari-hari, antara lain:

- Lebih banyak menggunakan tangga dibandingkan lift atau eskalator untuk menambah jumlah langkah berjalan Anda.
- Jika Anda bekerja berjalan-jalanlah saat istirahat makan siang, berbicara di telepon atau di saat melakukan pekerjaan.
- Memilih menggunakan toilet atau ruang pertemuan dengan jarak yang lebih jauh.
- Turun dari kendaraan di tempat yang lebih jauh agar bisa berjalan hingga ke tempat tujuan.
- Jika memungkinkan, berjalan kaki saat pergi dan pulang dari tempat tujuan, misalnya sekolah, kantor, tempat perkumpulan, dan sebagainya.
- Menjeda kegiatan yang tidak aktif dan selingi dengan berjalan kaki.

Baca juga: Tips Awet Muda untuk Menjaga Kesehatan Kulit setelah Usia 25

Sedangkan untuk menambah langkah maka sebaiknya tingkatkan durasi berjalan sekitar 30 menit setiap hari hingga mencapai target waktu yang dinginkan.

Waktu 30 menit kira-kira setara dengan 2 ribu hingga 4 ribu langkah tergantung kecepatan dan lebar langkah masing-masing.

Setelah itu, tingkatkan jumlah langkah hingga mencapai target yang diinginkan, misalkan ingin meraih angka 10 ribu langkah 3 hari seminggu untuk mendapatkan manfaat yang signifikan bagi kesehatan.

Baca juga: KRIS BPJS Kesehatan Baru Pemerataan Perawatan, Tidak Ada Kelas-kelas Lagi

Anda bisa terus meningkatkan waktu berjalan Anda dari 3 hari seminggu menjadi 4 hingga 5 hari dalam seminggu, agar Anda bisa lebih sehat lagi.

Jika sekarang Anda telah mengetahui jumlah langkah per hari yang harus dilakukan untuk mendapatkan tubuh lebih sehat dengan menambah langkah, kecepatan langkah, hingga mungkin berlari kecil.

Jika Anda memiliki target yang lebih spesifik seperti misalnya memperkuat otot atau menurunkan berat badan, sebaiknya tingkatkan intensitas jalan kaki yang dilakukan. **