Helo Indonesia

Beredar Isu, Mentan SYL Bakal Jadi Tersangka di KPK, Netizen: Suara Nasdem Kuat di Sulsel.

Kamis, 15 Juni 2023 01:52
    Bagikan  
Mentan Syahrul Yasin Limpo
Instagram / @pedeoproject

Mentan Syahrul Yasin Limpo - Mentan Syahrul Yasin Limpo dituliskan bakal menjadi tersangka oleh KPK. (Foto: screenshut / @pedeoproject)

HELOINDONESIA.COM - Beredar isu yang mengatakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) dikabarkan bakal menjadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Isu ini disampaikann  oleh akun @pedeoproject di Instagram.  Disebutkan, hal tersebut diketahui dari informasi tertutup (juga bisa disebut terbatas) yang diterima Pedeo Project pada Rabu (14/6/2023) siang.

Kemudian diungkapkan, dalam informasi terbatas itu disebutkan bahwa SYL (Syahrul Yasin Limpo) selaku Menteri Pertanian 2019-2024 bersama-sama dengan KSD (Sekjen Kementerian Pertanian 2021 s/d sekarang) dan HTA (Direktur Pupuk Pestisida 2020-2022/Direktur Alat Mesin Pertanian tahun 2023) telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi (TPK).

TPK yang dimaksud adalah Pasal 12E dan atau Pasal 12B UU No. 20/2001 tentang Perubahan atas UU 31/1999 dan Pasal 3 UU No. 8 Tahun 2010 tentang TPPU juncto Pasal 56 dan Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Baca juga: Pengusaha Singapura Ditembak Mati Orang Tidak Dikenal di Kota Resor Filipina

Lantas disebutkan, dari informasi terbatas itu diketahui jika penyelidikan terhadap SYL dkk sudah dimulai sejak 16 Januari 2023 dengan Nomor:  spnn.lidik-05/Lid.01.00/01/xxxx.

Sumber ini mengatakan, rencana penetapan SYL sebagai tersangka itu disebut sudah mendapat persetujuan pimpinan KPK. "ACC SIDIK SESUAI KESIMPULAN, SEGERA NAIK SIDIK DENGAN 3 TSK," bunyi perintah yang tercantum dalam informasi tersebut.

SYL dkk diduga terseret kasus dugaan penyalahgunaan SPJ yang notabene termasuk keuangan negara (Pasal 2 atau Pasal 3 UU Tipikor). Selain itu, menteri dari Partai Nasdem itu juga diduga terlibat dalam kasus gratifikasi, suap-menyuap, pembantuan, bersama-sama perbuatan berlanjut, penggabungan beberapa perkara dll.

Di bagian akhir disebutkan pula disclaimer: Hingga berita ini diturunkan, pihak KPK belum bisa memberikan komentar.

Baca juga: Sandiaga Uno Resmi Gabung ke PPP, Netizen: Jangan Lompat Lagi Ya, Dosa Besar Melompati Kabah

DI kolom komentar ada juga netizen yang meragukan informasi ini, tapia da juga yang langsung memberikan penilaian.

Seperti akun @yudi_permansky, dia menyebut informasi ini hoaks, “Hoaks nih.. mendahului proses penyidikan.. bikin gaduh aja.. KPK aja belum mengumumkan resmi.. bikin gaduh aja,” tulisnya. “Belum ada info resmi dari KPK,” tambah @ farih_dwinp.

“Seriusan. hoax gak nih, klo beneran. asik bnget ni 2024. bnyak yg akan komentar merasa terzolimi. bayangkan oerbuatan salah di bilng merasa terzolimi ucap pendukung nya wkwkkwkw,” tulis @perkakasjaya.

“Pak Surya masih yakin berseberangan dg penguasa untuk hajat 2024? Indonesia memang sweruuu...,” @trisno_muhamad18.

Baca juga: Menguasai Pertandingan, Timnas Indonesia Ditahan Imbang 0-0 oleh Palestina

“Suara nasdem kuat di sulsel makanya orang hebat nasdem di sikat habis,” tulis netizen albart2002.

“Gimana nih pak, tahun ini udah 2 menteri aja asal partai bapak @official_nasdem,” tulis netizen @ariiiprawibowo. (*)

(Winoto Anung)