Helo Indonesia

Bandara Internasional Dhoho Kediri Resmi Dioperasionalkan Mulai 5 April 2024

Edo - Ekonomi
Rabu, 3 April 2024 20:44
    Bagikan  
DHOHO KEDIRI
ig @garudainfrastructure

DHOHO KEDIRI - Bandara Internasional Dhoho Kediri akan mulai beroperasi pada 5 April 2024 besuk.

HELOINDONESIA.COM - Setelah tertunda beberapa kali penerbangan Bandara Internasional Dhoho Kediri akhirnya memiliki kepastian mulai hari operasionalnya.

Penerbangan pedana bandara internasional ini akan dimulai pada Jumat, 5 April 2024 besuk.

Maskapai Citilink bakal menjadi pesawat yang pertama kali mendarat dan pertama kali terbang dari bandara di wilayah Selatan Jawa Timur ini.

Dalam penebangan perdananya Citilink bakal menggunakan pesawat jenis Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan rute Jakarta - Kediri - Jakarta.

Baca juga: Bandara Internasional Dhoho Kediri Dibuka Pertengahan Januari 2024, Berikut Jadwal Penerbangan Perdana

Kepastian penerbangan perdana dari Citilink disampaikan GM PT Angkasa Pura I Bandara Dhoho Kediri, I Nyoman Noer Rohim, Kamis (3/4/2024).

Kepastian Citilink dengan membuka penerbangan domestik rute baru Jakarta-Kediri (CGK-DHX) dan sebaliknya terhitung mulai 5 April 2024 nanti.

Selanjutnya pasca inaugural flight atau penerbangan pedana, Citilink bakal beroperasional secara regular dua kali dalam seminggu, setiap hari Selasa dan Sabtu.

Sudah ada jadwal dari rencana penerbangan yang ditetapkan dari Citilink yakni pada hari Selasa berangkat dari Soekarno-Hatta pukul 08:40 WIB dan jadwal tiba pukul 10:10 WIB.

Baca juga: Landing Pedana Bandara Intersional Dhoho Kediri 8 November 2023, Sudah 4 Maskapai Penerbangan Bernego Turut Serta

Kemudian untuk keberangkatan dari Bandara Dhoho Kediri pada pukul 10:50 WIB dan tiba di Jakarta pukul 12:20 WIB.

Sementara untuk penerbangan hari Sabtu jadwal keberangatan dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 05:50 WIB, tiba di Kediri pukul 07:20 WIB.

Sedangkan keberangkatan dari Bandara Dhoho Kediri pada pukul 08:00 WIB dan tiba di Jakarta pukul 09:30 WIB.

Baca juga: Bandara Internasional Dhoho Kediri Diperkirakan Bakal Melakukan First Landing Pada September-Oktober 2023

Diharapkan penerbangan dari Citilink di Bandara Dhoho mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Kediri dan sekitarnya.

Selain Citilink ada dua maskapai yang lainnya yang sudah mendapatkan izin rute dari Kementerian Perhubungan sejak awal tahun 2024 lalu.

Dua maskapai penerbagan itu masing-masing adalah Batik Air dengan rute penerbangan Kediri-Jakarta (CGK-DHK), Keidiri - Bali (DHX-DPS) dan Kediri - Palembang (DHX - PLM).

Baca juga: Ini Faktanya, Ada Pil Koplo di Dalam Mobil Luxio yang Disambar KA Dhoho di Jombang Hingga Menewaskan 6 Orang

Maskapai yang kedua adalan Super Jet dengan persetujuan lima rute baru yaitu:

Rute Kediri - Banjarmasin (BDJ-DHX)
Rute Kediri - Balikpapan (BPN-DHX)
Rute Kediri - Makassar (UPG-DHX)
Rute Kediri - Bali (DPS-DHX)
Rute Kediri - Palembang (PLM-DHX).

Baca juga: Inilah Daftar Korban Mobil Luxio Disambar KA Dhoho Tewaskan 6 Penumpang Warga Sidoarjo, Sebagian besar Penumpang Remaja Belasan Tahun

Selanjutnya pada awal April 2024 maskapai penerbangan di bawah Lion Air Grup juga sudah tercatat akan turut meramaikan penerbangan di Bandara Dhoho, namun belum merilis rute penerbangan mereka. **