Helo Indonesia

Trip Karimunjawa! Keseruan Melihat Habitat Ikan Nemo di Terumbu Karang Bawah Laut Jawa

Minggu, 2 Juni 2024 07:45
    Bagikan  
SPOT NEMO
dodohawe/ heloindonesia.com

SPOT NEMO - Sejumlah wisatawan melihat keindahan bawah laut termasuk menyelam di habitat ikan Badut di perairan Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

HELOINDONESIA.COM - Jika Anda melakukan perjalanan wisata ke Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah,  melakukan trip menyelam bawah laut yang paling mengasyikan.

Khususnya untuk Anda yang menyukai petualangan bawah laut, sangat menyenangkan dengan kehidupan trumbu karang dan ikan-ikan warna warni yang sangat dantik dan indah.

Tidak ada habisnya untuk mengeksplorasi kehidupan bawah laut di sekitar Kepulauan Karimunjawan, yang memiliki 27 pulau dengan pantai pasir putih dengan kehidupan laut khususnya melihat habitat ikan badut.

Baca juga: Perjalanan Open Trip Karimunjawa Dari Menyaksikan Habitat Ikan Nemo Hingga Uji Nyali Masuk ke Kolam Ikan Hiu

Menyelam di habitat ikan badut, sang bintang film animasi Nemo merupakan spot paling polpular dan banyak digemari para wisatawan yang ingin berfoto di dasar laut.

Ikan Badut atau ikan Nemo ini biasanya ditemukan di perairan hangat, termasuk banyak di jumpai di perairan kepulauan Karimunjawa, ada banyak spot habitat ikan ini.

Secara umum ikan Badut terdapat di Laut Merah dan Samudera Pasifik, hidup di terumbu atau laguna yang terlindung, dan hidup di anemon.

Baca juga: Pengalaman Open Trip ke Pulau Karimunjawa Dari Surabaya Via Pelabuhan Kartini Jepara

Ikan badut memakan berbagai invertebrata kecil dan alga, serta sisa makanan yang ditinggalkan anemon dan hidup di kedalaman 1-12 meter dari permukaan.

Di perairan Karimun untuk mendapatkan habitat ikan Badut cukup banyak ditemukan dengan kedalaman yang masih terjangkau para penyelam amatiran karena tidak terlalu dalam.

Jika Anda menggunakan jasa trip penyelaman di Karimunjawa biasanya sudah termasuk jasa pemotretan dan video untuk bawah laut bersama ikan-ikan cantik termasuk habitat ikan Badut.

Baca juga: Mengenal Wilayah Kepulauan Karimunjawa Jepara, Surga Bagi Wisatawan Penggemar Snorkeling Dunia

Anda yang tidak bisa berenangpun tidak ada masalah jika ingin foto bersama ikan nemo, dengan sedikit keberanian Anda bisa berpose dengan menyelam dipandu penyelam profesional di kedalaman sekitar 4-5 meter saja.

Namun bagi Anda yang bisa berenang akan sangat membantu untuk mendapatkan spot menarik di dasar karang yang dihuni ikan Badut.

Pemandu menyelam akan membantu Anda untuk mencapai di dasar karang dimana ikan Badut sedang berkerumun di terumbu karang yang bergerak-gerak.

Setelah Anda berada di dasar karang, di sana sudah disiapkan seutas tali untuk berpegangan, tepat di depan Anda nanti ikan-ikan badut akan menari-nari di depan wisatawan.

Baca juga: Inilah Daftar Harga Tiket KM Ferry Sigijai Tujuan Pelabuhan Kartini Jepara-Karimunjawa Pulang Pergi

Saat itu, Anda harus segera bersiap untuk berekspresi, musalkan melambaikan tangan atau seolah-olah Anda berenang di dasar laut yang dalam, di depan Anda penyelam lain sudah siap mengabadikan foto dan video saat berhadapan dengan ikan Badut.

Mengatur pernafasan menjadi hal yang sangat penting di dalam air, sehingga Anda harus pandai untuk lebih lama di dalam air agar mendapatkan foto-foto dan video yang indah saat melakukan penyelaman.

Menyelam di habitat ikan Badut bisa dilakukan siapa saja, asal ada keberanian untuk menyelam di kedalaman sekitar 4 mater -an, bahkan lansia pun bisa melakukannya.

Baca juga: Transportasi Jepara-Karimunjawa Pulang Pergi, Harga Tiket dan Cara Membelinya

Anda juga bisa melakukan penyelaman di habitat ikan Badut dengan ekspresi lebih bagus, misalnya dengan melepas masker pelindung mata.

Hanya saja untuk membuka mata di dalam air laut cukup pedas, namun jika Anda mampu melakukannya saat menyelam, Anda akan mendapatkan foto atau video terbaik.

Tidak banyak wisatawan yang melakukan aksi ini, namun ada beberapa wisatawan yang mampu melakukannya, sehingga memiliki keberuntungan mendapatkan sudut pengambila foto dan video terbaik jika mampu dilakukan di hadapan ikan Badut.

Seorang wisatawan asal Sidoarjo, Bambang Soejadi mampu melakukan aksinya foto bersama ikan Badut tanpa menggunakan masker untuk menyelam.

Baca juga: Jadwal Terbaru Keberangkatan Kapal dari Jepara-Karimunjawa PP, KMC Express Bahari Lebih Cepat

Pria berusia 71 tahun ini mengaku merasakan lebih pedas dibanding membua mata di dalam air tawar, karena memang air laut mengandung garam sehingga wajar akan terasa lebih pedih di mata.

Berenang di laut juga lebih mudah di banding ketika berenang di air tawar, mengingat volume kandungan garam air tawar yang asin akan mampu memberi tekanan lebih kepada benda yang ada di dalam laut, termasuk jika kita berenang di laut.

Bambang Soejadi mengatakan dirinya tidak ada masalah berenang di dalam air laut, karena dia sendiri sudah terbiasa berenang di kolam renang.

Baca juga: Perjalanan Wisata Karimunjawa dari Surabaya Lewat Jepara, Hitung Pengeluaran Anda

"Ini sebenarnya pengalaman saya yang pertama menyelam ke dasar karang untuk melihat habitat ikan hias laut dari dekat. Dan tidak ada masalah dengan kesehatan saya, meskipun sudah berusia 71 tahun," ujar Bambang kepada heloindonesia.com.

Bambang mengungkapkan dia melihat wisatawan yang datang di Karimunjawa sebagian besar adalah wisatawan dengan usia muda, hanya satu dua orang yang terlihat wisatawan berusia lansia.

Pada hal para lansia jika sehat, sebenarnya tidak ada masalah melakan perjalan wisata seperti ini, justru ini merupakan perjalanan yang menyenangkan dan menarik bisa melakukan hal ini. **