bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Perjalanan Wisata Karimunjawa dari Surabaya Lewat Jepara, Hitung Pengeluaran Anda

Jumat, 3 Mei 2024 09:17
    Bagikan  
DESTINASI WISATA: Berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa, wisatawan bisa mengunjungi 27 pulau yang ada
DESTINASI WISATA: Berkunjung ke Kepulauan Karimunj

DESTINASI WISATA: Berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa, wisatawan bisa mengunjungi 27 pulau yang ada - DESTINASI WISATA: Berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa, wisatawan bisa mengunjungi 27 pulau yang ada di tempat tersebut. Foto: Ist.

HELOINDONESIA.COM - Karimunjawa merupakan destinasi wisata laut yang memiliki keindahan dasar laut terbaik di Indonesia, dengan aneka ragaman hayati yang dimiliki.

Karimunjawa berada di wilayah Kabupaten Jepara, yang memiliki jarak cukup jauh dengan Kota Surabaya dan dapat ditempuh melalui jalur darat.

Menu Karimunjawa ada dua opsi perjalanan melalui pelabuhan di Semarang dan pelabuhan di Jepara, yang memiliki lebih banyak kapal penyeberangan.

Baca juga: Wisata Alam Curug Gombong: Pesona Alam Yang Menakjubkan

Jika Anda melakukan perjalanan secara personal dari Kota Surabaya memang cukup rumit, karena harus naik bus dari Terminal Bungurasih dengan tarif sekitar Rp160 ribuan.

Tidak banyak bus menuju Jepara sebaiknya Anda harus terlebih memastikan tentang keberangkatan bus dari Terminal Bungurasih, Sidoarjo dan perkiraan sampai di Terminal Jepara, untuk menyesuaikan jadwal kapal penyeberangan ke Karimunjawa.

Setelah sampai di Terminal Jepara, Anda masih harus naik angkutan menuju Pelabuhan Penyeberangan Kartini, ada ojek yang mudah dicara dengan berjarak sekitar 2 km.

Keuntungan menyeberang dari Pelabuhan Penyeberangan Kartini adalah jadwal kapal penyeberangan ada setiap hari menuju Karimunjawa.

Baca juga: Menikmati Wisata Alam Setigi Selo Tirto Giri dengan Keindahan Alam yang Memukau

Sehingga Anda tidak perlu khatir akan transportasi dari Jepara menuju Pulau Karimunjawa, baik kapal Ferry seperti KMP Siginjai dengan lama perjalanan 4,5 jam, ada juga kapal ekspres seperti KM Bahari lebih cepat perjalan sekitar 2 jam tentu dengan harga berbeda.

Untuk harga tiket KM SInginjai jika belum ada perubahan tiket VIP, Rp170 ribudan Ekonomi Rp130 ribu dan anak-anak Rp80 ribu.

Sedangkan harga tiket kapal Expres Bahari dengan tiket seharga Rp200 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp230 ribu untuk kelas VIP.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Pariwisata Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Manado- Denpasar PP

Selanjutnya setelah Anda tiba di Pulau Karimunjawa disarankan Anda menyewa sepera motor tahun 2022 harga sewa sepeda motor Rp75 ribu dan Rp500 untuk mobil dalam waktu 24 jam.

Untuk penginapan di Karimunjawa Anda bisa berkomukasi dengan warga dengan mencari homestay warga dengan harga Rp100 ribi hingga Rp200 ribuan.

Waktu yang tepat berwisata ke Karimunjawa adalah pada Bulan Maret hingga Pertengahan Desember, hal ini tekait keamanan dan kenyamanan cuaca dan gelombang laut.

Di luar bulan itu, biasanya diliputi adanya gelombang tinggi dan angin kencang, hal ini yang berdampak terhadap aktivitas pelayaran.

Baca juga: Kemenparekraf Kick Off Akselerasi Sertifikasi Halal Produk Makanan dan Minuman di 3.000 Desa Wisata

Setelah Anda di Karimunjawa ingin melakukan penyelaman atau snorkeling Anda bisa mencari paket baik pribadi maupun paket kelompok.

Menurut nautikakarimunjawa.com paket snorkeling one day trip, tentu saja dengan jumlah yang banyak paket penyelaman akan semakin murah.

Ada beberapa paket dengan harga lebih murah jika berjumlah di atas 10 orang dengan paket private trip dan open trip atau sharing trip dengan tarip sebagai berikut:

Untuk opentrip/sharing trip per orang dikenakan Rp250 ribu.

Sedangkan untuk private trip dengan rincian sebagai berikut:

1. Untuk 2 pax atau dua orang dikenakan Rp650 ribu per pax
2. Untuk 4 pax untuk 4 orang Rp400 ribu per pax
3. Untuk 6 pax untuk 6 orang Rp350 ribu per pax
4. Untuk 8 pax untuk 8 orang Rp300 ribu per pax
5. Untuk 10 pax ke atas 10 orang atau lebih Rp250 per pax.

Baca juga: Pulau Tirangan Demak, Tanah Timbul dari Sedimentasi Lumpur yang Kini Jadi Wisata Favorit

Paket di atas sudan termasuk sewa kapal, gude lokal berpengalaman, hingga peralatan snorkeling lengkap beserta lifejacket (pelampung).

Selain itu mendapat fasilitas makan siang di tengh pulau, air mineral, tiket masuk, P3K, dokumentasi bawah laut hingga 4 sport, snorkeling yang meliputi 2 kali dan pantai atau pulau dua kali dengan durasi waktu jam 09:00 hingga 5 sore WIB. **