bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Mengenal Wilayah Kepulauan Karimunjawa Jepara, Surga Bagi Wisatawan Penggemar Snorkeling Dunia

Selasa, 7 Mei 2024 20:22
    Bagikan  
GERBANG MASUK
dodo hawe/ heloindonesia.com

GERBANG MASUK - Pelabuhan menjadi gerbang utama masuknya par wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung ke Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

HELOINDONESIA.COM - Karimunjawa pasti Anda sangat mengenal nama daerah ini, Karimunjawa sebenarnya merupakan kepulauan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang dikenal dengan destinasi wisata lautnya.

Karimunjawa merupakan wilayah Kecamatan yang memiliki sebanyak empat desa tersebar diempat pulau yang berbeda kepulauan itu, yang berjarak sekitar 87 km dari Pelabuhan Kartini Jepara.

Keempat desa itu antara lain adalah Desa Karimunjawa, Desa Kemujan, Desa Parang dan Desa Nyamuk, dengan populasi jumlah penduduk seluruhnya mencapai 10.5 ribuan.

Baca juga: Inilah Daftar Harga Tiket KM Ferry Sigijai Tujuan Pelabuhan Kartini Jepara-Karimunjawa Pulang Pergi

Meskipun hanya empat desa, Kecamatan Karimunjawa juga memiliki fasilitas pemerintahan setara wilayah Kecamatan pada umumnya dengan Kantor Kecamatan, Kantor Koramil, hinggal Polsek dll.

Kondisi wilayah Kecatan Karimunjawa meliputi empat desa yang berada di tiga pulau sekitar Pulau Karimunjawa, sementara dua desa berada di Pulau Karimunjawa.

Dua desa itu adalah Desa Karimunjawa dan Desa Kemujan, sedangkan dua desa yakni Desa Parang dan Desa Nyamuk berada dua pulau yang berbeda berikut penjelasannya:

Baca juga: Transportasi Jepara-Karimunjawa Pulang Pergi, Harga Tiket dan Cara Membelinya

Desa Karimunjawa
Desa ini memiliki jumlah penduduk paling padat di Kecamatan Karimunjawa dengan populasi penduduk sekitar 6 ribuan-an dengan jumlah dusun sebanyak 8 dusun atau pedukuhan masing-masing adalah:
1. Dusun Kapuran
2. Jatikerep
3. Legon Boyo
4. Legon Goprak
5. Alang-alang
6. Nyamplungan
7. Cikmas
8. Kemloko.

Desa Karimunjawa menjadi tumpuhan wilayah kecamatan ini, karena memliki fasilitas paling lengkap, dengan tumpuan ekonomi dari sektor pariwisata.

Selain di desa ini memiliki banyak operator tour khususnya untuk snorkeling, juga memiliki sejumlah tempat wisata dan pantai yang indah seperti:

Pantai Boby, Dukuh Kapuran, Desa Karimunjawa, Bukit LOVE, Dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa dan Pantai Ujung Gelam, Dusun Alang-alang, Desa Karimunjawa.

Baca juga: Jadwal Terbaru Keberangkatan Kapal dari Jepara-Karimunjawa PP, KMC Express Bahari Lebih Cepat

Desa Kemujan
Desa Kemujan merupakan desa terbesar kedua terletak di sisi bagian Timur Pulau Karimunjawa yang memiliki populasi jumlah penduduk sekitar 4 ribuan, dengan memiliki 10 pedukuhan atau dusun, antara lain:
1. Kemujan
2. Legonipah
3. Legonjelamun
4. Telaga
5. Legon Bajak
6. Batu Lawang
7. Mrican
8. Legon pinggir
9. Legon tengah
10. Pulo genting.

Baca juga: Perjalanan Wisata Karimunjawa dari Surabaya Lewat Jepara, Hitung Pengeluaran Anda

Desa Parang
Desa Parang, desa yang terletak di Pulau Parang, kepulauan Karimunjawa dengan populasi penduduk sekitar 2 ribuan orang.

Desa Parang memiliki dari 2 Pedukuhan, dengan 3 RW dan 9 RT berjarak sekitar 11 Mil (2 jam perjalanan menggunakan kapal nelayan) dari Karimunjawa.

Desa Parang hanya memiliki sebuah kapal cepat sebagai sarana transportasi umum untuk pergi keluar masuk pulau.

Pulau Parang merupakan pulau tertua yang ada di Kecamatan Karimunjawa, dengan luas sekitar 744 Ha.

Baca juga: Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara Miliki 27 Pulau yang Bisa Dukunjungi Wisatawan, Apa Saja Pulau-Pulaunya?

Secara Administratif Pusat Pemerintahan Desa Parang berada di Pulau Parang yang terdiri dari 3 RW dan 9 RT, dengan luas wilayah daratan 709,2 Ha.

Desa ini memiliki 3 pulau, antara laiin Pulau Parang dengan luas 691 Ha, Pulau Kembar memiliki 6,7 HaP dan Kumbang dengan luas 12,5 Ha.

Desa Parang terdiri dari 2 Pedukuhan masing-masing bernama Pedukuhan A dan Pedukuhan B.

Baca juga: Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara Miliki 27 Pulau yang Bisa Dukunjungi Wisatawan, Apa Saja Pulau-Pulaunya?

Desa Nyamuk
Desa Nyamuk merupakan desa yang paling baru di Kecamatan Karimunjawa yang diresmikan pada 8 Agustus 2011.

Sebelumnya, wilayah Nyamuk termasuk bagian dari Desa Parang yang berada di Pulau Parang kepulauan Karimunjawa dengan populasi penduduk sekitar 1.000 orang.

Luas wilayah Pulau Nyamuk sekitar 125 hektare, yang memiliki 2 RW dengan 4 RT, dengan jumlah penduduk 950 an jiwa pada tahun 2020 lalu.

Baca juga: Respons Cepat Pengaduan Nelayan, KKP Sidak Operasional Tambak Udang Karimunjawa

Soal kebutuhan transportasi, Desa Nyamuk memiliki kapal dari Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara dengan rute Karimunjawa-Nyamuk-Parang, dengan ongkos sekali jalan Rp 37 ribu.

Sedangkan untuk jadwalnya seminggu sekali pada hari Senin dari Karimunjawa ke Desa Nyamuk dan Parang.

Kemudian pada Rabu pagi kembali lagi ke Desa Nyamuk dan ke Karimunjawa, biayanya Rp35 ribu ditambah Rp2 ribu untuk asuransi. **