bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

5 Wisata Berhawa Sejuk di Kabupaten Semarang, Cocok Banget untuk Healing

Kamis, 22 Februari 2024 08:29
    Bagikan  
5 Wisata Berhawa Sejuk di Kabupaten Semarang, Cocok Banget untuk Healing

Keindahan Wisata Mawar Camp Area, Taman Bunga Celosia, dan Candi Gedong Songo di Kabupaten Semarang. Foto-foto: IG/dok/Bobobox

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Saat penat menggelayuti ketika tugas kantor menumpuk, tak ada salahnya untuk menghirup udara segar sembari refreshing dan healing. Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, bisa Anda jadikan tempat pelarian untuk mendapatkan suasana alam berhawa sejuk. Sejak dulu daerah ini menjadi jujugan wisatawan karena punya seabrek wisata populer yang moncer dan menjadi unggulan wisata Jateng.

Apa saja sih ragam destinasi yang bisa dieksplor dan kunjungi bersama keluarga, sahabat atau orang-orang terdekat? Jika Anda ingin meluangkan waktu berlibur pekan ini, lima wisata berhawa sejuk ini bisa menjadi alternatif. Dijamin bisa bikin nyaman dan meninggalkan kesan.

1. MAWAR CAMP AREA
Mawar Camp merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di kaki Gunung Ungaran untuk wisatawan yang ingin bermalam dengan suasana pemandangan alam pegunungan. Boleh jadi camping ground ini dijadikan alternatif bagi wisatawan yang hendak mendaki gunung tapi khawatir fisiknya tak kuat.

Fasilitas yang disediakan pun lengkap, seperti Taman Mini, warung kelontong, masjid, kamar mandi, hingga persewaan alat tenda untuk bermalam.

Keunggulan tempat camping ini yaitu memiliki panorama alam sekitarnya yang indah. Wisatawan akan menemukan panorama sekitar yang menakjubkan, seperti sedang melayang di negeri atas awan. Dan apabila berkunjung di sore hari, pemandangan matahari terbenam dari kawasan Mawar Camp juga terlihat begitu menakjubkan.

Baca juga: Jelajahi Desa Wisata Paranggupito, Eloknya Pantai Klotok dan Atraksi Budaya

Melewati malam ini, pengunjung tak bakal jenuh karena bisa melakukan beragam aktivitas menyenangkan, mulai dari memanggang jagung bakar, barbeque, hingga bersantai sembari menikmati panorama city light yang indah.

Penasaran camping sambil menikmati malam yang indah? Bermalamlah di Mawar Camp yang beralamat di Jl Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Harga tiket masuk mulai dari Rp15.000 per orang

Sebelum melakukan kegiatan berkemah, pengunjung yang memasuki area Mawar Camp perlu membayar tiket masuk. Harga tiketnya masih terjangkau hanya Rp15.000. Namun belum termasuk biaya parkir dan biaya untuk berkemah. Seperti menyewa tenda berkemah, sewa perlengkapan tenda dll.

Tiket Masuk Reguler Camp                        Rp 15.000
Sewa Tenda dan Perlengkapan Berkemah Rp5.000 – Rp100.000
Guide Per Hari                                            Rp200.000
Porter Per Hari                                            Rp400.000
Range Harga Paket Tenda                          Rp135.000-Rp300.000
Paket Camping                                           Rp120.000-Rp170.000
Paket Trekking                                            Rp230.000-Rp550.000

2. ELING BENING
Jika Anda singgah di Ambarawa, temukan wisata dan restoran dengan keindahan yang luar biasa pada ketinggian 700 mdpl. Tempat wisata yang bernama Eling Bening ini, menawarkan pemandangan alam yang eksotik. Di sana, wisatawan bisa memanjakan matra oleh pemandangan pegunungan, danau, persawahan serta lanskap kota Ambarawa.

Baca juga: Pemkot Semarang Juara Paritrana Award 2024, Begini Terobosan yang Dilakukan

Eling Bening adalah resort yang menggabungkan aktivitas rekreasi dengan beragam fasilitas lengkap. Berada tidak jauh dari danau rawa pening berpagar deretan 8 pegunungan dan area persawahan. Semuanya siap memberi kenyamanan wisatawan yang berekreasi ke tempat wisata ini.

Letak wisata ini berada di Jalan Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen. Selain panorama indah, kawasan ini menyediakan fasilitas lengkap, seperti kolam renang, kafe, restoran, tempat outbound, camping ground dan meeting room. Mengutip dari travelpromo.com, Harga Tiket Masuk Eling Bening relatif terjangkau. Mulai dari Rp30.000 – Rp35.000.

3. TAMAN BUNGA NEW CELOSIA 
Berkunjung ke Taman Bunga New Celosia Bandungan, kita seperti berada di negeri dongeng. Panorama pegunungan Ungaran merupakan daya tarik utama taman rekreasi ini.

Celosia

Sepanjang perjalanan menuju ke loket tiket, terdapat pagar berbentuk pensil raksasa warna-warni. Sebagai tambahan di sekitar pagar terdapat bunga warna-warni yang menghiasi perjalanan menuju loket masuk.

Baca juga: Lingkungan Pengaruhi Minat Seseorang untuk Gemar Berolahraga

Wisata ini cocok untuk semua usia mulai dari anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Terdapat ratusan jenis bunga hias. Melayani penjualan bunga hias dalam bentuk pot yang terletak berdampingan wisata Taman Bunga Celosia. Wisata mulai dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke taman ini perlu membayar biaya tiket masuk. Harga tiket masuk Taman Bunga Celosia masih cukup terjangkau mulai dari Rp25.000 – Rp30.000.

4. UMBUL SIDOMUKTI
Destinasi wisata lainnya yang menawarkan hawa sejuk adalah wisata alam Umbul Sidomukti yang terletak di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Umbul Sidomukti berada di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl yang menawarkan kolam renang dari mata air alami yang airnya dingin dan segar.

Dinukil dari situs umbulmukti.com, Taman Renang Alam merupakan salah satu daya tarik yang ada dikawasan wisata ini. Umbul Sidomukti memiliki tiga kolam renang bertingkat dengan kedalaman yang beragam. Untuk, kolam dewasa tersedia dengan kedalaman 1.3m - 1.6m, sedangkan anak-anak tersedia kolam dengan kedalaman 30 cm.

Air yang digunakan berasal dari mata air pegunungan yang alami, sehingga tampak jernih dan menyegarkan. Belum lagi posisi kolam yang langsung menghadap punggung Gunung Ungaran yang menyajikan pemandangan hijau.

Wisatawan yang datang ke sini tidak perlu khawatir dengan biaya tiket. Harga tiket masuk objek wisata ini terjangkau. Dengan merogoh kocek Rp5.000 – Rp10.000 pengunjung sudah bisa menikmati keindahan kawasan wisata kaki Gunung Ungaran ini. Berikut harga tiket masuk Umbul Sidomukti lengkap dengan harga penginapan:

5. CANDI GEDONG SONGO
Jika Anda ingin berwisata alam sambil belajar sejarah, singgahlah di Candi Gedong Songo di Kecamatan Bandungan. Di komplek ini terdapat sembilanb candi.

Candi ini ditemukan oleh Thomas Stanford Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi). Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara di sini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C).

Gedong songo

Tantangan berwisata di Gedong Songo adalah tanjakan di setiap candinya. Pengunjung dapat mengunjungi semua candi yang ada dengan berjalan. Tentunya, akan sangat melelahkan, apalagi tidak terbiasa dengan mendaki.

Untuk masuk ke kawasan wisata pengunjung dikenakan tarif masuk yang murah. Tiket Masuk Candi Gedong Songo yaitu Rp10.000 untuk hari Senin sampai Jumat. Sementara tiket masuk untuk akhir pekan sebesar Rp15.000.

Tak jauh dari Candi I, terdapat spot khusus berfoto bernama Ayanaz Gedong Songo. Seolah bertolak belakang dari kekhasan sejarah Gedong Songo, Ayanaz justru tampil sebaliknya. Tampil sebagai objek wisata yang menawarkan spot kekinian dan menarik, seperti spot rumah iglo, balon udara, hingga tempat duduk di atas air. (Aji)