Helo Indonesia

Lingkungan Pengaruhi Minat Seseorang untuk Gemar Berolahraga

Kamis, 22 Februari 2024 06:14
    Bagikan  
Lingkungan Pengaruhi Minat Seseorang untuk Gemar Berolahraga

Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara dan Ade Rai berpose bersama peserta talk show Disiplin Hidup Sehat di Unisbank

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Lingkungan sangat berpengaruh bagi minat seseorang gemar berolahraga dan pola hidup sehat. Jika lingkungan mendukung dan mendorong semangat hal tersebut (gemar berolahrga), kita bisa terpacu untuk gemar berolahraga dan pola hidup sehat. Sebab, olahraga dipersepsikan bagian investasi kesehatan yang penting bagi seseorang.

Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara menyampaikan hal itu saat Talk Show Disiplin Hidup Sehat akan Membangun Bangsa yang Kuat di Kampus Unisbank Kendeng, Semarang, Rabu 21 Februari 2024.

Baca juga: Respon Cepat Penanganan Banjir, Wali Kota Semarang dapat Pujian Warga

''Saya pun merasakan, bagaimana sulit dan susahnya membangun semangat itu (berolahraga). Pada akhirnya, saya masuk ke lingkungan orang-orang yang gemar olahraga dan berpola hidup sehat. Ini akhirnya mengubah cara pandang dan perilaku keseharian,'' tuturnya.

Dengam kondisi tubuh yang fit dan sehat, kata Arnaz, seseorang akan lebih berpikir positif pada sesuatu hal.

Karena itu, dia mengajak semua civitas Unisbank mulai berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat. Acara tersebut mengundang pembicara utama motivator kesehatan yang juga mantan binaragawan nasional, I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha atau Ade Rai.

Sebuah Syarat

Ade Rai mengatakan, hidup sehat bukanlah sebuah tujuan tetapi syarat untuk mencapai sebuah tujuan. Salah satu upaya menjaga kesehatan adalah dengan mengatur pola makanan.

''Namun, pola hidup sehat saja tidak cukup, harus diimbangi dengan gerak badan atau olahraga,'' ujar pria 52 tahun itu.

Baca juga: 35 Perwakilan Orma USM Ikuti Workshop Agen Perubahan

Kesehatan, lanjutnya, juga tak lepas dari pola pikir seseorang. Ade Rai mengibaratkan, otak manusia sebuah kontainer yang segala sesuatu bisa masuk.

"Dalam sebuah penelitian, otak kita itu menangkap sekitar 16.000 data dari berbagai sumber. Entah itu media sosial, berita media cetak atapun elektronik. Jika kita bisa mengolah data itu dengan bijak, maka isi pikiran kita akan sehat,'' tuturnya.

Rektor Unisbank Edy Winarno mengatakan, menjalani gaya hidup sehat kadang terasa sulit bahkan berat. Terkadang, untuk berolahraga saja terbentuk dengan keterbatasan waktu.

"Memang sangat sulit, tapi bisa dilakukan. Kami mendorong mahasiswa Unisbank untuk menjadi pelopor gaya hidup sehat salah satunya dengan berolahraga,'' katanya.

Dengan talk show ini, katanya, diharapkan semakin meningkatkan motivasi mahasiswa Unisbank dan masyarakat menjalani pola hidup sehat salah satunya dengan berolahraga. (Aji)