bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Wisata Promas Greenland Nglimut, Sensasi Berendam Air Hangat Berkawan Lukisan Alam

Selasa, 13 Februari 2024 06:48
    Bagikan  
Wisata Promas Greenland Nglimut, Sensasi Berendam Air Hangat Berkawan Lukisan Alam

Panorama Promas Greenland yang eksotik dengan kolam air hangat, pepohonan, rumah joglo dan gazebo. Foto-foto: Aji

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Wilayah Nglimut di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, punya sejuta pesona. Bukan hanya terkenal dengan wisata alam berupa perkebunan teh dan kopi, tapi juga pemandian air hangat alami.

Menapaki Dusun Nglimut, Desa Gonoharjo, Limbangan kita serasa berada di Lembang, Bandung. Nuansa itu terasa karena kawasan ini terdapat objek wisata Promas Greenland yang menjadi surga bagi mereka yang mencari ketenangan, dan merasakan sensasi berendam di kolam air hangat dengan berkawan lukisan alam nan elok.

Baca juga: Pecinan Semarang Bersolek Sambut Imlek, Perpaduan Wisata Religi Budaya dan Kuliner

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur akhir pekan ini, Promas Greenland adalah pilihan menarik, terutama untuk pecinta tempat wisata air hangat. Apalagi harga tiket masuk pun terjangkau yaitu Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak.

Wisata di kaki Gunung Ungaran yang berselimut udara sejuk ini, berada pada ketinggian 770 mdpl. Di sana sini tanah menghijau oleh hutan pinus. Di dalam area wisata, deretan pohon palm menjulang yang menjadikan tempat ini sangat istimewa. Itu sebabnya wisata ini lekat dengan istilah greenland.

Promas Greenland, salah satu destinasi  wisata Jawa Tengah ini boleh termasuk paket komplet. Objek wisata dengan luas hampir 5 hektare ini selain tersedia pemandian air hangat untuk relaksasi juga terdapat kolam air dingin yang tak kalah nyaman.

Anda pun bisa menjelajahi spot-spot selfie yang tersedia, seperti gazebo, taman remaja, jembatan pandang yang instagramable, menjadikan kunjungan Anda makin bermakna. Dari atas jembatan ini, wisatawan bisa memandang jauh perbukitan hijau dan lanskap perkotaan.

waterboom

Seperti diungkapkan Manajer Promas Greenland, Ardian Februarianto, sejauh ini daya tarik wisata yang dikelola swasta ini adalah pemandian air panas belerang dan kolam renang dinginnya. Ada sensasi tersendiri yang dirasakan pengunjung berendam di air hangat atau mengguyur tubuh ari pancuran air hangat di pemandian air hangat.

Baca juga: Wonosobo Membaca Nyaring, Cerianya Anak-anak Ikuti Eduwisata di Arboretum Kalianget

Menurut dia, berendam di pemandian air hangat diyakini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan dan pikiran. Jangan khawatir, wisata ini terdapat kafetaria dan kedai makanan kekinian seperti sosis bakar.

''Wisata ini dikemas sebagai wisata keluarga yang lengkap. Wahana yang relatif baru adalah waterboom yang dijamin disukai anak-anak, serta rumah joglo sebagai tempat meeting atau acara gathering. Keunggulan wisata ini adalah tersedianya banyak villa yang bisa disewa,'' kata Ardian saat ditemui Minggu 11 Februari 2024 lalu.

Selain ada area outbound dan camping, kata dia, rencananya ada kebun buah di sekitar wisata. Dia tak menampik, masa pandemi Covid-19 sempat berdampak pada spot-spot seperti Susuh Burung, mini zoo dan flyingfox.

rumah joglo

''Kami bersyukur, setelah diterpa badai pandemi, kini Promas Greenland mulai bangkit. Pada musim liburan sekolah, pengunjung bisa mencapai 3.000 - 5.000 per harinya,'' tambahnya sambil menyebut pengunjung yang datang berasal dari Karesidenan Semarang dan berbagai kota di Jateng.

Baca juga: Jaro Rojab dan Festival Rewanda Bojana, Pesona Budaya di Desa Wisata Cikakak

Lokasi Promas Greenland bisa dijangkau Alun-Alun Kota - Singorojo - Boja atau Kota Semarang arah Boja. Begitu sampai pertigaan Cangkiran, ada petunjuk arah menuju Nglimut sejauh sekitar 15 km.

Akses jalan terbilang baik untuk dijangkau berbagai kendaraan wisatawan. Namun tetap perlu untuk berhati-hati karena didominasi jalanan menanjak karena letaknya berada di ketinggian.

Berikut Daya Tarik Promas Greenland:

KOLAM AIR HANGAT
Melengkapi liburanmu di Promas Greenland jangan lupa merendamkan diri di pemandian air hangat yang bersumber dari mata air natural serta memiliki kandungan belerang yang berguna untuk kesehatan kulit. Di sini juga terdapat pemandian untuk air dingin.
Wisata ini memiliki beberapa kolam renang dengan suhu air yang berbeda, ada kolam air dingin ada pula kolam air panas alami. Sedangkan kolam air hangatnya di bagi menjadi dua, yaitu sebelah atas di dekat pintu masuk, dan bagian bawah. Sebelah atas ada dua kolam air hangat yang bersebelahan.

VILLA YANG NYAMAN
Wisata ini memiliki villa dengan desain arsitektur yang menawan dan fasilitas seperti TV, dispenser, dan kamar mandi. Penyewa juga bebas berenang di kolam air dingin atau pun hangat.
Keunikan dari villa ini, namanya yang diambilkan dari nama kota dan pantai, seperti Kendal, Demak, Kudus, Pati, Semarang, Nusa Dua, Lombok, Sanur, dan Kuta, dll. Tarif termurah pada weekday (Senin-Kamis) adalah Rp 300 ribu, tertinggi Rp 1,1 juta, sedangkan pada weekend (Jumat-Minggu) termurah Rp 450 ribu, tertinggi Rp 1,5 juta.

pengunjung

KESEJUKAN HUTAN PINUS
Wisata ini berdekatan dengan wisata hutan pinus yang keelokan dan kesejukan alamnya membuat pengunjung dari berduyun-duyun untuk healing. Hutan pinus di Nglimut ini memesona, udara yang sejuk serta panorama yang memanjakan mata dan menenteramkan hati. Apalagi kawasan ini memili camping ground yang luas.

BERSANTAI DI GAZEBO DAN TAMAN
Mengunjungi wisata ini kita bisa bersantai di Gazebo. Terdapat beberapa unit gazebo dan taman yang sangat cocok untuk bersantai dan berkumpul bersama dengan keluarga. Ada juga deretan gazebo di bibir kolam renang dan pemandian air hangat yang cocok untuk bersantai ria usai berendam sembari menikmati camilan.

(Aji)