Helo Indonesia

Pesona Guci Raksasa, Ikon Baru Wisata Guci Tegal yang Bikin Libur Tahun Barumu Lebih Seru

Senin, 1 Januari 2024 08:54
    Bagikan  
Pesona Guci Raksasa, Ikon Baru Wisata Guci Tegal yang Bikin Libur Tahun Barumu Lebih Seru

Guci Raksasa di Pancuran 13 wisata Guci makin menciptakan daya tarik pengunjung. Foto: Ist

SLAWI, HELOINDONESIA.COM - Objek wisata Guci di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, makin memanjakan pengunjungnya. Setelah melengkapi berbagai spot kekinian guna mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan, kini Guci menghadirkan guci raksasa berwarna kuning keemasan di area Pancuran 13.

Menyongsong liburan Tahun Baru 2024, Guci telah bersolek di pada Pancuran 13 yang merupakan spot paling favorit di Guci. Sembari berendam di pemandian air panas, pengunjung bisa menyaksikan guci raksasa.

Baca juga: Wisatawan Gunung Bromo Mencapai 5 ribu Wisatawan, Bakal Naik Terus Hingga 1 Januari 2024


Pada pengujung akhir tahun 2023, Guci memang diserbu pengunjung. Maklum destinasi andalan ini merupakan destinasi wisata alam yang menjadi kelangenan siapa saja yang pernah singgah di Kabupaten Tegal. Wisata pada ketinggian 1.500 mdpl ini banyak menawarkan keunggulan, baik pemandian air panas yang baik untuk kesehatan, maupun udaranya yang sejuk.

Supervisor Pengelola Pancuran 13 Guci, Rifan Hamdi mengatakan, terjadi peningkatan pengunjung saat momen Libur Natal 2023 dan menjelang Tahun Baru 2024,'' ujar Rifan, seperti dikutip dari AyoTegal.

Melonjak

Rifan Hamdi bercerita, pengunjung yang pada hari biasa sekitar 1.000 wisatawan, namun momen liburan seperti Natal dan menjelang Tahun Baru 2024 ini melonjak hingga 4.500 pirang setiap hari.
Keberadaan guci raksasa di Pancuran 13 yang menjadi ikon baru Rifan mengatakan, renovasi Pancuran 13 dilakukan oleh BKSDA.

Baca juga: CEO PSIS Sebut Akan Lepas Pemain Andalan Jika Benar-benar Kehabisan Duit, Tapi Sejauh ini Belum

''Kami selaku pengelola tinggal menerima saja, karena renovasi mulai dari Guci raksasa dan renovasi tempat yang lain menjadi kewenangan Pemprov Jateng. Jadi, kami tinggal mengelola saja,'' bebernya.

Berapa sih tiket masuknya? Dia menjelaskan, pengunjung dikenakan tarif Rp 20.000 dengan fasilitas pemandian air panas Pancuran 13 dan juga kolam renang. ''Satu tiket bisa digunakan untuk dua lokasi,'' tambahnya.

Sejak 2022 lalu atau sejak pandemi Covud-19 berlalu, Guci memang terus melakukan inovasi guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan, diantaranya menggandeng investor menambah referensi wahana baru seperti Baron Hill, The Geong, Salma Resort, Guci Forest dll.

Kini, ikon baru baru telah lahir dengan keberadaan guci raksasa di sekitar pemandian air panas Pancuran 13 yang bisa bikin liburan makin seru. Mempercantik pemandian air panas, mendukung upaya Guci dalam mengembangkan wellness tourism atau wisata kebugaran.

Berkah air panas alami yang melimpah di Guci, sudah diteliti dan bisa dimanfaatkan sebagai hidroterapi, yaitu metode fisioterapi dengan media air untuk tujuan relaksasi. (Aji)