Helo Indonesia

Wisatawan Gunung Bromo Mencapai 5 ribu Wisatawan, Bakal Naik Terus Hingga 1 Januari 2024

Senin, 1 Januari 2024 08:29
    Bagikan  
KEINDAHAN BROMO
dodohawe/ heloindonesia.com

KEINDAHAN BROMO - Salah satu sudut view area Teletubbies kawasan Gunung Bromo yang kini sudah kembali menghijau yang sevelumnya sempat terbakar

HELOINDONESIA.COM - Kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur memang menjadi tempat yang terindah sepanjang masa dan paling banyak peminatnya.

Tak terkecuali pada liburan malam Tahun Baru 2024 juga banyak diserbu wisatawan untuk merayakan malam penghujung tahun 2023.

Sejak liburan Natal Tahuh Baru kawasan sudah mulai diserbu wisatawan terbukti terjadinya penumpukan kendaraan di kawasan itu.

Baca juga: Rombongan Influencer Douyin ke Gunung Bromo, Kombinasi Kecantikan dan Keindahan Alam Indonesia

Kemacetan parah terjadi khususnya di rute kawasan Penanjakan via Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, begitu juga dengan jalur Probolinggo terjadi sejak sekitar 5 hari yang lalu.

Untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah wisatawan jumlah kuota tiket harian pun ditambah dari 2.752 menjadi 3.500 tiket.

Dari hari ke hari jumlah wisatawan terus mengalami kenaikan hingga jumlah wisatawan ke Gunung Bromo tercatat mencapai 5.000 orang di malam Tahun Baru 2024, Minggu (31/12/2023).

Baca juga: Inilah Awal Mula Kebakaran Kawasan Gunung Bromo itu Terjadi, Dua Anak Muda Memainkan Flare Foto Prewedding

Di H-3, wisatawan yang berkunjung dari berbagai daerah mencapai 3.000. Dan saat ini sudah naik 50 persen.

Kepala Resort Lautan Pasir Gunung Bromo Seksi I, Ariyanto mengatakan, kenaikan jumlah wisatawan mencapai 50 persen saat malam pergantian tahun.

"Jumlah kunjungan bertambah 50 persen. Hari ini saja sudah menyentuh angka 5.000 wisatawan," ungkap Ariyanto, Minggu (31/12/2023).

Meski kunjungan wisatawan ke Bromo meningkat, arus lalu lintas terlihat masih tetap lancar.

Baca juga: Lalai Menyalakan Flare, Menimbulkan Kebakaran di Bromo Manajer Wedding Organizer Terancam Hukuman 5 Tahun

Tidak seperti sebelumnya, yaitu pada 24 Desember terjadi kemacetan dari empat pintu masuk, mulai Probolinggo, Malang, Lumajang dan Pasuruan.

Sedang untuk keamanan petugas juga melakukan razia kepada wisatawan Bromo yang datang lebih awal guna mengantisipasi wisatawan yang mebawa barang-barang berbahaya, salah satunya petasan yang memicu kebakaran.

Baca juga: Kebakaran Gunung Arjuno dan Bromo, Bupati Pasuruan Minta Penambahan Pemadaman Dengan Water Boming

Mayoritan wisatawan ke Bromo tujuannya ingin bermalam di area sekitar Gunung Bromo, terlihat wisatawan yang datang langsung berfotoria.

Salah satu wisatawan asal Jakarta mengungkapkan baru pertama ke Bromo dan momen malam tahun baru akan dihabiskan di kawasan ini.

Selanjutnya nanti setelah tahun baru 1 Januari 2024 akan dilanjutkan untuk mengunjungi area padang Savana dan Bukit Teletubbies, yang kini sudah kembali menghijau lagi. **