Helo Indonesia

Tim FTP USM Sosialisasikan Keamanan Pangan pada Pengolahan Daging di SMKN 6 Kendal

Ajie - Teknologi
Kamis, 15 Juni 2023 21:06
    Bagikan  
Tim  FTP USM Sosialisasikan Keamanan Pangan pada Pengolahan Daging di SMKN 6 Kendal

Tim FTP USM bersama siswa SMKN 6 Kendal berpose bersama

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat ang terdiri atas dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (THP-FTP) Universitas Semarang (USM) mengadakan Sosialisasi Keamanan Pangan Kaitannya dengan Teknologi Pengolahan Daging di SMK Negeri 6 Kendal, pada Rabu 14 Juni 2023.

Kegiatan yang diikuti 74 siswa Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan 5 guru pendamping sebidang ilmu dengan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang itu didanai oleh Universitas Semarang.

Tim PkM USM terdiri atas Devy Angga Gunantar SPd MHum, Iswoyo SPt MP, dan C Hari Wibowo SPt MP serta melibatkan 2 mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang.

Baca juga: Kebakaran Eks TPA Darupono Sisakan Asap Tebal, Pemkab Kendal Upayakan Penanganan Maksimal

Dalam kegiatan PkM ini, ada tiga materi yang disampaikan terkait dengan teknologi pengolahan daging, di antaranya mengenai Keamanan Pangan Kaitannya dengan Teknologi Pengolahan Daging yang disampaikan Iswoyo SPt MP. Untuk materi Spesifikasi dan Ciri-ciri Daging Ayam yang Baik disampaikan C Hari Wibowo SPt MP.

Sedangkan istilah-istilah kosa kata Bahasa Inggris yang berkaitan dengan keamanan pangan dan teknologi pengolahan daging serta cara menyusun kalimat berbahasa Inggris sesuai dengan struktur bahasa yang tepat yang disampaikan Devy Angga Gunantar SPd MHum.


Perhatian Serius


Iswoyo mengatakan, keamanan pangan kaitannya dengan teknologi pengolahan daging merupakan suatu hal yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh kalangan masyarakat.

''Terkait dengan penyiapan daging sapi yang akan diolah untuk dikonsumsi, termasuk pengetahuan dan informasi perihal pakan dan perawatan dari ternak tersebut sangat perlu diperhatikan, sehingga daging yang akan dikonsumsi benar benar aman, sehat dan tidak menimbulkan efek negatif (sakit),'' tuturnya.

Baca juga: Gubug Lereng Merangan di Desa Pakis, Tawarkan Lanskap Alam dan Persawahan Nan Menawan

''Menjelang hari raya Idul Adha, kita harus jeli dalam memperhatikan hewan ternak yang akan dikonsumsi dagingnya. Perhatian tersebut tentunya tidak hanya saat pengolahan daging, namun dimulai dari pemilihan hewan ternak, proses pemeliharaannya, proses pemotongannya, serta penanganan pasca pemotongan, sehingga daging yang akan dikonsumsi benar-benar hygiene dan kandungan gizinya baik,'' tambahnya.

Ketua Kompetensi Keahlian APHP SMK Negeri 6 Kendal, Ika Shofi STP mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting karena Jurusan APHP berhubungan langsung dengan pengolahan pangan khususnya pada teknologi pengolahan daging sehingga mutu dari bahan daging tersebut dapat terjaga kualitasnya.

Hal senada dikatakan Kepala SMK Negeri 6 Kendal, Drs Sigit Poedjiono SH MSi. Menurutnya, kegiatan sangat bermanfaat bagi para siswa.

''Kami berharap, kegiatan tersebut dapat berlangsung secara kontinu sehingga tidak hanya dapat menambah pengetahuan para siswa SMK Negeri 6 Kendal. Selain juga dapat menambah wawasan keilmuan para guru pendamping Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK Negeri 6 Kendal,'' tambahnya. (Aji)