Helo Indonesia

Kebakaran Eks TPA Darupono Sisakan Asap Tebal, Pemkab Kendal Upayakan Penanganan Maksimal

Kamis, 15 Juni 2023 19:52
    Bagikan  
Kebakaran Eks TPA Darupono Sisakan Asap Tebal, Pemkab Kendal Upayakan Penanganan Maksimal

Upaya pemadaman Eks TPA Darupono yang terbakar. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono di Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal terbakar hingga menimbulkan asap tebal yang mengganggu warga sekitar maupun pengendara yang melintas.

Sekda Kendal, Sugiono menuturkan kebakaran memang sering terjadi di eks TPA darupono. Hal tersebut lantaran adanya gas metana didalam tumpukan sampah. Sehingga saat cuaca panas dapat mengakibatkan kebakaran.

"TPA ini sudah menjadi langganan kebakaran saat cuaca panas, kebakarannya sudah sejak beberapa hari yang lalu. Namun memang penanganannya harus lakukan tuntas. Kalau sedikit-sedikit pasti akan muncul lagi," ujar Sekda Kendal, Kamis 15 Juni 2023.

Baca juga: Gubug Lereng Merangan di Desa Pakis, Tawarkan Lanskap Alam dan Persawahan Nan Menawan

Untuk itu, pihaknya mengerahka OPD terkait untuk mengatasi kebakaran tersebut. Diantaranya dengan menerjunkan mobil pemadam kebakaran yang dibantu sejumlah mobil tanki air dari DLH, BPBD maupun PDAM.

"Kemudian untuk tenaga yang narik selang itu kita royong. Selain itu kita juga menggunakan ada tambahan alat berat bego," bebernya.

Sekda berharap, dengan penanganan yang betul-betul maksimal kedepan kebakaran TPA Darupono tidak terjadi kembali. (Aji)