bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Berlatih jadi Content Creator dengan Memainkan Game Tiru Influencer

M. Haikal - Teknologi
Jumat, 26 Mei 2023 13:10
    Bagikan  
Content creator,
Foto: ist

Content creator, - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di MAN I Kota Semarang.

HELOINDONESIA.COM - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) yang beranggotakan 11 orang, di antaranya. Hilma Ilmy Nur Aliyah, Seftiana Wulan Sabilla, Zyahra Fuadilah, Nindya Nareswari, Cindy Friskasari, Chelsea Nadia Syahrani, Vegaisca Taraherawati, Liya Andriyani, Veva Farika, Dina Azilia Ramadani, dan Anju Ananta Setefani. melakukan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan materi Pelatihan Publik Speaking Bagi Content Creator kepada siswa kelas X dan XI MAN 1 KOTA SEMARANG pada  Rabu (17/5/ 2023) di bawah bimbingan Hilda Rahmah.

Dalam kesempatan ini Ketua panitia , Hilma Ilmy Nur Aliyah mengatakan , tujuan kegiatan ini untuk memberi pengetahuan kepada siswa bagaimana caranya menjadi Content Creator pemula yang baik .

Selain itu juga pengetahuan ini bertujuan untuk melatih publik speaking yang baik di depan umum. 

Baca juga: NASA Temukan Bukti Adanya Benturan Keras Saat Pesawat Antariksa Jepang Menabrak Bulan

"Saya berharap dengan diadakannya kegiatan pelatihan publik speaking ini mampu menjadikan para siswa mampu  di dunia kerja nantinya. 

Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang peserta terdiri dari perwakilan kelas X dan XI dengan 5 orang panitia sebagai penyampai materi. Kegiatan tersebut berjalan selama 2 jam lebih 30 menit, di ruang multimedia MAN 1 Kota Semarang.

Dalam kegiatan tersebut terjadi tanya jawab antara pemateri dengan audiens, banyaknya audiens yang aktif bertanya.

Mereka  memberi tanggapan membuat pelatihan ini menjadi lebih menarik karena banyak yang memahami apa isi materi yang disampaikan oleh tim pelaksana tersebut.

Guru Multimedia MAN 1 Kota Semarang , Angga Prilakusuma mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pemateri yang telah berbagi ilmu tentang public speaking. 

Baca juga: Kurangi Emisi Karbon di Udara, Prancis Keluarkan Larangan Penerbangan Domestik Jarak Pendek

"Insya Allah bermanfaat dan dapat dipraktikkan, baik saat reportase, liputan, atau podcast sebagaimana lazimnya kegiatan kami di ekskul multimedia," paparnya 

Kegiatan ini diwarnai dengan game “Tiru Influencer”. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti game ini.

Salah satu siswa mengatakan, jika ia sangat senang mengikuti acara ini karena ilmu yang didapat sangat bermanfaat baginya.

Baca juga: Polsek Simpang Pematang Gelar Jumat Curhat Bersama Ojek POMELA Mesuji

"Saya sangat senang mengikuti acara ini. Karena sebelumnya saya bercita- cita sebagai influencer dan ilmu yang didapat sangat bermanfaat untuk karir saya ke depannya,“ ujar Rino.

Game

Game yang meniru atau mengambil inspirasi dari dunia influencer adalah "The Influencer: Social Media Simulator". 

Dalam game ini, pemain dapat mengambil peran seorang influencer dan mengelola karir mereka di dunia media sosial.

Pemain akan memulai dengan membuat karakter influencer dan memilih niche atau tema konten yang ingin mereka fokuskan, seperti mode, makanan, perjalanan, atau game. 

Mereka harus membangun dan mengelola profil media sosial, mengunggah konten yang menarik, dan berinteraksi dengan pengikut mereka.

Baca juga: Kejadian Langka di Dunia, Kelahiran Kelelawar Buah, Terekam Kamera

Seperti dalam dunia nyata, pemain akan menghadapi tantangan dan peluang dalam game ini.

 Mereka harus menjaga agar pengikut mereka tetap bahagia dan terlibat dengan konten yang mereka bagikan. 

Pemain juga perlu mengelola waktu mereka dengan bijak untuk menciptakan konten baru, berkolaborasi dengan merek, menghadiri acara, dan menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional.

Baca juga: 7 Nail Art yang Rekomen untuk Mewarnai Kukumu Agar Tampil Eksotis

Game ini juga mencakup elemen seperti pertumbuhan pengikut, pemasaran produk, perolehan sponsor, dan analisis kinerja konten. 

Pemain akan mendapatkan uang dalam game untuk membeli perlengkapan baru, memperluas studio mereka, dan meningkatkan keahlian mereka sebagai influencer.

"The Influencer: Social Media Simulator" memberikan pemain pengalaman virtual yang mendalam dalam menjalani kehidupan seorang influencer.


Tags
Semarang