Helo Indonesia

Coach Shin Tae-yong Puji Erick Thohir, Hadirkan Argentina untuk Latih Tanding Timnas Indonesia

Winoto Anung - Olahraga -> Sepakbola
Kamis, 25 Mei 2023 16:44
    Bagikan  
Shin Tae-yong dan Erick Thohir
laman PSSI

Shin Tae-yong dan Erick Thohir - Coach Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI Puji Erick Thohir. (Foto: PSSI)

HELOINDONESIA.COMJadwal tim nasional (timnas) Indonesia padat. Sebab akan menghadapi dua laga FIFA matchday yang berpepetan waktunya. Pun lawan yang dihadapi timnas asing yang super tangguh, yakni peringkat 1 dunia Argentina, sebelumnya didahului laga vs Palestina.

Meski demikian, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku senang menghadapi lawan Tangguh untuk persiapan penyisihan Piala Dunia mendatang.

Coach Shin Tae-yong pun memuji Ketum PSSI Erick Thohir yang menghandirkan juara Piala Dunia Argentina sebagai lawan latih tanding Timnas Indonesia, Juni nanti.

'’Saya senang, timnas mendapat dua lawan sepadan dalam FIFA matchday. Ini penting untuk menguji kekuatan Indonesia. Palestina tim kuat,” kata Shin Tae-yong di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Viral, Ribuan Udang Naik ke Darat di Gorontalo, Warganet : Geli Banget Kaya Ulat Bulu

Untuk jadwal dua laga FIFA matchday adalah, Rabu 14 Jui 2023  melawan Palestina dan Senin 19 Juni  dengan juara Piala Dunia Argentina. Untuk menghadapi kedua tim kuat itu, kata Shin Tae-yong akan menggelar pemusatan latihan mulai 5 Juni 2023.

Laga melawan Palestina akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sedangkan dengan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Shin Tae-yong sudah memanggil sejumlah pemain, baik itu yang bermain di luar negeri maupun dalam negeri. Karena dua laga ini bertajuk FIFA matchday, tidak ada alasan bagi klub untuk tidak melepas pemainnya.

Dengan bakal hadirnya lawan tanding eringkat 1 dunia Argentina, Shin Tae-yong mengaku senang mendapat lawan latih tanding yang super bagus.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Ada Rekaman Percakapan Pejabat Terkait Korupsi BTS, Netizen: Beliau Cari Panggung Cawapres

'’Saya senang, timnas mendapat dua lawan sepadan dalam FIFA matchday. Ini penting untuk menguji kekuatan Indonesia. Palestina tim kuat. Apalagi Argentina, juara dunia dan banyak pemain bintang di skuad itu,” ujarnya.

Selain itu, coach Shin Tae-yong memuji Ketua Umum PSSI Erick Thohiryang sangat serius mencarikan lawan latih tanding sekaliber Argentina. Dia mengucapkan terima kasih, dan memuji ErickThohir tokoh yang luar biasa.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pak Erick Thohir akhirnya bisa datangkan tim Argentina. Luar biasa Pak Erick,” ujar pelatih Shin Tae-yong asal Korea Selatan itu.

Menurut informasi, Argentina dipastikan akan datang dengan kekuatan terbaiknya. Namun, siapa-siapa pemain yang akan dipanggil itu wewenang pelatih Lionel Scaloni.

Baca juga: Geger, Dinilai Gak Becus Kerja, Kades di Sidoarjo Digembok Warga Selama 6 Jam di Balai Desa

Kedatangan Argentina ke Indonesia dalam rangka tur Asia. Sebelum ke Indonesia, Lionel Messi, dkk akan menyambangi Beijing, Tiongkok, pada tanggal 15 Juni 2023 untuk bersua timnas sepakbola Australia.

Pada tahun ini, timnas Indonesia akan disibukkan dengan berbagai kegiatan. Setelah melawan Palestina dan Argentina, FIFA matchday akan kembali digelar pada 4-12 September 2023. Setelah itu berkiprah di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 9-17 Oktober 2023.

Jika berhasil lolos dari putaran pertama, Indonesia bakal melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 16-21 November 2023. Berikutnya,  Indonesia akan berpartisipasi di Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2023. (*)

(Winoto Anung)