Helo Indonesia

Chant Rasis dan Diskriminatif Viral, Enzo Fernandez Kena Kecaman Presiden Federasi Sepakbola Prancis FFF

2 jam 13 menit lalu
    Bagikan  
Foto
Instagram EnzoFernandez

Foto - Chant Rasis Enzo Fernandez dalam Bus

HELOINDONESIA.COM - Enzo Fernandez lakukan siaran live di akun sosial media pribadinya dan nyanyikan chant berbau rasis dalam bus parade setelah Argentina juara Copa America, membuat para rekan setimnya di Chelsea langsung bergerak mengungfollownya dan FFF Prancis langsung lakukan langkah tegas.

Dalam perayaan juara Copa America 2024, Enzo Fernandez kedapatan melakukan aksi yang berbau rasis pada pemain prancis.

Enzo memimpin chant menyindir pemain timnas Prancis yang kebanyakan imigran dan secara individu menyerang Kylian Mbappe yang diisukan memacari seoran transgender lalu menyindir pemain Prancis yang lahir di Angola, yaitu Camavinga yang lahir disana. Tetapi siaran live streaming yang dilakukan Enzo Fernandez mati sampai disitu.

Gelandang 23 tahun itu mungkin tak sadar kalau rekannya di Chelsea banyak yang berkewarganegaraan prancis dan rata-rata merupakan imigran.

Baca juga: Lionel Messi Tak Ada di Bus Saat Enzo Fenandez Lakukan Nyanyian Rasis, Kemana Messi ?

Otomatis para pemain Chelsea yang asalnya mengkuti Instagram Enzo Fernandez serentak meng-unfollownya.

Ada 8 Orang pemain Chelsea yang berkebangsaan Prancis. mereka adalah David Datro Fofana, Malang Sarr, Benoit Badiashile, Wesley Fofana, Axel Disasi, Malo Gusto, Christopher Nkunku, dan Lesley Ugochukwu.

Lalu ada dua orang pemain Chelsea lainnya yang ikut mengunfollow meskipun bukan warga Prancis  yaitu Armando Broja (Albania) dan Romeo Lavia (Belgia).

Takhanya itu Enzo Fernandez itu mendapatkan kecaman dari Federasi Sepakbola Prancis (FFF) yang secara terbuka melayangkan protes kepada FIFA dan Federasi Sepakbola Argentina (AFA).

Baca juga: Gareth Southgate Mundur, FA Inginkan Pep Guardiola Jadi Pelatih Timnas Inggris Rela Tunggu Hingga 2025

Presiden FFF Philippe Diallo mengutuk pernyataan rasis dan diskriminatif yang sudah tak bisa ditoleransi kepada pemain timnas Prancis.

"Karena bertentangan dengan nilai-nilai olahraga dan hak asasi manusia, presiden FFF memutuskan untuk secara langsung menggugat Federasi Sepak Bola Argentina dan FIFA dengan mengajukan langkah hukum atas pernyataan ofensif yang rasis  diskriminatif," kata FFF.

Setelah nyanyian mengandung rasisnya viral, Enzo Fernandez mengaku khilaf dan memberikan klarifikasi serta permintaan maaf ke public.

"Saya ingin meminta maaf atas video yang diunggah di Instagram saya saat perayaan gelar juara Copa America," ujar Fernandez dalam unggahan instagram stories.

"Lirik lagu itu memang mengandung kata-kata yang ofensif dan sama tidak bisa ditolerir."

"Saya selalu melawan segala bentuk diskriminasi dan meminta maaf atas euforia yang berlebihan saat merayakan gelar juara."

"Video, momen, dan kata-kata itu sama sekali tidak menggambarkan diri saya sebenarnya. Saya benar-benar minta maaf."


Baca juga: Nyanyian Rasisnya Viral Hingga Diunfollow 10 Pemain Chelsea, Enzo Fernandez Minta Maaf dan Ngaku Khilaf