Helo Indonesia

Perssu Madura City Gagal Masuk Putaran Zona Nasional Liga 3 Mewakili Jawa Timur

Sabtu, 2 Maret 2024 19:21
    Bagikan  
GAGAL
perssu madura city

GAGAL - Perssu Madura City gagal melangkah ke Liga 3 Nasional setelah PSSI menetapkan kuota peserta dari Jawa Timur hanya 6 klub.

HELOINDONESIA.COM - Perssu Madura City akhirnya gagal masuk tim 6 besar yang mewakil Jawa Timur untuk berkompetisi zona Liga 3 Nasional musim ini.

Berdasarkan surat keputusan dari PSSI nomor 773/PGD/104/II-2024 tertanggal 21 Februari 2024 tentang Putaran Nasional Liga 3 2023-2024 Jawa Timur hanya mendapatkan jatah sebanyak 6 klub saja.

Sementara klub asal Sumenep Madura ini merupakan tim peringkat ke-7 dalam kompetisi Liga 3 Jatim dengan mengoleksi 1 poin pada babak 8 besar Liga 3 Jatim 2024.

Baca juga: Inilah Daftar 5 Pemain Baru Persedikab Kediri yang Direkrut Dari Klub Liga 3 Jatim

Manajer Perssu Madura City, RBMS Hadi Pradipta menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Sumenep setelah timnya gagal melaju ke zona nasional Liga 3 2024.

Meski demikian Hadi Pradipta tetap bersyukur, Persssu merupakan satu-satunya tim yang mewakili Pulau Madura untuk maju di babak 8 besar Liga 3 Jatim 2024.

Seperti kita ketahui ke 6 tim yang akhirnya lolos untuk mengikuti kompetisi Liga 3 Nasional antara lain, Persibo Bojonegoro, Persedikab Kediri, NZR Sumbersari, Persekabpas Pasuruan, Pasuruan United, PSM Madiun.

Baca juga: Deal Merekrut Lima Pemain Baru dari Klub Liga 3 Jatim, Persedikab Mengincar Tiga Pemain Baru Lagi

Selama kompetisi Liga 3 Jatim musim 2023-2024, pada babak penyisihan grup, Perssu tercatat tidak pernah mengalami kekalahan, meraih poin penuh di enam pertandingan.

Kemudian, di babak 28 besar, Laskar Kuda Terbang berhasil meraih dua kemenangan dan sekali seri.

Sedangkan pada babak 16 besar, Perssu meraih dua kemenangan dan sekali kekalahan.

Baca juga: Dua Kesalahan Ini Hingga Persedikab Kediri Gagal Menjadi Juara Liga 3 Jatim 2024

Namun langkah Perssu harus berakhir di babak 8 besar, dengan dua kali kekalahan dan sekali seri, itu harus diakui jika semua tim di babak ini memang luar biasa.

"Kami juga mohon maaf kepada masyarakat Sumenep, karena Perssu Madura City belum berkesempatan untuk melaju ke Liga 3 Nasional tahun ini," ujarnya seperti dilansir tribunjatim.com, Sabtu (2/3/2024).

Menurutnya, selama kompetisi, tim telah banyak melalui berbagai rintangan pada setiap pertandingan.

Baca juga: Jadwal Laga Semifinal Liga 3 Jatim, Persedikab Menargetkan Masuk Final Tiga Klub Lain Lebih Sangar

Terlebih menjadi klub yang berkompetisi di Liga 3 Jatim diakui tidaklah mudah, peserta kompetisi di Jatim setiap tahunnya lebih banyak dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia.

Pada musim 2024 ini, kompetisi Liga 3 Jatim jumlah peserta kompetisi mencapari 54 klub, hingga pada akhirnya hanya 6 yang terpilih melalui seleksi yang ketat.

"Perjuangan Perssu ini patut diapresiasi, serta perlu terus mendapat dukungan. Sekali lagi, terima kasih atas segala dukungan dari semua stakeholder. Meski tinggal selangkah lagi untuk Perssu bisa menuju putaran nasional, namun ternyata gagal. Inilah kompetisi," ungkapnya.

Baca juga: Update Babak Semi Final Liga 3 Jatim 2023/2024 Segera Digelar, Tim Unggulan Bakal Persaing Ketat

Meski langkah Perssu Madura City terhenti di musim ini, namun ia meyakini, semangat juang Laskar Kuda Terbang akan terus bergelora hingga musim-musim kompetisi berikutnya.

Mengenai rencana keikutsertaan Perssu Madura City pada kompetisi Liga 3 musim depan, pihaknya mengaku masih akan membicarakannya kembali dengan klub.

"Yang jelas, Perssu akan terus berjuang untuk mengharumkan nama Kabupaten Sumenep melalui prestasi olahraga sepak bola," pungkasnya.

Baca juga: Update Babak Semi Final Liga 3 Jatim 2023/2024 Segera Digelar, Tim Unggulan Bakal Persaing Ketat

Liga 3 Nasional

Semenetara putaran Liga 3 Nasional sudah ditetapkan tanggal pekaksanaannya yang berlansung kickoff 29 April hingga 8 Mei 2024 diikuti 80 tim seluruh Indonesia.

Dari peserta sebanyak 80 tim itu terdiri dari 23 tim dari kompetisi Liga 3 musim lalu dan 57 tim hasil kompetisi musim ini.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pusat sudah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada tim peserta putaran nasional terkait kuota tim hingga skema pertandingannya.

Baca juga: Update Babak Semi Final Liga 3 Jatim 2023/2024 Segera Digelar, Tim Unggulan Bakal Persaing Ketat

Sebanyak 80 tim peserta nantinya akan dibagi dalam 16 grup, masing-masing grup berisi 5 tim.

Kemudian dari hasil kompetisi, juara grup dan peringkat kedua akan langsung lolos ke 32 besar.

Sedangkan untuk skema home tournament bakal digunakan di babak 80 besar, 32 besar, 16 besar, dan 8 besar.

Baca juga: Update Liga 3 Jatim Menuju Semi Final, Kesempatan Empat Tim Berebut Tiket Menuju Laga Zona Nasional

Sedangkan untuk laga empat besar atau semi final digelar dengan skema knock out atau sistem gugur.

Selanjutnya peserta akan menunggu drawing atau pengundian grup yang akan digelar 7 Maret 2024 mendatang.

Pertandingan putaran pertama dimulai dengan 80 besar dengan skema home tournament atau pertandingan satu putaran yang digelar di beberapa kota atau stadion tuan rumah yang akan ditetapkan kemudian. **