Helo Indonesia

Persibo Bojonegoro Ambisi Jadi Tuan Rumah Kompetisi Liga 3 Zona Nasional

Minggu, 11 Februari 2024 19:13
    Bagikan  
AMBISI BOJONEGORO
ardin KT/ facebook

AMBISI BOJONEGORO - Persibo yang bermarkas di Bojonegoro berambisi menjadi tuan rumah gelaran kompetisi zona nasional Liga 3 yang digelar April 2024 mendatang.

HELOINDONESIA.COM - Persibo Bojonegoro berambisi menjadi tuan rumah Liga 3 Zona Nasional pada laga yang dijadwalkan pada April 2024 mendatang.

Stadion Letjen H Soedirman (SLS) yang bakal menjadi lokasi pertandingan dalam putaran zona nasional Liga 3 mendatang.

Keinginan ini dilatarbelakangi adanya histori klub ini, yang pernah sukses tampil sebagai juara Divisi 2 Liga Indonesia dan promosi ke Divisi Satu Liga Indonesia.

Baca juga: Didukung Mantan Pemain Asing Timor Leste, Persekabpas Juara 3 Liga 3 Jatim 2024

Tidak hanya itu, pada musim 2007/2008, tim ini tampil sebagai juara Divisi 1 (Liga 2 Indonesia) dan promosi ke Divisi Utama (Liga 1 Indonesia).

Namun sayangnya kondisinya rumput di Stadion Letjen Soedirman masih perlu perbaikan, khususnya rumput lapangannya.

Manajemen Persibo Bojonegoro juga mendesak Pemkab Bojonegoro untuk segera melakukan renovasi, sehingga layak menjadi tuan rumah.

Baca juga: Dua Kesalahan Ini Hingga Persedikab Kediri Gagal Menjadi Juara Liga 3 Jatim 2024

Upaya ini juga mendapat dukungan dari para suporternya yang tergabung dalam Laskar Akling Dharma yang terbukti mereka memadati laga final Liga 3 saat timnya Persibo melawan Persedikab Kediri.

Terlebih jika zona nasional Liga 3 benar digelar di Bojonegoro, akan banyak didatangi tim-tim dari luar Jatim dan Luar Jawa dari seluruh Indonesia.

Sehingga jika fasilitas stadion yang sesuai standar berdampak baik pada nama baik Bojonegoro di masa mendatang.

Baca juga: Jadwal Laga Semifinal Liga 3 Jatim, Persedikab Menargetkan Masuk Final Tiga Klub Lain Lebih Sangar

Panitia Pelaksana (Panpel) Persibo Lasmiran menjelaskan sesuai komitmen awal timnya skuad Angkling Dharma ditargetkan lolos hingga putaran Liga 2.

Sementara saat ini baru menghadapi putaran zona nasional Liga 3, itu sebabnya Persibo terus berupaya mengajukan untuk menjadi tuan rumah dalam kompetisi itu.

Lasmiran mengatakan pengajuan tuan rumah putaran nasional sudah diajukan langsung ke PSSI pusat.

Baca juga: Persedikab Kediri Simpan Pemain Terbaik, Menghadapi Laga Semi Final Liga 3 Jatim, Tim Sangar Mengancam

Diperkirakan putaran nasional Liga 3 akan diikuti sekitar 80 tim yang rencanya digelar pada April 2024 mendatang atau dua minggu setelah Lebaran 2024.

"Untuk kepastiannya tanggal atau jadwal pertandingan sedang menunggu surat resmi dari PSSI pusat," ujar Lasmiran kepada wartawan di Bojonegoro, Minggu (11/2/2024).

Menurut Lasmiran pihaknya kini sedang berupaya keras sebagai Panpel dalam laga nanti, termasuk mengajukan perbaikan stadion ke Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Bojonegoro.

Baca juga: Ingin Juara Liga 3 Jatim, Persedikab Kediri Hadapi Persibo Hari ini, Simak Pesan Mantan Kapten

"Kami sudah memberikan catatan berbagai hal yang dirasa perlu diperbaiki dalam waktu singkat ini," ujarnya.

Sementara CEO Persibo Eko Setyawan mengatakan SLS Bojonegoro berkeyakinan akan menjadi tuan rumah pada putaran nasional Liga 3 nanti.

Tim tamu yang hadir tidak hanya dari Jatim, namun semua provinsi di Indonesia, sehingga perlu meningkatkan kualitas stadion.

Baca juga: Potensial Cah Kediri, Kiper Persedikab ini Baru Kebobolan Dua Gol Selama Kompetisi Liga 3 Jatim, dari Tendangan Penalti

Eko menjelaskan, masih ada kesempatan untuk memperbaiki, khususnya kualitas rumput, terlebih putaran nasional digelar masih April 2024.

Menurut CEO asal Desa Leran, Kecamatan Kalitidu itu, ketika Bojonegoro menjadi tuan rumah putaran nasional berdampak pada ekonomi, mulai hotel hingga rumah makan atau warung makan akan untung.

"Sepak bola berdampak baik ekonomi Bojonegoro, jika kompetisi digelar di sini," ungkapnya.

Baca juga: Langkah Persedikab Kabupaten Kediri Setelah Lolos di 8 Besar Liga 3 Jatim, Pelatih Menunggu Jadwal dan Evaluasi Semua Lini

Penjabat Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mengatakan, lapangan SLS perlu dirapikan lagi sesuai standar.

Terdapat masukan dari CEO Persibo dan Asprov PSSI Jatim, juga berdiskusi dengan Dinpora berkoordinasi terkait keinginan itu. **