Helo Indonesia

Jebolan SSB Tunas Muda Blitar Bikin Rekor Gol Pertama Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17

Senin, 13 November 2023 11:58
    Bagikan  
PENCETAK GOL
@timnasindonesia

PENCETAK GOL - Pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka pencetak gol satu-satunya saat melawan Ecuador ajang Piala Dunia U-17 di Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (10/11/2023) lalu.

HELOINDONESIA.COM - Masih terniang di telinga kita, terkait laga Piala Dunia U-17 antara Timnas Indonesia vs Ekuador pada Jumat (10/11/2023) lalu yang berakhir 1-1.

Ada yang menarik dari pencetak gol satu-satunya timnas Indonesia yang diciptakan oleh Arkhan Kaka melalui assist dari Riska Afrisal.

Kedua pemain tersebut ternyata merupakan pemain jebolan Sekolah Sepakbola (SSB) di Blitar.

Pemain Timnas Arkhan Kaka ini, ternyata mengawali karir sepakbolanya dari Kota kecil di Jawa Timur, Yakni di Blitar.

Baca juga: Arema FC Segera Pindah Homebase, Mengintip Stadion di Sekitar Malang, Gelora Delta Sidoarjo dan Supriadi Blitar Bisa Jadi Opsi

Arkhan menimba ilmu sekolah sepakbola melalui SSB Tunas Muda Blitar yang sekaligus juga menjadi tim Junior klub sepakbola PSBK Blitar.

Remaja kelahiran 2 September 2007 ini, bakatnya sudah terlihat sejak kecil, dia jua memiliki insting mencetak gol yang bagus.

Selama di PSBK Blitar sejak tahun 2019 hingga 2021 Arkhan Kaka selalu menjadi top skor.

Bahkan dia sempat mengantarkan PSSI Kota Blitar menjadi juara ajang Piala Suratin U-13 Jatim 20219.

Baca juga: Bermain Imbang Melawan Ekuador, Presiden Jokowi Puji Perjuangan Timnas U-17

Tim Media Officer PSBK, Totok Kiddariono sudah sudah memahami jika bakat sepakbolanya turun dari sang ayah yang juga pemain bola sebagai penyerang.

Purwanto Suwondo menjadi saksi sepak terjang Arkhan sejak masih anak-anak hingga remaja yang memang memiliki bakat dan insting dalam mencetak gol.

Memang dari dulu sudah gacor, insting mencetak gol nya sudah muncul sejak dulu mungkin juga warisan dari sang ayah yang juga penyerang,” kata Totok Kiddariono seperti dilansir beritajatim.com Minggu (12/11/2023).

Kemunculan di kompetisi level regional ini, kemudian tercium pemantau bakat dari Tim PSSI, hingga itu Arkhan diminta datang ke Jakarta untuk mengikuti pemusatan latihan U-16 yang dipersiapkan untuk gelaran Piala AFF U-16.

Baca juga: Timnas U-17 Indonesia Siap Berlaga di Piala Dunia 2023, Pelatih Bima Sakti inginkan Bermain Lepas

Berbeda dengan pemain yang lain kehadiran Arkhan tidak melalui jalur seleksi, namun melalui jalur pemandu bakat yang memang sudah mengawasi bakat dari Arkhan Kaka sejak di PSBK.

Menurut Totok, sosok Arkhan Kaka bukan hanya pemain muda yang berbakat, namun juga pekerja keras dan berattitude yang baik.

Di usianya awal 15 tahun, Arkhan sudah menembus skuat timnas dan membawa Indonesia juara di Piala AFF U-16 pada tahun 2022 lalu.

Kini Arkhan Kaka kembali mencetak sejarah, ia menjadi pemain pertama Timnas Indonesia yang mencetak gol di Piala Dunia U-17.

Bukan main-main negara yang dijebol pemuda Kelahiran Blitar itu adalah Ecuador, yang merupakan runner up dari zona conmebol U-17.

Baca juga: Bima Sakti Pastikan Tim Diturunkan Melawan Kashima Jadi Tulang Punggung Timnas U-17

Meski sekarang bukan lagi pemain PSBK, namun bagi warga Blitar ikut bangga atas apa yang ditorehkan Arkhan Kaka, apalagi dia binaan asli Blitar ini.

Arkhan Kaka kini tercatat sebagai pemain di Persis Solo, yang sebelumnya sempat menjalani debut di liga profesional Indonesia bersama Bhayangkara FC.

Kini kedua pemain jebolan SSB Blitar itu menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-17 di ajang Piala Dunia U-17.

Sementara si pemberi assist Arkhan yakni Riska Afrisal juga jebolan SSB Kota Blitar yakni dari SSB Golden Soccer Academy (GSA) Kota Blitar.

Baca juga: Hiasan Kampung Sepakbola Surabaya Mulai Meriah, Menyambut Pembukaan Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo

Saat menimba ilmu di SSB GSA itu, pemuda kelahiran Jombang tersebut kemudian terpilih untuk menjadi bagian dari PSSI Kota Blitar dalam ajang Piala Soeratin U-13 hingga 15.

Saat bergabung dengan SSB GSA, Afrisal kemudian bergabung dengan PSSI Kota blitar untuk ajang Piala Soeratin U-13 hingga U-15 dan timnya menjadi juara tingkat Jatim.

Riski Afrizal kemudian mengikuti seleksi untuk Timnas U-16 tingkat Jatim, hingga akhirnya terpilih sampai tingkat nasional.

Bakat dan kerja keras Afrizal ternyata mampu menyita perhatian Bima Saksi, Afrizal pun kemudian terpilih untuk masuk dalam skuat Timnas U-16 untuk ajang AFF. **