Helo Indonesia

Bima Sakti Pastikan Tim Diturunkan Melawan Kashima Jadi Tulang Punggung Timnas U-17

Drajat Kurniawan - Olahraga
Minggu, 6 Agustus 2023 11:05
    Bagikan  
Seleksi Untuk Timnas Indonesia U-17
Foto : Ist

Seleksi Untuk Timnas Indonesia U-17 - (Doc.PSSI)

HELOINDONESIA.COM - Dalam laga uji coba, Timnas U-17 Indonesia gagal meraih kemenangan dalam duel melawan Kashima Antlers. Tim Garuda Muda harus menerima kekalahan 2-3 dari klub Jepang tersebut.

Meski demikian Pelatih Kepala Timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti memastikan pemain yang diturunkan dalam uji coba melawan Kashima antlers tersebut merupakan gambaran tim inti untuk Piala Dunia U-17. 

Nenurut dia, tim tersebut akan menjadi tim inti yang akan menjadi andalan dalam ajang Piala Dunia nanti. Garuda United U-17 adalah nama Timnas U-17 Indonesia selama uji coba.

"Tentu kami lebih fokus untuk memilih pemain inti yang akan menjadi tulang punggung dalam persiapan Piala Dunia. Dari laga uji coba kemarin, kami telah memiliki kerangka tim yang solid," ucapnya dikutip Minggu (6/8/2023).

Baca juga: Gubernur Jelaskan Budidaya Rumput Laut di Tambak Metode Tumpang Sari Bisa Hasilkan Ratusan Juta

Tim pertama yang diturunkan oleh Bima Sakt dalam laga uji coba melawan Kashima Antlers, yairu Ikram Algiffari, Amirul Amin, Muhammad Iqbal Gwijangge sebagai kapten tim, Sulthan Zaky, Rizdjar Nurviat, Figo Dennis, Muhammad Kafiatur, Ji Da Bin, M Riski Afrisal, Muhammad Nabil Asyura, dan Arkhan Kaka Putra.

Bima memberikan kesempatan bermain bagi pemain cadangan lainnya seperti Jehan Pahlevi, Habil Akbar, Achmad Zidan, Mokh Hanif, Aaron Liam, dan Muhammad Ridho dalam pertandingan yang berlangsung di GOR Ngurah Rai, Bali. 

Namun Timnas U17 hanya menderita kekalahan tipis dengan skor 2-3 setelah unggul 2-1 hingga menit ke-64.

Bima Sakti mengatakan bahwa ia perlu mencari tambahan pemain setelah pertandingan selesai. Namun dia menganggap para pemain cadangan juga telah memberikan kontribusi yang cukup.

Baca juga: Emas Muaythai Kota Semarang Lebihi Target di Porprov, Pelatih Sebut Berkat Performa Atlet Meningkat

Meskipun diakuinya Banyak pemain cadangan yang belum dimainkan pada pertandingan itu. Sebab, dia ingin memberi kesempatan bermain lebih banyak kepada pemain inti.

"Kami memang fokus pada pemain inti, karenanya kami memberi kesempatan kepada para pemain yang ada karena kami ingin mempertahankan pemain inti yang sudah pasti akan menjadi bagian dari tim untuk Piala Dunia," ujarnya. 

Dia juga menerima masukan dari Indra Sjafri dan konsultan Timnas U17, Frank Wormuth, serta telah menguirimkan programnya kepada Shin Tae- yong untuk mendapatkan masukan lebih lanjut.

Baca juga: USM Siap Berkolaborasi Majukan Kecamatan Gunungpati melalui KKN

"Selama seminggu ini, Frank Wormuth memberikan banyak catatan setelah melihat latihan dan dua pertamdingan. Kami akan mengevaluasi semuanya dan menyesuaikan sesi latihan berdasarkan hasil uji coba ini," tambahnya.

Rencananya, Timnas U17 akan melakukan evaluasi dalam sesi latihan yang dimulai pada hari Senin mendatang selama sepekan di Solo, sambil melakukan uji coba dengan tim lokal.