Helo Indonesia

Seribu Wajah Pak Hoegeng, Pelukis Syahnagra Ismail: Kalau Semua Polisi Seperti Dia Tidak Ada Kekacauan

Kamis, 11 Juli 2024 18:07
    Bagikan  
Hoegeng
Foto: Heloindonesia

Hoegeng - Seniman Syahnagra Ismail.

HELOINDONESIA.COM - Seniman Syahnagra Ismail memperkenalkan karya terbarunya bertajuk "Seribu Wajah Pak Hoegeng" dalam pameran seni rupa bertema "Pitutur Hoegeng Bertutur."

Acara ini digagas oleh Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, bersama para Serdik Sespimti Polri Dikreg-33 tahun 2024.

Syahnagra menjelaskan inspirasinya dalam menciptakan karya tersebut.

"Mengapa saya membuat seribu wajah Pak Hoegeng? Karena saya berharap polisi dapat memiliki jiwa seperti Pak Hoegeng - jujur, setia, dan konsisten,” terangnya.

Baca juga: Mbak Tika Datangi Gempolsewu, Sebut Potensi Nelayan Harus Dikembangkan

Menurutnya, ini bukan hanya contoh bagi polisi, tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Jika semua polisi seperti Pak Hoegeng, tidak akan ada kekacauan di negeri ini. Ini adalah gambaran jutaan harapan saya," ungkapnya di Gedung Balai Budaya Jakarta, Menteng.

Acara ini dihadiri oleh Chryshnanda Dwilaksana, perwakilan keluarga Jenderal Hoegeng seperti cucunya, Rama Hoegeng, dan cicitnya, Anantasena Ramaputra Hoegeng.

Sejumlah peserta didik Sespimti Dikreg ke-33 juga turut hadir.

Pameran ini tidak hanya menampilkan karya Syahnagra, tetapi juga artefak dan surat penting milik Pak Hoegeng, serta mock-up ruang kerja Pak Hoegeng yang disesuaikan dengan kondisi aslinya.

Baca juga: Bertajuk Sang Pengabdi, Sekelompok Mahasiswa Angkat Potensi Desa Wisata Kandri Melalui Video Profil

Selain itu, terdapat karya seni lukis milik Pak Hoegeng, Ibu Mary Hoegeng, serta karya-karya dari putra-putri dan cucu-cucu mereka.

Seniman dan budayawan lainnya juga turut memamerkan karya mereka.

Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Hoegeng Omam Santoso menjabat dari tahun 1968 hingga 1971.

Secara historis Kepala Kepolisan Negeri Republik Indonesia (Kapolri) ke-5 ini dikenal sebagai pejabat polisi yang paling berani dan jujur di negara ini.