Helo Indonesia

Mbak Tika Datangi Gempolsewu, Sebut Potensi Nelayan Harus Dikembangkan

Kamis, 11 Juli 2024 17:57
    Bagikan  
Mbak Tika Datangi Gempolsewu, Sebut Potensi Nelayan Harus Dikembangkan

NELAYAN: Mbak Tika (baju biru) saat melihat dari dekat kondisi kampung nelayan di Desa Gempolsewu, Kabupaten Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -Dyah Kartika Permanasari atau yang biasa disapa Mbak Tika mendatangi para nelayan di Tawang Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Kedatangan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah ini sebagai bentuk dukungannya kepada masyarakat nelayan yang saat ini tengah menyelenggarakan kegiatan sedekah laut.

Menurutnya, tradisi sedekah laut atau yang biasa disebut "Nyadran" oleh masyarakat setempat merupakan tradisi yang harus dilestarikan ditengah perubahan jaman dan era digital saat ini.

"Ini sebagai bentuk wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rezzeki yang sudah diberikan. Tujuan positif yang lain adalah sebagai bentuk guyub rukun antar nelayan. Tradisi seperti ini tentunya harus dilestarikan apalagi di era digitalisasi modern, sehingga budaya asing yang mudah diakses," ujar Mbak Tika.

Ia juga menyebut, kedatangannya sebagai bentuk kepeduliannya sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai kewajiban untuk berkontribusi menyejahterakan masyarakat.

Potensi

Selain itu, sebagai bakal calon bupati Kendal yang rencananya akan maju di Pilbup Kendal, dirinya merasa tergerak untuk melihat potensi yang ada di wilayah pesisir untuk nantinya dapat dikembangkan sehingga para nelayan di Kabupaten Kendal bisa kedepan lebih sejahtera.

"Ini juga menjadi visi misi saya. Jadi seluruh peluang Kabupaten Kendal yang belum maksimal ini kedepannya di pemerintahan selanjutnya akan dimaksimalkan," bebernya.

Sebagai contoh, lanjut Mbak Tika, pengelolaan hasil tangkapan nelayan yang hanya dijual segar atau dikeringkan saja. Diharapkan kedepan dapat ditingkatkan melalui sosialisasi dan pembinaan.

"Tetapi kalau ada diversifikasi, kemudian dibuat olahan dan ditingkatkan pemasarannya kan otomatis nilai jualnya semakin meningkat. Tadi saya ngobrol sama nelayan mereka pingin juga tetapi karena keahliannya tidak ada dan kurang pendampingan," tandasnya.

Proses

Saat ditanya terkait siapa yang akan mendampingi dirinya maju di Pilkada Kendal, Ia menyatakan masih menunggu proses dan dinamika selanjutnya

Belum ini masih proses, peta politik kan memungkinkan koalisi, kemarin yang partai A misalnya sama sekali tidak mendukung nanti pada akhirnya dengan dinamika yang berjalan, ada peluang koalisi itu kan bisa saja," imbuh Mbak Tika.

Sementara perwakilan dari Nelayan Desa Gempolsewu, Ahmad Riyanto berharap nantinya Mbak Tika dapat maju mewakili para nelayan untuk memimpin Kabupaten Kendal. "InsyaAllah kalau Mbak Tika itu sosok yang baik dan bagus. Cocok memimpin Kendal," katanya.

Ia berharap, calon pemimpin Kabupaten Kendal nantinya dapat memberikan solusi permasalahan para nelayan serta dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Selama ini kami kesulitan karena peraturan-peraturan yang dibuat pemerintah. Solar susah kalau tidak beli sendiri. Saya ingin Mbak Tika bisa memimoin Kendal dan menyejahterakan para nelayan," harap Ahmad Riyanto.(Anik)