Helo Indonesia

Peneliti di Universitas Illinois Optimis Bisa Menciptakan Antibiotik Baru dari Lalat Buah

Syahroni - Teknologi -> Sains
Minggu, 18 Juni 2023 21:06
Lalat buah.
ist

Lalat buah. - Peneliti menemukan senyawa yang memungkinkan untuk memanfaatkan lalat buah sebagai antibiotik baru di masa depan.

HELOINDONESIA.COM - Temuan baru dari University of Illinois Chicago menunjukkan bahwa peptida lalat buah dapat membantu mengembangkan antibiotik baru. Temuan baru, yang dipublikasikan di Nature Chemical Biology ini menunjukkan bahwa serangga terlindung dari infeksi bakteri oleh peptida alami yang dikenal sebagai drosocin, yang berikatan dengan ribosom pada bakteri.

Drososin berikatan dengan ribosom - di mana sintesis protein terjadi dalam sel - dan menghentikannya memenuhi tujuan utamanya dengan benar: menghasilkan protein baru yang dibutuhkan sel untuk berfungsi.

Proses di mana DNA diterjemahkan menjadi molekul protein dapat dihentikan dengan mengganggu berbagai tahap translasi. Menurut penelitian dari UIC, drosocin memblokir terminasi translasi saat ribosom mencapai sinyal berhenti di ujung gen.

Baca juga: Jaga Kesehatan Janin, Berikut Ini Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

"Drosocin hanyalah antibiotik peptida kedua yang diketahui menghentikan penghentian translasi," kata penulis studi, Alexander Mankin dilansir dari Health News.

Apidaecin, zat yang ditemukan pada lebah madu, adalah yang lainnya; itu awalnya diidentifikasi oleh para peneliti UIC pada tahun 2017. Mankin dan Nora Vázquez-Laslop, seorang profesor riset UIC di College of Pharmacy, memimpin laboratorium UIC, yang berhasil memproduksi peptida lalat buah dan ratusan variannya dalam sel bakteri.

"Proyek ini merupakan hasil kolaborasi yang sangat baik dari tim kami," kata Vázquez-Laslop dalam studi tahun 2017.

Baca juga: Kebiasaan Lari Sejak Masih Muda, Dapat Mencegah Pikun Ketika Anda Menginjak Usia Senja

Mereka menjelaskan bahwa mereka sekarang dapat menggunakan pengetahuan mereka dari penelitian untuk membuat obat baru yang akan membunuh bakteri dengan cara yang sama.

Markin melanjutkan bahwa drosocin dan mutan aktif yang dihasilkannya di dalam bunuh diri sel bakteri yang diinduksi bakteri. Peptida drosocin dan apidaecin berfungsi serupa. Namun, para peneliti menemukan bahwa struktur kimia dan cara pengikatan ribosom mereka berbeda.

"Dengan memahami cara kerja peptida ini, kami berharap dapat memanfaatkan mekanisme yang sama untuk antibiotik baru yang potensial. Membandingkan komponen dua peptida secara berdampingan memfasilitasi rekayasa antibiotik baru yang mengambil yang terbaik dari masing-masing." Markin menyimpulkan.