12 Manfaat Kesehatan Semangka, Sebagai Pelepas Dahaga Hingga Tingkatkan Gairah Bercinta

Jumat, 4 Agustus 2023 19:14
Manfaat mengonsumsi buah semangka untuk kesehatan. pixabay

HELOINDONESIA.COM - Di musim panas, penjualan semangka mengalami peningkatan signifikan. Bukan tanpa alasan, semangka merupakan buah yang banyak mengandung air sehingga sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

Semangka sendiri sudah dikenal sejak 4000 tahun silam. Semangka berasal dari daerah kering tropis dan subtropis Afrika, kemudian berkembang dengan pesat ke berbagai negara seperti Afrika Selatan, China, Jepang, dan Indonesia.

Saat ini terdapat puluhan varietas semangka yang dibudidayakan, tetapi hanya beberapa jenis yang diminati para petani/konsumen.

Di Indonesia varietas yang cocok dibudidayakan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu: Semangka Lokal (Semangka hitam dari Pasuruan, Semangka Batu Sengkaling dan Semangka Bojonegoro) dan Semangka Hibrida Impor (dari hasil silangan Hibridasi) yang mempunyai keunggulan tersendiri.

Baca juga: Petani di Cina Berhasil Ciptakan Buah Hibrida Unik: Setengah Melon Setengah Semangka

Di luar varietasnya, semangka banyak dikonsumsi karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan kandungan nutrisi tersebut, semangka tak hanya menghidarsi, tapi juga membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan manusia.

Dilandir dari berbagai sumber, berikut manfaat kesehatan semangka untuk tubuh Anda.

1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang baik untuk menghidrasi tubuh. Kedua senyawa ini sangat penting untuk mencegah Anda terkena dehidrasi dan efektif dalam menurunkan suhu tubuh, serta tekanan darah.

Air dari buah semangka juga berkhasiat dalam melembabkan tubuh selama musim kemarau. Itu sebabnya, tidak heran bila masyarakat di daerah tropis sering mengonsumsi buah semangka.

Hal ini dikarenakan jumlah air yang banyak pada semangka membantu merangsang pelepasan kelebihan cairan dalam bentuk keringat. Kemudian, suhu tubuh Anda akan menurun setelah memakan semangka di tengah panasnya cuaca.

2. Penuh dengan nutrisi penting

Dengan hanya 46 kalori per cangkir, semangka sangat cocok untuk nutrisi. Semangka mengandung sekitar 15% dari kebutuhan vitamin C harian Anda, bersama dengan banyak vitamin dan mineral lainnya termasuk potasium dan vitamin A dan B6.

Baca juga: Semangka Densuke Harganya Nyaris Tembus Rp 100 Juta Per Buah, Apa Istimewanya?

Vitamin C memperkuat sistem kekebalan Anda dan membantu tubuh menyerap zat besi. Sedangkan vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit dan mata.

Semangka juga kaya potasium, yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan mendukung fungsi saraf, dan vitamin B6, yang membantu tubuh memecah protein yang Anda makan dan juga meningkatkan sistem kekebalan dan fungsi saraf.

3. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat yang ditawarkan buah semangka yaitu menjaga kesehatan jantung. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Hypertension.

Kalium dalam semangka merupakan nutrisi vasodilator yang dapat merilekskan pembuluh darah dan arteri. Sementara itu, karotenoid yang terkandung dalam buah, termasuk semangka, juga dapat mencegah pengerasan dinding arteri dan vena.

Kondisi ini ternyata juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko masalah seperti pembekuan darah, serangan jantung, dan aterosklerosis.

4. Mengandung likopen dosis besar

Likopen adalah senyawa alami yang ditemukan dalam semangka dan buah-buahan dan sayuran lainnya yang memiliki sifat antioksidan. Zat itu juga yang memberi warna merah pada semangka.

Tetapi di luar warnanya, likopen juga baik untuk Anda. Likopen telah terbukti mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan gangguan mata yang berkaitan dengan usia.

Likopen bekerja untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan dan penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin memiliki efek penurunan tekanan darah bila dikonsumsi secara teratur melalui cara diet.

Baca juga: Buah Semangka jadi Ikon Desa Bango Kabupaten Demak, Separoh Wilayah Desa Lahan Pertanian

5. Menyehatkan pencernaan

Semangka mengandung kadar air yang tinggi dan sedikit serat. Keduanya adalah kunci untuk menjaga pencernaan tetap lancar.

Serat menambah kotoran ke tinja Anda dan membuat Anda tetap Buang Air Besar secara teratur, sementara air membantu memindahkan limbah melalui sistem pencernaan Anda.

6. Membantu mengontrol berat badan

Memilih semangka daripada camilan manis lainnya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Penelitian terbatas yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada 2019 menemukan bahwa subjek yang dianggap kelebihan berat badan atau obesitas secara klinis dan makan semangka setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan.

7. Mengurangi risiko kanker

Likopen yang ditemukan dalam semangka dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif, ketidakseimbangan antara radikal bebas (molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh secara alami, yang dapat menyebabkan penyakit) dan kemampuan tubuh untuk melawan efeknya.

Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, termasuk kanker, dan penelitian menunjukkan bahwa likopen berpotensi mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan sel kanker, yang mengurangi risiko penyakit tersebut.

Baca juga: 11 Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan, Meningkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Cegah Kanker

Penelitian telah menyoroti bahwa meningkatkan asupan likopen dapat mengurangi risiko kanker saluran pencernaan dan kanker prostat.

8. Mengurangi peradangan

Kombinasi spesifik antioksidan, likopen dan vitamin C, yang ditemukan dalam semangka dapat menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif dari waktu ke waktu.

Peradangan dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri, atau kulit memerah bagi yang mengalaminya. Dan peradangan kronis dapat menyebabkan kondisi serius, termasuk kanker, asma, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

9. Mencegah pembentukan batu ginjal

Kandungan kalium pada buah semangka yang tinggi ternyata dapat membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. Bahkan, kalium juga diketahui dapat mengurangi asam urat dalam darah. Dengan begitu, risiko pembentukan batu ginjal pun ikut berkurang.

10. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Sudah bukan rahasia umum lagi bila vitamin A dan C yang bisa Anda jumpai pada buah semangka sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut.

Baca juga: Bisa Tingkatkan Kesuburan, Berikut 10 Manfaat Kesehatan Buah Ciremai yang Perlu Anda Ketahui

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen.
Sedangkan, vitamin A dapat membantu memperbaiki sel kulit dan membuatnya tetap muda, serta kenyal.

11. Membantu mengendalikan gula darah

Kandungan kalium dan magnesium di dalam semangka membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini turut berkontribusi terhadap menurunnya kadar gula darah.

Meski begitu, penyandang diabetes hanya boleh mendapatkan manfaat dari buah semangka ini dalam jumlah yang sedikit. Hal ini dikarenakan rasa manis dari buah semangka justru bisa menjadi bumerang terhadap melonjaknya gula darah.

12. Meningkatkan nafsu bercinta

Kulit buah semangka ternyata memiliki khasiat sebagai obat kuat alami. Para ahli berpendapat bahwa kulit buah ini dapat membantu pria mengatasi masalah ereksi ringan hingga sedang.

Dengan begitu, performa Anda di ranjang pun bertahan lebih lama. Hal ini disebabkan kandungan citrulline dalam kulit semangka yang mengandung asam amino yang khas.

Kandungan citrulline ini yang dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido. Itu sebabnya, cara kerja kulit semangka mirip dengan obat kuat atau viagra.

Berita Terkini