Helo Indonesia

Tak Hanya Bikin Empuk Daging, Daun Pepaya Juga Berkhasiat untuk Mengobati Berbagai Penyakit Loh

Syahroni - Ragam
Selasa, 15 Agustus 2023 21:57
    Bagikan  
Ilustrasi
Tangkapan layar Youtube

Ilustrasi - Khasiat daun pepaya.

HELOINDONESIA.COM - Daun pepaya telah dikenal di berbagai daerah sebagai tanaman yang memiliki berbagai manfaat. Daun pepaya memiliki rasa yang agak pahit.

Daun ini biasanya diolah menjadi aneka masakan seperti tumis daun pepaya, urap, dan lain sebagainya. Olah daun pepaya dengan baik dan dapat dicampur dengan bahan lain agar tidak terlalu pahit.

Selain itu, daun pepaya kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Daun pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat melawan peradangan, penyakit, dan mencegah penuaan dini.

Daun pepaya juga mengandung senyawa alkaloid kuat yang dapat bekerja melawan ketombe dan kebotakan.

Baca juga: Dibuang Sayang, Berikut 15 Manfaat Kesehatan Biji Pepaya yang Mungkin Belum Anda Ketahui Sepenuhnya

Daun ini juga kaya akan vitamin A, C, E, K, dan B serta sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat memecah rantai protein keras seperti pada daging merah.

Enzim yang terkandung dalam daun pepaya ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah perut kembung. Daun pepaya pun diketahui memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Daun pepaya secara alami mampu melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit dalam tubuh.

Daun pepaya mempunyai kandungan vitamin A, C, dan E yang menunjang sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki imunitas yang kuat, maka akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

2. Mengobati demam berdarah

Penderita demam berdarah akan mengalami penurunan tingkat trombosit.

Kandungan enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya memiliki kemampuan dalam meningkatkan produksi trombosit sehingga daun pepaya banyak digunakan untuk perawatan pasien dengan penyakit demam berdarah.

Baca juga: Benarkah Parutan Nanas dan Pepaya Dapat Membuat Daging yang Alot Menjadi Lebih Empuk?

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Enzim papain dalam daunnya memiliki peran penting dalam pencernaan protein dan mengobati gangguan pencernaan. Daun pepaya juga dapat memperlancara buang air besar sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit.

Selain itu, rebusan daun tersebut dapat meredakan mulas dan meningkatkan nafsu makan.

4. Menurunkan risiko diabetes

Daun pepaya bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh. Selain itu, daun pepaya juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi daun pepaya dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol karena adanya serat makanan di dalamnya.

5. Mencegah kanker

Daun pepaya mengandung likopen yang bersifat antikanker. Kandungan likopen tersebut bermanfaat untuk mencegah terbentuknya sel kanker.

Berdasarkan beberapa penelitian, ekstrak daun pepaya efektif dalam kanker usus besar dan prostat.

Ekstrak daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang menekan pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: Rutin Konsumsi Terong Mulai dari Sekarang dan Rasakan Berbagai Manfaat Kesehatan Berikut Ini

6. Mencegah malaria

Daun pepaya juga sangat baik untuk mencegah infeksi malaria. Daun pepaya mengandung senyawa bernama acetogenin yang dapat mencegah penyakit seperti malaria.

7. Menjaga kesehatan jantung

Di dalam daun pepaya terdapat berbagai antioksidan dan vitamin yang mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Vitamin C dan potasium yang ada dalam daun pepaya juga meningkatkan sirkulasi darah menjafi lancar dan menjaga arteri tetap bersih.

8. Menurunkan berat badan

Daun pepaya sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan program menurunkan berat badan.

Jus daun pepaya rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membuat perut menjadi kenyang untuk waktu yang lama.

Serat makanan yang secara alami ditemukan di dalam daun pepaya dapat mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme yang mengarah pada penurunan berat badan.