Helo Indonesia

Rutin Konsumsi Terong Mulai dari Sekarang dan Rasakan Berbagai Manfaat Kesehatan Berikut Ini

Syahroni - Ragam
Senin, 14 Agustus 2023 23:10
    Bagikan  
Terong
Tangkapan layar Youtube

Terong - Manfaat terong untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Terong adalah salah satu jenis sayuran yang biasa masyarakat Indonesia konsumsi. Sayuran ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah.

Terong merupakan sayuran dengan kulit ungu dan memiliki daging putih serta bijinya yang kecil-kecil. Terong biasanya diolah dalam berbagai hidangan, seperti tumis terong, terong rebus, gulai terong, dan lain sebagainya.

Selain rasanya yang enak dan gurih, terong juga kaya akan berbagai kandungan nutrisi. Adapun kandungan terong yakni fosfor, zat besi, karbohidrat, serat, kalsium, potasium, niacin, vitamin A, vitamin C dan nutrisi lainnya.

Dengan kandungan itu, tentu terong memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Berikut adalah manfaat terong untuk kesehatan.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Anemia, Berikut 7 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Anda

1. Mencegah penyakit kronis

Antioksidan yang terkandung dalam terong berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan tersebut juga berfungsi untuk mencegah penyakit kronis.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antosianin dalam terong bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan seperti kalium, vitamin C, B6 dan fitonutrien berperan dalam melancarkan darah serta menjaga kesehatan jantung.

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat terong lainnya adalah menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan nasunin yang tinggi, serta telah terbukti dapat menjaga kadar kolesterol di ambang normal.

4. Mengontrol gula darah

Terong termasuk sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena terong mengandung serat yang bisa menurunkan gula dalam tubuh.

5. Kesehatan tulang

Terong kaya akan kandungan potasium, kalsium, serta vitamin K, berbagai zat yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang.

Konsumsi terong secara rutin bisa jadi menurunkan risiko osteoporosis.

Baca juga: Kaya Nutrisi dan Vitamin, Berikut Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh Anda

6. Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi pada terong dapat membantu menyehatkan pencernaan dan penurunan berat badan. Selain itu, terong juga rendah kalori yang mampu membantu dalam mengendalikan nafsu makan.

Bukan hanya itu, sayuran ini juga dapat membantu seseorang lebih mudah untuk kenyang, sehingga tidak makan secara berlebihan.

7. Menjaga kesehatan mata

Lutein serta zeaxanthin pada terong berperan menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi makula yang menyebabkan hilangnya penglihatan pada orang tua.

8. Menjaga kesehatan pencernaan

Mengonsumsi terong ungu dapat membantu tubuh dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung.

Selain itu, sayuran ini juga dapat menjaga pencernaan tetap sehat. Bahkan, terong juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bersamaan.

Baca juga: Ampuh Cegah Kanker dan Penuaan Dini, Berikut Manfaat Mengonsumsi Duku untuk Kesehatan Tubuh Kita

Selain itu, manfaat terong ungu lainnya dapat berperan sebagai serat karena kaya kandungan prebiotik. Hal ini dapat membantu dalam menjaga dan bahkan meningkatkan populasi dari bakteri baik di usus.

Serat tersebut juga sangat baik dalam melancarkan buang air besar secara teratur, mencegah sembelit, serta merangsang sekresi cairan lambung.

Semua manfaat tersebut dapat meningkatkan pemrosesan makanan dan penyerapan nutrisi saat masuk ke tubuh.

9. Mencegah anemia

Terong mengandung zat besi sehingga efektif untuk mengatasi anemia. Terong juga mengandung temba, komponen lainnya dari sel darah merah.