Helo Indonesia

Tak Sekedar Menambah Rasa dan Aroma Masakan, Berikut 8 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan

Syahroni - Ragam
Selasa, 8 Agustus 2023 20:54
    Bagikan  
Daun salam
pixabay

Daun salam - Manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh.

HELOINDONESIA.COM - Daun salam adalah salah satu bumbu masak yang banyak digunakan di berbagai menu masakan di tanah air. Daun salam telah digunakan sebagai bumbu masakan sejak zaman kuno.

Daun ini memberikan rasa dan aroma yang khas pada masakan, khususnya dalam hidangan seperti sup, saus, kari, dan masakan daging. Beberapa daun salam dapat ditambahkan selama proses memasak dan kemudian dibuang sebelum hidangan disajikan.

Namun yang belum banyak diketahui, selain memberikan aroma dan rasa khas pada masakan, daun salam juga mengandung banyak dutrisi yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, saun salam diketahui mengandung vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid serta senyawa-senyawa lain. Kandungan inilah yang membuat daun salam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Stevia, Alternatif Pengganti Gula yang Sangat Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Berikut manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Daun salam mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

2. Menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida

Daun salam berjasa dalam menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2.

Antioksidan dalam daun salam mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan lebih efisien, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes dan penderita resistensi insulin.

3. Mencegah hipertensi

Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan Anda dari hipertensi. daun salam yang mengandung flavonoid yang cukup tinggi dipercaya mampu menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Bisa Cegah Glaukoma, Berikut 10 Manfaat Daun Mimba yang Sangat Baik untuk Kesehatan Mata Anda

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air rebusan daun salam juga dipercaya mengandungan berbagai vitamin B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Adanya vitamin C di dalam air rebusan tersebut ampuh dalam melawan radikal bebas.
Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit.

5. Antioksidan

Daun salam mengandung senyawa antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan berpotensi melawan penuaan dini serta perkembangan penyakit kronis.

6. Menurunkan kadar asam urat

Sudah bukan rahasia bila daun salam merupakan obat herbal asam urat. Daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat.

Baca juga: Menetralkan Racun Hingga Cegah Kanker, Berikut Manfaat Daun Pandan Sebagai Obat-obatan Herbal

7. Menyehatkan pencernaan

Daun salam memiliki sifat antikolinergik, yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti gangguan perut, kembung, dan diare. Daun salam juga mengandung serat, yang dapat membantu mempromosikan pencernaan yang sehat.

8. Penghilang rasa sakit

Minyak atsiri daun salam bernama Eugenol dan Methyl chavicol efektif membunuh bakteri dan jamur. Juga sangat baik untuk mengobati peradangan dan nyeri umum seperti keseleo, artritis dan rematik.