Helo Indonesia

Bisa Cegah Glaukoma, Berikut 10 Manfaat Daun Mimba yang Sangat Baik untuk Kesehatan Mata Anda

Syahroni - Ragam
Minggu, 6 Agustus 2023 19:37
    Bagikan  
Daun mimba
pixabay

Daun mimba - 10 manfaat daun mimba untuk menjaga kesehatan mata.

HELOINDONESIA.COM - Mimba atau daun mimba adalah tanaman perdu yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Di India tanaman ini disebut “the village pharmacy”, dimana mimba digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit, antiinflamasi, demam, antibakteri, antidiabees, penyakit kardiovaskular, dan insektisida.

Selain itu, daun mimba juga memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat daun mimba untuk mata sebagai salah satu solusi herbal yang kini mulai banyak dikenal.

Sebagian orang dengan beberapa masalah penglihatan mencari terobosan baru, dan salah satu solusi terbaik dengan minum obat herbal. Tidak hanya baik untuk penglihatan, ternyata menggunakan obat herbal akan memberikan efek yang lebih sedikit daripada obat kimia. Berikut khasiat daun mimba untuk kesehatan mata.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan, Mulai dari Mencegah Kanker Hingga Atasi Ketombe

1. Hindari Lingkaran Mata Gelap

Salah satu manfaat umum dari daun mimba termasuk untuk mengobati lingkar mata yang menghitam. Ini kebanyakan terjadi ketika seseorang merasa lelah.

Oleh karena itu, mengoleskan daun ke area mata akan membantu mengurangi gejala ini dan menghasilkan kondisi mata yang segar.

2. Mengurangi Mata Bengkak

Kemampuan lain dari daun tersebut diantaranya untuk membantu mengurangi mata bengkak. Terutama karena penyakit atau beberapa gejala.

Oleh karena itu, penggunaan daun mimba pada lingkaran mata akan membuat mata bengkak menjadi lebih baik bahkan dapat membantu meredakannya lebih cepat.

3. Meningkatkan Penglihatan

Beberapa orang percaya bahwa mengkonsumsi daun mimba secara rutin setiap hari dapat membantu memperbaiki penglihatan. Yang terbaik dengan mengkombinasikan dengan konsumsi vitamin A yang akan menunjang kesehatan mata.

Baca juga: Cegah Kanker Hingga Menyehatkan Mata, Berikut 10 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Anda

4. Hindari Infeksi Mata

Manfaat daun mimba untuk mata antara lain untuk menghindari kemungkinan infeksi mata. Ini akan membantu mengobati infeksi bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit mata. 

5. Obat Iritasi

Ekstrak daunnya juga baik untuk mengatasi iritasi mata. Oleh karena itu, salah satu manfaatnya antara lain untuk mengatasi kondisi iritasi tersebut.

6. Anti Oksidan

Daun mimba kaya akan kandungan anti oksidan. Oleh karena itu, membantu mengurangi garis halus di sekitar lingkaran mata. Ini akan membantu menghadirkan tampilan yang lebih muda dengan menghilangkan kerutan mata dengan sangat cepat.

7. Mata Segar

Mengkonsumsi dan menggunakan ekstrak daun mimba akan menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang ingin menyegarkan mata. Oleh karena itu, ini bisa menjadi solusi yang bagus untuk mengatasi mata lelah dan mata sembab juga. 

Baca juga: 12 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan Rambut, Jantung, Hingga Mata Anda

8. Hindari Glaukoma

Daun mimba juga terkenal dengan kemampuannya mengatur kadar gula darah. Menariknya, manfaat ini bisa membuat mata lebih sehat terhindar dari glaukoma. Karena penyakit ini biasanya terjadi karena kenaikan kadar gula darah.

9. Meredakan Radang Mata

Menggunakan ekstrak daun mimba akan membantu meredakan peradangan mata. Zat anti inflamasi dari kandungan di dalam daun akan bekerja mempercepat penyembuhan.

10. Hindari Mata Kering

Beberapa orang juga menyebutkan bahwa daunnya akan membantu meredakan kondisi mata kering. Oleh karena itu, mengoleskan daun selama beberapa menit pada malam hari sebelum tidur adalah mekanisme terbaik untuk menghindari mata kering. Selain itu, akan membantu menyegarkan kondisi mata.